Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Jaringan Komputer SWITCHING & ROUTING

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Jaringan Komputer SWITCHING & ROUTING"— Transcript presentasi:

1 Jaringan Komputer SWITCHING & ROUTING
Circuit Switching dan Packet Switching

2 Simple Switched Network

3 Circuit Switching Alur komunikasi yang digunakan oleh dua stasiun
Tiga fasa (Three phases) Fungsi Switching : Menetapkan (Establish) Mengirim (Transfer) Memutuskan (Disconnect) Harus memiliki Kemampuan / kapasitas switching dan kapasitas channel untuk menetapkan/ menentukan koneksi.

4 Aplikasi Circuit Switching
Tidak efisian(Inefficient) Kapasitas Channel mempengaruhi waktu connection Jika tidak ada data, kapasitas menjadi sia-sia Set up (connection) memerlukan banyak waktu Dikembangkan Untuk lalu lintas suara (telepon)

5 Public Circuit Switched Network
Trunk  peti/kopor/box

6 Komponen Telecomms Subscriber - Alat yang berkait dengan jaringan
Subscriber line Local Loop Subscriber loop Connection to network Few km up to few tens of km Exchange Switching centers End office - supports subscribers Trunks Cabang antara exchanges Multiplexed

7 Packet Switching Principles
Data ditransmisikan dalam paket-paket kecil Biasanya 1000 octets Pesan yang panjang dibagi menjadi rangkaian paket-paket Setiap paket berisi sebuah bagian dari user data ditambah dengan beberapa info kontrol Info kontrol Routing (addressing) info Paket diterima, disimpan secara ringkas (buffered) dan dilanjutkan ke node selanjutnya Store and forward

8 Use of Packets

9 Keuntungan Effisiensi Line Konversi DATA rate
Satu node ke node penghubungnya dapat berbagi berbagai macam paket setiap waktu Paket diurutkan dan dikirimkan secepat mungkin Konversi DATA rate Setiap stasiun terhubung pada not lokal dengan kecepatan masing-masing Nodes buffer data jika diperlukan untuk menyamakan rates Packet akan diterima walaupun jaringan sibuk Kecepatan pengiriman mungkin turun Prioritasnya dapat diatur

10 Teknik Switching Stasiun memecah pesan panjang menjadi paket-paket
Pengiriman Packet satu kali pada satu waktu ke jaringan Packet di-handle dalam dua cara Datagram Virtual circuit

11 Datagram Setiap paket diperlakukan secara independent
Packet dapat mengambil setiap rute praktis Packet mungkin datang tidak sesuai urutan Packet mungkin dapat menghilang Tergantung pada receiver untuk mengurutkan paket dan mengembalikan paket yang hilang

12 Datagram Eksternal Datagram internal

13 Datagram Diagram

14 Virtual Circuit Virtual Circuit pada dasarnya adalah suatu hubungan secara logik yang dibentuk untuk menyambungkan dua stasiun. Paket dilabelkan dengan nomor sirkit maya dan nomor urut. Paket dikirimkan dan datang secara berurutan. Gambar Virtual Circuit eksternal

15

16 Virtual Circuit Membangun perencanaan rute sebelum mengirimkan paket
Panggilan permintaan dan panggilan penerimaan paket membangun koneksi (handshake) Masing-masing paket terdiri dari sebuah pengenal virtual circuit bukan sebuah alamat tujuan Tidak ada keputusan routing yang diperlukan untuk setiap paket Mengosongkan permintaan untuk menggagalkan circuit Bukan sebuah jalur yang bersifat dedicated

17 Diagram Virtual Circuit

18 Virtual Circuits vs Datagram
Jaringan dapat menyediakan sequencing dan kontrol error Packet diteruskan lebih cepat Tidak perlu membuat keputusan routing Kurang reliable Hilangnya sebuah node menyebabkan hilangnya seluruh circuit yang melaluinya Datagram Tidak memerlukan fase call setup Lebih baik jika paketnya sedikit Lebih flexible Routing dapat digunakan untuk menghindari tabrakan dalam jaringan

19 Event Timing

20 ROUTING Fungsi utama dari jaringan packet-switched adalah menerima paket dari stasiun pengirim untuk diteruskan ke stasiun penerima. - Perlu memilih suatu jalur atau rute dalam jaringan, sehingga akan muncul lebih dari satu kemungkinan rute Fungsi routing sendiri harus mengacu kepada nilai nilai antara lain : tanpa kesalahan, sederhana, kokoh, stabil, adil dan optimal disamping juga harus mengingat perhitungan faktor efisiensi.

