Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
MASALAH DAN RUANG KEADAAN
Pert 3 MASALAH DAN RUANG KEADAAN
2
Materi Pembelajaran Definisi Masalah dan Ruang Keadaan
Representasi Ruang Keadaan
3
Artificial Intelligence
Knowledge Base Inference Engine Input: MASALAH Output: SOLUSI ARTIFICIAL INTELLIGENCE
4
Permainan Catur Keadaan awal :
5
Aturan-aturan untuk melakukan gerakan secara legal
6
IF. Bidak putih pada Kotak(e,2),. And Kotak(E,3) Kosong,
IF Bidak putih pada Kotak(e,2), And Kotak(E,3) Kosong, And Kotak(E,4) Kosong Then Gerakkan bidak dari (E,2) ke (E,4)
7
Tujuan yang ingin dicapai adalah posisi pada papan catur yang menunjukkan kemenangan seseorang terhadap lawannya. Kemenangan ini ditandai dengan posisi Raja yang sudah tidak dapat bergerak lagi.
8
Ruang Keadaan Mendefinisikan suatu ruang keadaan
Suatu ruang yang berisi semua keadaan yang mungkin terjadi. Mendefinisikan suatu ruang keadaan Menetapkan satu atau lebih keadaan awal Menetapkan satu atau lebih tujuan Menetapkan kumpulan aturan Ada beberapa cara untuk merepresentasikan Ruang Keadaan (Graph keadaan, Pohon pelacakan)
9
Penyelesaian masalah secara umum
Mendefinisikan suatu ruang keadaan; Menetapkan satu atau lebih keadaan awal; Menetapkan satu atau lebih tujuan; Menetapkan kumpulan aturan.
10
Representasi Ruang Keadaan
Graph Keadaan Pohon Pelacakan Pohon AND/OR Kasus
11
Graph Keadaan A M T 4 3 5 2 6 8 7 H I D E J F C B G 1
12
Lintasan dari M ke T : M-A-B-C-E-T M-A-B-C-E-H-T M-D-C-E-T M-D-C-E-H-T Lintasan yang menemui jalan buntu (tidak sampai ke T) : M-A-B-C-E-F-G M-A-B-C-E-I-J M-D-C-E-F-G M-D-C-E-I-J M-D-I-J
13
Pohon Pelacakan Level-0 Level-1 Level-2 Level-3 Level-4 Level-5
M A D B C E F T H I J G Level-0 Level-1 Level-2 Level-3 Level-4 Level-5 Level-6 Buntu Tujuan Buntu Buntu Tujuan Tujuan Buntu Buntu Tujuan
14
arc yang terletak antara busur berarti AND
Pohon AND/OR M arc yang terletak antara busur berarti AND (a) (b) A B C
15
M A D B C E T H Level-0 Level-1 Level-2
16
Contoh Kasus : Masalah Teko Air
Ada 2 buah teko masing-masing berkapasitas 4 galon (teko A) dan 3 galon (teko B). Tidak ada tanda yang menunjukkan batas ukuran pada kedua teko tersebut. Ada sebuah pompa air yang akan digunakan untuk mengisikan air pada kedua teko tersebut. Permasalahannya : Bagaimanakah kita dapat mengisikan tepat 2 galon air ke dalam teko yang berkapasitas 4 galon? 3 galon (teko B) 4 galon (teko A) Air tak terbatas
17
Penyelesaian Identifikasi ruang keadaan : Keadaan awal & tujuan :
Permasalahan ini dapat direpresentasikan dengan 2 bilangan integer, yaitu x dan y : x = air yang diisikan pada teko 4 galon (teko A); y = air yang diisikan pada teko 3 galon (teko B); Ruang keadaan: (x,y) sedemikian hingga x{0,1,2,3,4} dan y{0,1,2,3}. Keadaan awal & tujuan : Keadaan awal, kedua teko dalam keadaan kosong : (0,0); Tujuan, keadaan dimana pada teko 4 galon berisi tepat 2 galon air : (2,n) untuk sembarang n.
