Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
SE2423 Rekayasa Perangkat Lunak
Kebutuhan Perangkat Lunak (Software Requirements)
2
Kebutuhan Perangkat Lunak
Kemampuan, kriteria, kondisi atau syarat yang harus ada/dimiliki oleh perangkat lunak untuk memenuhi apa yang disyaratkan atau diinginkan pemakai. Jenis-jenis kebutuhan perangkat lunak: Kebutuhan fungsional Kebutuhan antarmuka eksternal Kebutuhan kinerja
3
Kebutuhan Fungsional Kebutuhan yang berkaitan dengan fungsi atau proses transformasi data yang harus mampu dikerjakan oleh perangkat lunak. Menyimpan semua rincian data pesanan pelanggan Mencetak laporan penjualan sesuai periode yang diinputkan Menyajikan informasi jalur pengiriman terpendek
4
Kebutuhan Antarmuka Eskternal
Kebutuhan antarmuka yang menghubungkan perangkat lunak dengan elemen perangkat keras, perangkat lunak, atau basis data. Antarmuka pemakai Driver basis data (misal: ODBC) Perangkat masukan standar (keyboard, mouse)
5
Kebutuhan Kinerja Kebutuhan unjuk kerja yang harus dimiliki oleh perangkat lunak, seperti kecepatan, ketepatan, atau frekuensi. Waktu tanggap penyajian informasi maksimal selama satu menit Mampu mengolah data sampai 1 juta record untuk setiap transaksi Dapat digunakan secara multi user sesuai otoritas yang diberikan kepada masing-masing pemakai
6
Where Do Software Requirements Come From?
Menggunakan intranet kampus Point to multi-point broadband connections WiMax WAP application support Hotspot coverage area 1Km max HP dan PDA mendukung Java Application Informasi nilai kuliah dapat diakses melalui PC, notebook, HP dan PDA System Requirements Hardware and environmental constraints User Requirements Software Requirements Menyediakan registrasi pengguna (user) Mengelola data induk mahasiswa, kuliah dan nilai (insert, edit, delete) Menyajikan (query) informasi nilai
7
Who Is Responsible For Software Requirements ?
8
Analisis Kebutuhan Proses mempelajari kebutuhan pemakai untuk mendapatkan definisi kebutuhan sistem atau perangkat lunak [IEE93]. Proses untuk menetapkan fungsi dan unjuk kerja perangkat lunak, menyatakan antarmuka perangkat lunak dengan elemen-elemen sistem lain, dan menentukan kendala yang harus dihadapi oleh perangkat lunak [PRE01].
9
Requirement Engineering
Inception—ask a set of questions that establish … basic understanding of the problem the people who want a solution the nature of the solution that is desired, and the effectiveness of preliminary communication and collaboration between the customer and the developer Elicitation—elicit requirements from all stakeholders Elaboration—create an analysis model that identifies data, function and behavioral requirements Negotiation—agree on a deliverable system that is realistic for developers and customers
10
Requirement Engineering
Specification—can be any one (or more) of the following: A written document A set of models A collection of user scenarios (use-cases) A prototype Validation—a review mechanism that looks for errors in content or interpretation areas where clarification may be required missing information inconsistencies (a major problem when large products or systems are engineered) conflicting or unrealistic (unachievable) requirements. Requirements management
11
Pelaksanaan Analisis Kebutuhan
Untuk setiap peruntukan perangkat lunak, tentukan manfaat atau fungsi utamanya. Dari masing-masing manfaat atau fungsi utama tersebut, tentukan bagaimana proses penggunaan atau interaksinya dengan pemakai. Klasifikasi proses interaksi mana yang merupakan proses pengolahan data. Tentukan antarmuka eksternal dan kinerjanya. Buat daftar kebutuhan kemudian modelkan.
12
Ah, ditunda saja pembahasannya !!!
Contohnya? Ah, ditunda saja pembahasannya !!!
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.