Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI"— Transcript presentasi:

1 PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Dosen: Nahot Frastian, S.Kom PROGRAM STUDI : TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI

2 Kelompok 10 Ramdhani (201243500544) Ahmad Khudori (201243500545)
Syaiful Mutaqin ( )

3 Dari Wordprocessing hingga Paperless Publishing

4 Proses pengolah kata Perangkat Lunak Word Processor (selanjutnya disebut pengolah kata) adalah suatu program pengolah dokumen berisi teks dan gambar yang memiliki banyak keistimewaan dan sangat profesional dibanding dengan program teks yang sudah ada. Saat ini sudah terdapat banyak sekali Perangkat Lunak pengolah kata yang bisa mengerjakan bermacam tugas yang sangat kompleks. Contoh- contohnya adalah Ms.Word, Wordstar, ChiWriter,Open Office writer ,Libre Office Writer

5 Kemampuan utama Perangkat Lunak pengolah kata meliputi penulisan, pembentukan (formatting) penambahan, penghapusan, penyimpanan dan pencetakan mulai dari karakter, kata, kalimat, yang akhirnya membentuk suatu paragraf, sekumpulan paragraf membentuk satu halaman, dan kumpulan halaman membentuk sebuah naskah yang dalam hal ini disebut sebagai file atau dokumen.

6 Peralatan kerja dengan words
Karena Perangkat Lunak pengolah kata yang paling banyak digunakan saat ini adalah MS Word, maka sebagai contoh aplikasi kita akan menjelaskan langkah-langkah pengoperasian Perangkat Lunak tersebut. Klik Start > All Programs, masuk ke folder Microsoft Office > lalu pilih Microsoft Word atau dari shortcut yang sebelumnya kita buat terlebih dahulu.

7 Halaman Kerja Ms.Word 2007

8 Desktop Publishing Pengertian :
Desktop publishing adalah penggunaan komputer dan software untuk membuat tampilan visual dari ide dan informasi Desktop Publishing mengacu pada proses menggunakan komputer untuk menghasilkan dokumen-dokumen seperti brosur, buku, dan publikasi lain

9 Sejarah Desktop Publishing
Desktop publishing dimulai pada tahun 1985 dengan diperkenalkannya MacPublisher, pertama WYSIWYG layout program, yang berjalan di atas 128K asli Machintos komputer Publikasi pertama yang diketahui menggunakan 'desktop publishing' untuk diproduksi massal dan dijual publikasi adalah Kitab Barter di Campbell River British Columbia yang mulai menerbitkan pada bulan Oktober Barter Buku membeli komputer Macintosh dan imagewriter Apple pada bulan Februari Menggunakan MacPublisher I, II dan III yang berulang kali jatuh. Kemudian mencoba Pagemaker II dengan hasil yang sama

10 Kapan desktop publishing diciptakan?
Beberapa peristiwa pertengahan 1980-an termasuk pengembangan Aldus PageMaker (sekarang Adobe PageMaker) diantar masuk era desktop publishing. Ini memang pengenalan baik LaserWriter Apple, desktop printer PostScript, dan PageMaker untuk Mac yang menggebrak revolusi desktop publishing. Aldus Corporation pendiri Paul Brainerd, biasanya dikreditkan untuk coining kalimat, "desktop publishing." adalah tahun yang sangat baik.

11 1984 - The Apple Macintosh debut.
Hewlett-Packard memperkenalkan LaserJet, printer laser desktop yang pertama. memperkenalkan Adobe PostScript, industri standar Page Deskripsi Language (PDL) untuk typesetting profesional. Aldus PageMaker mengembangkan untuk Mac, penerbitan "pertama desktop" aplikasi. Apple menghasilkan LaserWriter, printer laser desktop yang pertama mengandung PostScript. PageMaker untuk platform Windows diperkenalkan. kapal Microsoft Windows 3.0.

12 SpreadSheet Spreadsheet adalah satu halaman besar berisi tabel. Program aplikasi tabulasi dan pengolah data pada komputer. Contoh perangkat lunak aplikasi spreadsheet ini adalah Microsoft Excel, Quatro Pro Spreadsheet ini juga biasanya di gunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Funsi standar yang di gunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi.

13 Ini adalah beberapa program spreadsheet:
Microsoft Excel Libre Office Calc Lotus 123 Openoffice.Org Calc KSpread

14 Perangkat lunak yang dapat disebut sebagai aplikasi spreadsheet pertama untuk PC (personal computer) adalah VisiCalc. Perangkat lunak yang diperkenalkan pada akhir tahun 1970-an ini sudah menggunakan antarmuka pengguna yang interaktif, karena berdasarkan pada konsep WYSIWYG (What You See is What You Get). VisiCalc biasa digunakan pada komputer Apple II. Setelah VisiCalc, aplikasi spreadsheet yang juga terkenal adalah Lotus Perangkat lunak ini diperkenalkan pada awal tahun 1980-an dan menjadi aplikasi spreadsheet nomor satu pada zamannya, karena memiliki tampilan dan performa yang lebih baik daripada Visicalc. Lotus biasa digunakan pada IBM PC dengan menggunakan sistem operasi DOS (Diskette Operating System).

