Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Algoritma & Pemrograman 3

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Algoritma & Pemrograman 3"— Transcript presentasi:

1 Algoritma & Pemrograman 3
Java Technology & Elemen JAVA Sistem Komputer – S1 Universitas Gunadarma

2 Topik Teknologi JAVA Elemen JAVA - Keyword - Variabel - Tipe Data

3 TEKNOLOGI JAVA

4 Java Java SmallTalk TCL Perl Shells C C++ Simple Object Oriented
Robust Secure Interpreted Dynamic Portable Neutral Threads Garbage Collection Exceptions Performance High Medium Low Java

5 Java Technology A Programming Language A Development Environtment
An Application Environtment A Deployment Environtment

6 A Programming Language
Sintaks bahasa Pemrograman JAVA mirip dengan bahasa C++

7 A Development Environtment
Teknologi JAVA menyediakan: Kompiler Interpreter Documentation Generator Class File Packaging

8 An Application Environtment
Merupakan Standalone program yang tidak memerlukan web browser untuk mengeksekusi program (Applet).

9 A Deployment Environtment
Terdapat 2 deployment environtment utama: JRE (Java Runtime Environtment) yang menyediakan class-class yang tersimpan dalam package-package, komponen GUI class, dan Collection API. Web Browser : Banyak Web Browser komersial yang menyediakan lingkungan JAVA Technology Interpreter dan Runtime.

10 Fitur dari JAVA Technology
Java Virtual Machine (JVM) Garbage Collection Sekuritas Kode

11 JVM Menyediakan spesifikasi hardware platform
Membaca byte code yang sudah terkompilasi yang mendukung multi-platform Diimplementasikan sebagai software atau hardware Diimplementasikan di JAVA Technology Development Tool atau Web Browser

12 JVM JVM provides definition for the:
Instruction set central processing unit) Register set Class file format Stack Garbage-collected heap Memory Area

13 Garbage Collection Menangani 3 tugas utama: Melakukan pemanggilan kode
Memverifikasi kode Mengeksekusi kode

14 Operation of the JRE

15 Example of Code TestGreeting.java Public class TestGreeting{ public static void main (String[]args){ Greeting hello = new Greeting(); hello.greet(); }

16 Example of Code Greeting.java Public class Greeting{ public void greet(){ System.out.println(“Hi”); }

17

18

19

20

21 STRUKTUR PROGRAM JAVA

22 Struktur Program JAVA Blok Program
Tanda brace (kurung kurawal) di dalam program yang membentuk sekelompok (satu blok) perintah atau komponen lain dalam program digunakan untuk membentuk sebuah struktur pada program seperti class atau method.

23 Struktur Program JAVA Example: public class contoh { //awal blok class
} // akhir dari blok class

24 Struktur Program JAVA Modifier
JAVA menggunakan beberapa kata khusus tertentu yang disebut modifiers yang berfungsi untuk menetapkan property dari data, method, atau class dan bagaimana cara menggunakannya.

25 Struktur Program JAVA Macam Modifier ada 3: Public
Bisa di akses oleh Class b. Protected Bisa diakses tetapi hanya untuk Class anak c. Private Tidak bisa diakses

26 Struktur Program JAVA Class Struktur program yang paling mendasar.
Untuk melakukan pemrograman dengan menggunakan bahasa Java user harus mengerti dasar pemrograman berorientasi atau berbasis objek.

27 Struktur Program JAVA Example of Class: public class A{ //statement }
private class B{

28 Struktur Program JAVA Method/Fungsi
Sebuah class harus memiliki setidaknya sebuah method. Class utama dalam program Java harus memiliki method utama. Jadi method harus ada di dalam class dan tidak dapat berdiri sendiri seperti sebuah fungsi diluar class.

29 Struktur Program JAVA Format Penulisan:
modifier tipe_data_balikan nama_method (parameter){ } Example of Method: public void A(){

30 Struktur Program JAVA Main Method
Tiap kelas harus memiliki Method, dan class utama dalam program juga harus memiliki Method Utama yang disebut juga main method. Main Method ini fungsinya mengontrol seluruh alur dari program sewaktu menjalankan tugasnya.

