Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOntrak Belajar/Pedoman Perkuliahan Mahasiswa  KOMPUTER DAN MASYARAKAT Semester : VIII / 2014-2015   Pengajar : Ir. Purnomo Edi Sasongko, MP. Ir.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOntrak Belajar/Pedoman Perkuliahan Mahasiswa  KOMPUTER DAN MASYARAKAT Semester : VIII / 2014-2015   Pengajar : Ir. Purnomo Edi Sasongko, MP. Ir."— Transcript presentasi:

1 KOntrak Belajar/Pedoman Perkuliahan Mahasiswa  KOMPUTER DAN MASYARAKAT Semester : VIII /   Pengajar : Ir. Purnomo Edi Sasongko, MP. Ir. Siswanto, MT. Ir. Kemal Wijaya, MT   Fakultas TEKNOLOGI INDUSTRI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur Surabaya 2015

2 Tujuan Umum: Memberi bekal pada mahasiswa sebelum terjun ke masyarakat dalam menghadapi aspek sosial dan profesional dalam bidang teknologi informasi Tujuan Khusus: Memperkenalkan mahasiswa pada aspek teknis dan non-teknis dari dunia Teknologi Informasi dan Komputer dalam kehidupan sosial bermasyarakat yang sebenarnya Lingkup Bahasan: Aspek sosial,kewajiban etis dan profesional,resiko dari sistem berbasis komputer, kejahatan komputer,aplikasi komputer di berbagai bidang, etika profesi, hak asasi dan privacy, kekayaan intelektual

3 Pelaksanaan Perkuliahan:
Referensi : Ayres. I., The Essence of Profesional Issues in Computing,Prentice Hall Baillie.C, Engineering and Society:Working Towards Social Justice. Morgan & Claypool. Kizza, JM Ethical and Social Issues in the Information Age. Springer-Verlag. London. Preston, J., Ferrett R., and Preston S., Computers in a Changing Society. Prentice-Hall, Inc Shelly, GB. and Vermaat, ME Discovering Computers. Course Technology. Boston. Pelaksanaan Perkuliahan: Tatap muka dan Diskusi Penilaian:

4 Penilaian: Kriteria penilaian sebagai berikut : Dalam menentukan nilai akhir (NA) digunakan sistim pembobotan nilai sebagai berikut : Nilai Kuis, tugas terstruktur, presentasi masing-masing : 30 % UTS : 35 % UAS : 35 % Presensi 100 % mendapat tambahan nilai dari NA : 10 % Nilai Poin Kisaran A 4.00 > 80 keatas A- 3.75 > 75 – 79,9 B+ 3.50 > 70 – 74,9 B 3.00 > 66 – 69,9 B- 2.75 > 62 – 65,9 C+ 2.50 > 58 – 61,9 C 2.00 > 55 – 57,9 D+ 1.50 > 51 – 54,9 D 1.00 > 44 – 46,9 E 0.00 > 00 – 43,9

5 No Minggu Materi Bahasan Bacaan Dosen Pengajar 1. I Pengertian Komas - 2. II Komputer ada dimana-mana 3. III Komputer dan Internet 4. IV Dampak Sosial TIK 5. V Komputer Pendidikan 6. VI Komputer Pemerintah 7. VII Masyarakat Informasi VIII Kerentanan SIBAK 8. UJIAN TENGAH SEMESTER 9. IX Kontrol Komputer 10. X Cyber Crime dan Penanggulangannya 11. XI UU Hak Cipta dan Perlindungan 12. XII Etika dan Kejahatan 13. XIII HAKI 14. XIV AI dan Tes Turing 15. XV Komputer Pertanian XVI Komputer Masa Depan 16. UJIAN AKHIR SEMESTER

6 KOMPUTER DAN MASYARAKAT
alat bantu untuk menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan Komputer digunakan secara meluas dalam berbagai aktivitas di kehidupan manusia seperti : Perbankan  Sistem Uang Elektronik Perniagaan / Perdagangan  memproses data (di tempat-tempat perbelanjaan Industri  menghasilkan produktivitas kinerja yang tinggi

7 KOMPUTER DAN MASYARAKAT
Transportasi  komunikasi kapal terbang, penjualan tiket dll. Obat-obatan / Rumah Sakit  mendiagnosis penyakit Pendidikan  sebagai CBE (Computer Based Education). Seni  animasi film-film kartun Penelitian  untuk penelitian luar angkasa Rekreasi  permainan komputer Pertahanan dan Keamanan  melakukan navigasi atau serangan yang lebih tepat Komunikasi  tukar menukar data dll.

8 ISU SOSIAL Dampak Positif Komunikasi yang lebih baik
Transportasi yang lebih cepat dan aman Penyelesaian pekerjaan yang lebih cepat dan akurat Efisiensi dalam penggunaan tenaga kerja. Dampak Negatif : Ada perasaan takut bahwa manusia akan menjadi budak dari mesin yang diciptakannya Perasaan takut akan kehilangan pekerjaan karena telah diambil alih dengan alasan biaya, kecepatan kerja dan ketelitian Data-data penting yang disimpan didalam komputer mempunyai resiko tinggi dirusak atau diambil oleh hacker walaupun sudah menggunakan sandi kunci atau password

9 ISU SOSIAL YANG MENONJOL
Pekerjaan Lapangan pekerjaan berkurang atau bertambah ? Bagaimanakan nasib organisasi yang masih tradisional di kantornya? Kesehatan  Apakah duduk lama didepan komputer mempengaruhi kesehatan fisik ? Kebebasan Pribadi Siapa yang berhak mengakses informasi pribadi ? Adakah batasan penggunaan dari informasi pribadi yang telah dikumpulkan pemerintah atau badan swasta ? Kendali Terpusat Apakah komputer akan dimanfaatkan untuk melebarkan kekuasaan pengelola atas pekerja? Apakah pemerintah akan semakin kuat dan cenderung untuk semakin memusatkan kewenangannya ?

10 ISU SOSIAL YANG MENONJOL
Tanggung Jawab Apakah penyebaran penggunaan komputer dan komunikasi akan mengkotak-kotakkan masyarakat ? Apakah keluarga akan semakin menyendiri karena komputer telah menyediakan banyak kebutuhan ? Apakah produksi barang akan menurun karena sebagian besar anggota masyarakat terjun ke pelayanan jasa informasi ? Citra Diri Manusia Apakah komputer mempengaruhi citra diri kita ? Apakah manusia akan kehilangan keyakinan dirinya karena tugas- tugasnya diambil alih oleh komputer ? Apakah teknologi tidak dapat ditolak ? Dapatkah kualitas manusia dipertahankan ?

11 ISU SOSIAL YANG MENONJOL
Etika dan Profesionalisme Seberapa jauhkah para ahli komputer terhadap profesi mereka ? Apakah mereka harus memiliki etika profesi seperti dokter dan ahli hukum ? Kepentingan Nasional Apakah perekonomian negara pada masa mendatang sangat tergantung dari prestasi dalam teknologi tinggi? Kesenjangan Keahlian Apakah penggunaan komputer menajamkan persaingan antara tenaga ahli dan tenaga bukan ahli? Apakah pekerjaan dalam masyarakat akan terbagi menjadi menarik dan membosankan ? Apakah kaum miskin dan kurang pendidikan akan memandang bahwa komputer hanya merupakan alat bagi golongan mampu ?


Download ppt "KOntrak Belajar/Pedoman Perkuliahan Mahasiswa  KOMPUTER DAN MASYARAKAT Semester : VIII / 2014-2015   Pengajar : Ir. Purnomo Edi Sasongko, MP. Ir."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google