15 Software Statistik Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Istilah 'statistika' (bahasa inggris: statistics) berbeda dengan 'statistik' (statistic). Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedang statistik adalah data, informasi, atau hasil penerapan algoritma statistika pada suatu data

16 4 Software Statistik yang Paling Banyak Digunakan
SPSS. Statistical Package for the Social Sciences atau pupuler disingkat (SPSS) dirilis pertama kali pada tahun SPSS adalah program komputer yang dipakai untuk analisa statistika. Sejak tanggal 28 Juli 2009, "SPSS" disebut sebagai PASW (Predictive Analytics SoftWare), karena perusahaan ini telah dibeli oleh perusahaan IBM dengan harga US$1,2 milyar.

17 Minitab adalah program
komputer yang dirancang untuk melakukan pengolahan statistik. Minitab mengkombinasikan kemudahan penggunaan layaknya Microsoft Excel dengan kemampuannya melakukan analisis statistik yang kompleks. Minitab dikembangkan di Pennsylvania State University oleh periset Barbara F. Ryan, Thomas A. Ryan, Jr., dan Brian L. Joiner pada tahun Minitab memulai versi ringannya OMNITAB, sebuah program analisis statistik oleh NIST

18 LISREL. Linear Structural Relationship
populer dikenal dengan Lisrel pada awalnya Lisrel merupakan sebuah nama model persamaan struktural yang dikembangkan oleh Karl Joreskog (1973). Pada tahap selanjutnya dikembangkan software computer yang mendukungnya oleh Joreskog dan Sorbom. LISREL merupakan program yang paling informatif dalam menyajikan hasil-hasil statistik.

19 SAS. Statistical Analysis System atau
popular disebut SAS adalah suatu sistem terpadu dari produk perangkat lunak yang disediakan oleh SAS Institute Inc. SAS memungkinkan programmer untuk melakukan entri data, analisis statistik, peramalan untuk mendukung keputusan riset operasi, peningkatan kualitas pengembangan aplikasi data dan lain sebagainya.

20 Statistik dan Data Analisis
Analisis data diartikan sebagai upaya mengolah datamenjadi informasi, sehingga karakteristik atau sifat- sifat data tersebut dapat dengan mudah dipahami dan bermanfaat untuk menjawab masalah-masalah yang berkaitan dengan kegiatan penelitian. Dengan demikian, teknik analisis data dapat diartikan sebagai cara melaksanakan analisis terhadap data, dengan tujuan mengolah data tersebut menjadi informasi, sehingga karakteristik atau sifat-sifat datanya dapat dengan mudah dipahami dan bermanfaat untuk menjawab masalah- masalah yang berkaitan dengan kegiatan penelitian, baik berkaitan dengan deskripsi data maupun untuk membuat induksi, atau menarik kesimpulan tentang karakteristik populasi (parameter) berdasarkan data yang diperoleh dari sampel (statistik)

21 Visualisasi Ilmiah Visualisasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram atau animasi untuk penampilan suatu informasi. Secara umum, visualisasi dalam bentuk gambar baik yang bersifat abstrak maupun nyata telah dikenal sejak awal dari peradaban manusia

22 Dukungan Komputer Dalam Proses Visualisasi Ilmiah :
1. Menyimpan Data Komputer. Komputer memungkinan teknik penyimpnan data yang lebih murah dibandingkan dengan cara konvensional (menggunakan kertas). Data-data bisa disimpan dalam bentuk digital 2. Proses Komputasi. Komputer dapat meningkatkan kecepatan akses pada data digital yang tersimpan untuk keperluan eksplorasi. 3. Penyajian Informasi. Komputer memungkinkan penyajian informasi ke dalam berbagai bentuk yang dapat disesuaikan dengan keinginan.