31 Struktur Program JAVA Example of Main Method
public static void main(String[]args){ System.out.println(“Selamat Datang”); }

32 Compile Program JAVA JAVAC nama_file.java Example: javac contoh.java
JAVA nama_file java contoh

33 KEYWORDS, VARIABEL, TIPE DATA

34 Keyword Pengidentifikasi yang telah dipesan untuk didefinisikan sebelumnya oleh JAVA untuk didefinisikan sebelumnya oleh JAVA untuk tujuan tertentu. User tidak dapat menggunakan keyword sebagai nama variabel, class, method, dsb. Berikut ini adalah daftar dari kata kunci dalam JAVA (JAVA Keywords).

35 Keyword

36 Variabel Aturan dasar dalam deklarasi variabel:
Setiap variabel harus diawali dengan abjad.huruf Karakter kedua boleh huruf, angka, atau symbol Tidak memakai tanda baca (? ! + - &, dsb) Tidak boleh ada spasi di dalamnya. Bisa dipisah dengan menggunakan underscore “_” Bukan Keywords Sebaiknya nama variabel cukup deskriptif, menyatakan arti dan tujuannya.

37 Variabel Deklarasi variabel: <tipe> <nama variabel> ;
Example : int a; int b; string ab; string uji_coba;

38 Tipe Data Tipe dapa pada Java dapat dibedakan atas 2 kategori, yaitu :
Tipe Data Primitif

39 Tipe Data Type Default Range boolean False - char \u0000
\u0000 to \uFFFF byte -128 s/d 127 short s/d 32767 int s/d long s/d float 0.0 1.4E-45 s/d E+38 double 4.9E-324 s/d E+308

40 Tipe Data b. Tipe Data Kompleks - String: untuk menyatakan tipe deretan karakter, misalnya nama, alamat, dsb. Contoh: String pesan = “Halo”; - Array : int [] x = new int [5];

41 Tipe Data Karakter Khusus \n : pindah ke baris baru
\t : pindah ke tabulasi ke kanan \b : backspace \r : return \f : halaman baru

42 Tipe Data Konstanta Pendefinisian konstanta melalui kata kunci final
Example : final double PI = 3.14

43 Tipe Data Perubahan Tipe Data
Java menyediakan beberapa fungsi/metode untuk keperluan karakter, antara lain: isDigit() : memeriksa apakah karakter tersebut adalah digit angka isJavaLetter() : memeriksa apakah karakter ini adalah Unicode isLowerCase() : memeriksa apakah karakter ini adalah huruf kecil toLowerCase() : mengubah karakter ke huruf kecil toUpperCase() : mengubah karakter ke huruf besar

44 Tipe Data Dari Tipe Ke Tipe byte short, char, int, long, float, double
Berikut ini tipe data yang diperbolehkan Dari Tipe Ke Tipe byte short, char, int, long, float, double short int, long, float, double char int long, float, double, char long float, double float double

45 Tipe Data Menampilkan Data Variabel
Untuk mengeluarkan nilai dari variabel yang diinginkan, kita dapat menggunakan perintah sebagai berikut: System.out.print(); System.out.println(); Apa yang memberdakan diantara perintah tersebut?

46 Tipe Data System.out.print();
Tidak menambahkan baris baru pada akhir data untuk dikeluarkan System.out.println(); Menambahkan baris baru pada akhir data untuk dikeluarkan.

47 Tipe Data Perhatikan pernyataan berikut: System.out.print(“Hello “);
System.out.print(‘World!”); Pernyataan tersebut akan menghasilkan output berikut ini pada layar: Hello World!

48 Tipe Data Perhatikan pernyataan berikut: System.out.println(“Hello “);
System.out.println(‘World!”); Pernyataan tersebut akan menghasilkan output berikut ini pada layar: Hello World!

49 Operator dan Ekspresi Operator Aritmatika + Penjumlahan 5+4
- Pengurangan 5-4 * Perkalian a*b / Pembagian a/b % Sisa pembagian 5%4

50 Operator dan Ekspresi Operator Penugasan X=y=z=0;
Variabel x,y,z bernilai 0 X += y; X = x + y; X -= y; X = x – y; X *= y; X = x * y; X /= y; X = x / y; X %= y; X = x % y;

51 Operator dan Ekspresi Operator Increment dan Decrement

52 Operator dan Ekspresi Lazimnya jika dalam bahasa pemrograman Pascal atau Delphi: a := a + 1; Namun dalam Java lazimnya ditulis dengan: a++; // walaupun a = a+1; Example: a++ int i = 5; int a = 4; int k = 0; k = a++ + i; //akan menghasilkan k = = 9