18
(0,0) (0,1) (0,2) (0,3) (1,0) (1,1) (1,2) (1,3) (2,0) (2,1) (2,2) (2,3) (3,0) (3,1) (3,2) (3,3) (4,0) (4,1) (4,2) (4,3) Keadaan Awal Tujuan
19
Aturan-aturan Aturan ke- Jika Maka 1. (x,y) x < 4 (4,y) Isi teko A.
2. y < 3 (x,3) Isi teko B. 3. x > 0 (x-d,y) Tuangkan sebagian air keluar dari teko A. 4. y > 0 (x,y-d) Tuangkan sebagian air keluar dari teko B. 5. (0,y) Kosongkan teko A dengan membuang airnya ke tanah. 6. (x,0) Kosongkan teko B dengan membuang airnya ke tanah.
20
Aturan ke- Jika Maka 7. (x,y) x+y 4 dan y > 0 (4,y-(4-x)) Tuangkan air dari teko B ke teko A sampai teko A penuh. 8. x+y 3 dan x > 0 (x-(3-y),3) Tuangkan air dari teko A ke teko B sampai teko B penuh. 9. x+y 4 dan y > 0 (x+y,0) Tuangkan seluruh air dari teko B ke teko A. 10. x+y 3 dan x > 0 (0,x+y) Tuangkan seluruh air dari teko A ke teko B. 11. (0,2) (2,0) Tuangkan 2 galon air dari teko B ke teko A. 12. (2,y) (0,y) Kosongkan 2 galon air di teko A dengan membuang airnya ke tanah.
21
Representasi ruang keadaan dengan pohon pelacakan.
(0,0) (4,0) (0,3) (1,3) (4,3) (3,0)
22
Salah satu solusi : Isi Teko A (gallon) Isi Teko B (gallon)
Aturan yang dipakai 2 3 9 7 4 5 solusi
23
Contoh Kasus : Petani, Sayur, dan Kambing
Seorang petani akan menyeberangkan seekor kambing, seekor serigala, dan sayur-sayuran dengan sebuah perahu yang melalui sungai. Perahu hanya bisa memuat petani dan satu penumpang yang lain (kambing, serigala atau sayur-sayuran). Jika ditinggalkan oleh petani tersebut, maka sayur-sayuran akan dimakan oleh kambing, dan kambing akan dimakan oleh serigala.
24
Penyelesaian Identifikasi ruang keadaan
Permasalahan ini dapat dilambangkan dengan (JumlahKambing, JumlahSerigala, JumlahSayuran, JumlahBoat). Sebagai contoh : Daerah asal (0,1,1,1) berarti pada daerah asal tidak ada kambing, ada serigala, ada sayuran, dan ada perahu. Keadaan Awal Daerah asal : (1,1,1,1) Daerah seberang : (0,0,0,0) Tujuan Daerah asal : (0,0,0,0) Daerah seberang : (1,1,1,1)
25
Aturan-aturan Aturan ke- Aturan 1. Kambing menyeberang 2.
Sayuran menyeberang 3. Serigala menyeberang 4. Kambing kembali 5. Sayuran kembali 6. Serigala kembali 7. Perahu kembali
26
Salah satu solusi : Daerah Asal Daerah Seberang Aturan yang dipakai
(1,1,1,1) (0,0,0,0) 1 (0,1,1,0) (1,0,0,1) 7 (0,1,1,1) (1,0,0,0) 3 (0,0,1,0) (1,1,0,1) 4 (1,0,1,1) (0,1,0,0) 2 solusi
27
Tugas Selesaikan masalah berikut ini dengan kecerdasan buatan : tersedia takaran beras hanya untuk 5 liter dan 7 liter. Definisikan masalah dan selesaikan untuk mendapatkan beras sebanyak 4 liter ! Jawaban tugas ditulis tangan di kertas folio dan dikumpulkan minggu depan !
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.