23 Penghitungan Resiko Kata risiko banyak dipergunakan dalam berbagai pengertian dan sudah biasa dipakai dalam percakapan sehari-hari oleh kebanyakan orang. Memahami konsep risiko secara luas, akan merupakan dasar yang esensial untuk memahami konsep dan teknik manajemen risiko. Vaughan yang diterjemahkan oleh Herman Darmawi (1997:18) mengemukakan beberapa definisi risiko sebagai berikut : 1. Risk is the chance of loss (risiko adalah kans kerugian). 2. Risk is the possibility of loss (risiko adalah kemungkinan kerugian). 3. Risk is uncertainty (risiko adalah ketidakpastian)

24 Manajemen risiko adalah proses pengukuran atau penilaian risiko serta pengembangan strategi pengelolaannya. Strategi yang dapat diambil antara lain adalah memindahkan risiko kepada pihak lain, menghindari risiko, mengurangi efek negatif risiko, dan menampung sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu Analisa risiko merupakan metode mengidentifikasi risiko dan menilai kerusakan yang mungkin disebabkan, sebagai alasan perlunya perlindungan keamanan. Analisa risiko memiliki tiga tujuan, yaitu : 1. Mengidentifikasi risiko 2. Menghitung dampak dari ancaman 3. Memberikan perbandingan biaya/manfaat antara dampak risiko dengan biaya

25 Graphics, Hypermedia dan Multimedia
Graphics adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Hypermedia adalah sistem pengambilan informsi berbasis komputer yang tidak hanya menggunakan teks sebagai penghubung ke dokumen lain, tetapi juga bisa melibatkan gambar suara dan bahkan video. Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasidan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi

26 Focus pada Komputer Grafik
Kemajuan dalam komputer grafis adalah berasal dari seorang mahasiswa MIT, Ivan Sutherland. Pada tahun Sutherland menciptakan program komputer untuk menggambar yang disebut Sketchpad. Dengan menggunakan Light Pen, Sketchpad dapat menggambar bentuk sederhana pada layar komputer, menyimpan mereka dan bahkan bisa memanggil mereka lagi nanti. Grafika komputer (Inggris: Computer graphics) adalah bagian dari yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.

27 Image Type Komputer grafis 2D adalah generasi komputer berbasis gambar digital-sebagian besar dari model dua dimensi, seperti 2D model geometris, teks, dan gambar digital, dan dengan teknik khusus untuk mereka. Kata ini dapat berdiri untuk cabang ilmu komputer yang terdiri dari teknik tersebut.

28 Pixel art adalah suatu bentuk seni digital, diciptakan melalui penggunaan perangkat lunak raster grafis, di mana foto akan diedit pada tingkat piksel. Grafik di sebagian besar tua (atau relatif terbatas) permainan komputer dan video, grafik game kalkulator, dan banyak game ponsel kebanyakan seni pixel. Komputer grafis 3D sering disebut sebagai model 3D. Selain grafik yang diberikan, model terkandung dalam file data grafis. Namun, ada perbedaan. Sebuah model 3D adalah representasi matematis dari setiap objek tiga- dimensi. Sebuah model tidak teknis grafis sampai visual ditampilkan. Karena cetak 3D, model 3D tidak terbatas pada ruang virtual. Sebuah model dapat ditampilkan secara visual sebagai gambar dua dimensi melalui proses yang disebut 3D rendering, atau digunakan dalam simulasi komputer non-grafis dan perhitungan.

29 Media yang Dinamis Dunia teknologi komunikasi merupakan dunia yang dinamis, dimana akan terus muncul teknologi yang lebih maju dari teknologi-teknologi sebelumnya. Teknologi touch screen juga merupakan salah satu yang diutamakan dalam video bertajuk kehidupan masa datang yang dibuat oleh Corning dan Microsoft. Selain teknologi berbasis touch screen itu sendiri,operating system teknologi komunikasi seperti smartphone itu sendiri, juga menjadi topik yang seru untuk dibahas mengenai perkembanganya pada masa yang akan datang. Persaingan antar Apple, Blackberry dan Android yang merupakan tiga os yang paling dominan.

30 Multimedia interaktif
Secara etimologis multimedia berasal dari kata multi (Bahasa Latin, nouns) yang berarti banyak, bermacam-macam, dan medium (Bahasa Latin) yang berarti sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu Multimedia interaktif menggabungkan dan mensinergikan semua media yang terdiri dari: a) teks; b) grafik; c) audio; dan d) interaktivitas (Green & Brown, 2002: 2-6).

31 Data yang Dipadatkan Dalam ilmu komputer, pemampatan data atau kompresi data adalah sebuah cara untuk memadatkan data sehingga hanya memerlukan ruangan penyimpanan lebih kecil sehingga lebih efisien dalam menyimpannya atau mempersingkat waktu pertukaran data tersebut Pemampatan data tanpa kehilangan Teknik ini mampu memadatkan data dan mengembalikannya sama persis seperti semula. Tidak ada informasi yang hilang atau harus dikurangi dalam proses untuk mengurangi ukuran besar data. Pemampatan data berkehilangan Dengan teknik ini, kehilangan data yang kecil masih dapat diterima. Dengan algoritma tertentu, detil berkas dipangkas supaya ukuran data bisa dikecilkan. Contohnya, pemadatan data dengan format berkas gambar JPEG

32 ..::SEKIAN DAN TERIMA KASIH::..


Download ppt "PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google