21 Untuk membentuk routing, maka harus mengetahui unsur-unsur routing, antara lain :
- Kriteria Kinerja : Jumlah hop, Cost, Delay, Througput - Decision Time : Paket (datagram), Session (virtual Circuit) Decision Place : Each Node (terdistribusi), Central Node (terpusat ), Originating Node - Network Information source : None, Local, Adjacent nodes, Nodes along route, All Nodes Routing Strategy : Fixed, Flooding, Random, Adaptive - Adaptive Routing Update Time : Continuous, Periodic, Major load change, Topology change

22 Algoritma Routing Forward-search algorithm N = himpunan node dalam jaringan S = node sumber M = himpunan node yang dihasilkan oleh algoritma l(I,J) = link cost dari node ke I sampi node ke j, biaya bernilai ~ jika node tidak secara langsung terhubung. C1(n) : Biaya dari jalur biaya terkecil dari S ke n yang dihasilkan pada saat algoritma dikerjakan.

23 Strategi Routing Fixed Routing
Merupakan cara routing yang paling sederhana. Rute bersifat tetap, atau rute hanya diubah apabila topologi jaringan berubah. Gambar berikut (mengacu dari gambar 1) memperlihatkan bagaimana sebuah rute yang tetap dikonfigurasikan. NEXT Node

24 Kemungkinan rute yang bisa dikonfigurasikan, ditabelkan sebagai berikut :

25 Tabel ini disusun berdasar rute terpendek (menggunakan least-cost algorithm).
Sebagai misal direktori node 1. Dari node 1 untuk mencapai node 6, maka rute terpendek yang bisa dilewati adalah rute dari node 1,4,5,6. Maka pada tabel direktori node 1 dituliskan destination = 6, dan next node = 4.

26 Karakteristik Fixed Routing
Keuntungan konfigurasi sederhana. Pengunaan sirkit maya atau datagram tidak dibedakan. Artinya semua paket dari sumber menuju titik tujuan akan melewati rute yang sama. Kinerja yang bagus didapatkan apabila beban bersifat tetap. Tetapi pada beban yang bersifat dinamis, kinerja menjadi turun. Sistem ini tidak memberi tanggapan apabila terjadi error maupun kemacetan jalur.

27 Flooding Teknik routing yang lain yang dirasa sederhana adalah flooding. Cara kerja teknik ini adalah mengirmkan paket dari suatu sumber ke seluruh node tetangganya. Pada tiap node, setiap paket yang datang akan ditransmisikan kembali ke seluruh link yang dipunyai kecuali link yang dipakai untuk menerima paket tersebut. Mengambil contoh rute yang sama, sebutlah bahwa node 1 akan mengirimkan paketnya ke node 6. Pertamakali node 1 akan mengirimkan paket ke seluruh tetangganya, yakni ke node 2, node 4 dan node 3 (gambar 7.9)

28

29 Selanjutnya operasi terjadi pada node 2, 3 dan 4.
Node 2 mengirimkan paket ke tetangganya yaitu ke node 3 dan 4 Sedangkan node 3 meneruskan paket ke node 2,4,5 dan node 6. Node 4 meneruskan paket ke node 2,3,5. Semua node ini tidak mengirimkan paket ke node 1. Ilustrasi tersebut digambarkan pada gambar 7.10.

30 Pada saat ini jumlah copy yang diciptakan berjumlah 9 buah
Pada saat ini jumlah copy yang diciptakan berjumlah 9 buah. Paket-paket yang sampai ke titik tujuan, yakni node 6, tidak lagi diteruskan. Posisi terakhir node-node yang menerima paket dan harus meneruskan adalah node 2,3,4,5. Dengan cara yang sama masing-masing node tersebut membuat copy dan memberikan ke mode tetangganya. Pada saat ini dihasilkan copy sebanyak 15.

31 Terdapat dua catatan penting dengan penggunaan teknik flooding ini, yaitu :
1. Semua rute yang dimungkinkan akan dicoba. Karena itu teknik ini memiliki keandalan yang tinggi dan cenderung memberi prioritas untuk pengiriman –pengiriman paket tertentu. 2. Karena keseluruhan rute dicoba, maka akan muncul paling tidak satu buah copy paket di titik tujuan dengan waktu paling minimum. Tetapi hal ini akan menyebakan naiknya beban lalulintas yang pada akhirnya menambah delay bagi rute-rute secara keseluruhan.

32 Teknik Routing Lainnya
Random Routing Adaptive Routing  browsing if you want detail its


Download ppt "Jaringan Komputer SWITCHING & ROUTING"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google