Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA"— Transcript presentasi:

1 ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA
SAFITRI JUANITA

2 MATERI Memahami prosedur, algoritma, flowchart

3 games PANGGIL 1 ORANG UNTUK MAJU DAN MENGHITUNG JUMLAH TEMAN DI KELAS
(JIKA SALAH/KRG CEPAT) MULAI BERHITUNG DARI SISI KANAN SAMPAI SEMUA YANG ADA DIKELAS TERHITUNG (TIAP ORANG MENGHITUNG) AKAN DIHITUNG LAMA WAKTU SAAT BERHITUNG CARI CARA AGAR BERHITUNG DENGAN CARA CEPAT

4 Prosedure Program terpisah dengan blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram Fungsi prosedur : Memecah program yang rumit menjadi program-program bagian yang lebih sederhana dalam bentuk prosedur Untuk beberapa perintah yang sering digunakan berulang, cukup ditulisak sekali dalam prosedur dan dapat dipanggil berkali-kali

5 ALGORITMA LANGKAH-LANGKAH PROSEDUR DALAM MENYELESAIKAN MASALAH

6 FLOWCHART DIAGRAM YANG MENGGAMBARKAN PROSES ALGORITMA TUJUAN FLOWCHART
DESAIN PROGRAM PRESENTASI PROGRAM

7 PSEUDO CODE KODE YANG MENYERUPAI BAHASA PEMROGRAMAN SESUNGGUHNYA DENGAN PENJELASAN CARA MENYELESAIKAN SUATU MASALAH DAN TIDAK ADA ATURAN DALAM PENULISANNYA

8 JAWAB PERTANYAAN INI BAGAIMANA CARA ANDA LOG IN KE FACEBOOK

9 FLOWCHART ADA 6 SIMBOL DASAR YANG SERING DIGUNAKAN DI FLOWCHART

10 FLOWCHART… TERMINAL Digunakan untuk mendefinisikan START dan END sebuah program

11 FLOWCHART… INPUT/OUTPUT
CONTOH : INPUT USERNAME, INPUT PASSWORD, TAMPILKAN STATUS FACEBOOK

12 PROSES CONTOH : INISIALISASI (MEMBERI NILAI AWAL) SPT A=0,B=1 dst, Proses Perhitungan seperti (C=A+B), P=X2 + Y

13 DECISION BERGUNA SEBAGAI PERTANYAAN YANG MEMILIKI PILIHAN BENAR/SALAH, IYA/TIDAK SEBAGAI JAWABAN CONTOH : APAKAH ANDA ONLINE ? JAWABAN BISA TIDAK, BISA IYA

14 CONNECTOR BERGUNA SEBAGAI PENGHUBUNG ANTAR FLOWCHART

15 CONTROL FLOW MENAMPILKAN URUTAN PENYELESAIAN MASALAH

16 ATURAN FLOWCHART DIGAMBARKAN DARI ATAS KE BAWAH
SEMUA SIMBOL PADA FLOWCHART HARUS TERHUBUNG DENGAN PANAH (SEBAGAI PENANDA URUTAN KEGIATAN ATAU TAHAPAN) SEMUA FLOWCHART BERAWAL DENGAN SIMBOL TERMINAL ATAU PROSES SIMBOL DECISION MEMILIKI 2 KELUARAN, PERTAMA ADALAH JIKA “IYA” DAN KEDUA ADALAH JIKA “TIDAK”

17 LATIHAN FLOWCHART BUAT FLOWCHART UNTUK INPUT ANGKA 10 DAN TAMPILKAN HASILNYA PSEUDO CODE : Inisialisasi SUM=0 Input angka Hitung angka yang diinput dan simpan hasilnya di SUM Cetak SUM

18 LATIHAN FLOWCHART MENGHITUNG JUMLAH DARI 5 BILANGAN YANG DI-INPUT
PSEUDO CODE Inisialisasi SUM=0 dan Count=0 Enter N Hitung SUM+N simpan di SUM dan increment Count dengan 1 Cek nilai Count < 5 Jika iya maka kembali ke langkah ke 2 jika tidak maka cetak SUM selesai

19 LATIHAN MANDIRI CETAK “SALAM BUDI LUHUR” SEBANYAK 10 KALI. Pseudo Code
Inisialisasi Count=0 Cetak Salam Budi Luhur Increment Count dengan 1 Cek Count <10 jika Ya maka Kembali ke Langkah ke 2 jika tidak maka Selesai

20 catatan Semakin banyak cara Anda menyelesaikan masalah maka semakin banyak yang harus Anda gambarkan di Flowchart


Download ppt "ANALISA DAN DESAIN ALGORITMA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google