Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T
Program Studi Teknologi Game Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

2 Apa itu UV Mapping? UV Mapping adalah suatu proses pemetaan permukaan objek 3D yang direpresentasikan menjadi gambar 2D. Dalam bahasa sederhananya yaitu permukaan obyek 3D dikelupas sehingga menjadi permukaan 2D. Proses ini diperlukan untuk mempermudah proses texturing objek 3D dengan pewarnaan/lukisan yang kompleks U dan V menunjukkan sumbu tekstur 2D, karena sumbu “X”, “Y” dan “Z” telah digunakan sebagai sumbu koordinat untuk objek 3D

3 Model dalam blender yang ditekstur dengan proses UV-map

4 Membuat UV Mapping Proses pertama yang harus dilakukan dalam pemetaan UV (UV Mapping) adalah menentukan potongannya. Pilihlah “edge” yang akan dijadikan kelim/pelipit/ujung jahitan. Dari kelim ini kemudian didapatkan pola pemetaan permukaan 3D yang terbuka. Proses ini kemudian dibawa ke jendela UV editor untuk dimodifikasi dengan warna/ditempel dengan gambar yang telah dirancang sebelumnya. Proses unwrapping permukaan 3D dengan UV mapping

5 Skema gambar yang tampak dalam UV Editor

6 Untuk memperjelas proses ini, lakukan beberapa langkah berikut:
Buatlah object sederhana misalnya kubus Split screen menjadi dua, ganti salah satu view-nya pada UV/ImageEditor Masuk mode edit pada kubus dan pilih mode Edge

7 Proses UV Mapping (lanjutan)
4. Pilih edge mode untuk melakukan unwrap. Pilih edge klik kanan +shift, lakukan semua edge 5. Ctrl+E  Mark Seam. 6. Maka akan terbentuk bidang UV Maps seperti gambar disamping berikut

8 Proses unwrap

9 Proses UV Mapping (lanjutan)
7. Setelah terbentuk UV Map, gantilah ke mode Face Edit. Lihat perubahan kubus ketika UV Map diklik disalah satu sisi 8. Susunlah Face pada UV Map sesuai dengan susunan kubus.

10 Proses UV Mapping (lanjutan)
9. Scala-kan (S) sesuai dengan canvas UV Map

11 Proses UV Mapping (lanjutan)
10. Setelah di select semua, Export lah hasil UVMap tersebut

12 Proses UV Mapping (lanjutan)
Editlah teksture dengan image editor seperti GiMP, photoshop, dlsb.

13 11. Hasil UV map tadi bisa di munculkan kembali sebagai texture
12. Texture tab

14 13. Arahkan ke Texture Panel dan pilih Tex, Bila tidak ada maka klik tombol New untuk membuat Texture baru

15 14. Dari Type Selector, pilih Image or Movie
14. Dari Type Selector, pilih Image or Movie. Pilihan ini akan merubah sejumlah panel

16 15. Klik Open dan pilih gambar hasil UV yang Anda buat tadi di folder dimana Anda simpan

17 16. Maka texture yang terbentuk adalah seperti gambar berikut
16. Maka texture yang terbentuk adalah seperti gambar berikut. Texture tersebut belum diatur sesuai UV Mapping Pastikan Image terpilih pada gambar tekstur yang kita akan pasangkan

18 17. Aturlah UV mapping agar sesuai sebagai txture yang diinginkan

19 18. Berikut hasilnya setelah dirender

20 Latihan Buatlah objek dengan texture UV Mapping seperti berikut:

21 Percobaan lanjut di Kuliah Praktikum
Lakukan texturing pada objek manusia yang telah dibuat sebelumnya dengan proses UV mapping


Download ppt "Pertemuan 6 : UV Mapping Oleh: Moh. Zikky, M.T"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google