53 Operator dan Ekspresi 2. ++a int i = 5; int a = 4; int k = 0; k = ++a + i; //akan menghasilkan k = = a-- ?? 4. --a?

54 Operator dan Ekspresi Operator Relasi

55 Operator dan Ekspresi Operator Logika
Operator ini memiliki satu atau lebih operand Boolean yang menghasilkan nilai Boolean. Ada enam operator logika yaitu: && (Logika AND) & (Boolean Logika AND) || (Logika OR) | (Boolean Logika Inclusive OR) ^ (Boolean Logika Exclusive OR) ! (Logika NOT)

56 Operator dan Ekspresi Operator Simbol AND && dan & OR || dan | XOR ^
NOT !

57 Operator dan Ekspresi Perbedaan dasar antara operator && dan & adalah bahwa && mendukung short-circuit evaluations (atau evaluasi perbagian), sementara operator & tidak. && akan mengevaluasi pernyataan exp1, dan segera mengembalikan nilai false dan menyatakan bahwa exp1 bernilai false. Jika exp1 bernilai false, operator & tidak akan pernah mengevaluasi exp2 karena hasil operasi operator akan menjadi false tanpa memperhatikan nilai dari exp2.

58 Operator dan Ekspresi Sebaliknya, operator & selalu mengevaluasi kedua nilai dari exp1 dan exp2 sebelum mengembalikan suatu nilai jawaban. Demikian pula dengan operator || dan |.

59 Operator dan Ekspresi

60 Operator dan Ekspresi Operator Kondisi (?:)
Operator kondisi ?: adalah operator ternary. Hal ini berarti bahwa operator ini digunakan dalam tiga bentuk pernyataan kondisional argumen yang digunakan bersama-sama. Struktur pernyataan yang menggunakan operator kondisi adalah, exp1?exp2:exp3 Dimana nilai exp1 adalah suatu pernyataan boolean yang memiliki hasil yang salah satunya harus berupa nilai true atau false. Jika exp1 bernilai true, exp2 merupakan hasil operasi . Jika bernilai false, kemudian exp3 merupakan hasil operasinya.

61 Operator dan Ekspresi

62 Input Dari Keyboard JAVA menyediakan dua peralatan standard untuk melakukan operasi input-output, yaitu: System.in (keyboard) sebagai peralatan input System.out (monitor) sebagai peralatan output

63 Input Dari Keyboard JAVA menyaratkan operasi input-output berada diantara instruksi exception try{ } catch { }, untuk memastikan reliabilitas dari program, sehingga ketika ada hambatan dari peralatan input- output maka program tidak berhenti di tengah jalan menunggu perbaikan peralatan tetapi akan melewati input-output yang bermasalah dengan sebuah kesalahan tertentu yang dinyatakan dalam eksepsi. Jadi, kode dalam try{ } akan mencoba peralatan input-output, bila ada masalah maka eksepsi yang ditulis pada catch { } akan dilaksanakan.ditayangkan

64 Input Dari Keyboard Cara input dari keyboard yang dibahas terdiri dari 2 (dua) yaitu Tanpa menggunakan libraries (dikhususkan pada pembacaan karakter) Menggunakan libraries Input mode console menggunakan paket java.io Input mode visual (GUI) menggunakan paket javax.swing

65 Input Dari Keyboard Tanpa menggunakan libraries (pembacaan karakter)
Cth pembacaan dengan satu karakter : class bacaHuruf { public static void main(String[] args) { char input = (char) -1; try { input = (char) System.in.read(); } catch (Exception e) { System.out.println(“error “ + e);) }}

66 Input Dari Keyboard Menggunakan libraries (1) Input mode console
Mengunakan paket java.io dengan menambahkan import java.io.* sebelum public class utama. Cth class yang dipakai dalam membaca input string new DataInputStream(..) new BufferedReader(new InputStreamReader(..) dll

67 Input Dari Keyboard Input mode visual
Menggunakan libraries (2) Input mode visual Terdapat 2 mode visual yang digunakan yaitu GUI klasik (menggunakan import.java.awt.* dan applet)  awt (abstract window toolkit) GUI modern (menggunakan import.javax.swing.*)

68 Input Dari Keyboard Konversi Input
Input yang masuk melalui keyboard akan selalu dibaca tipe data karakter (char) atau kalimat (string). Untuk mengkonversinya diperlukan kode-kode tertentu yaitu:

69 Input Dari Keyboard String ke int
Misalkan input dari keyboard dinyatakan dengan a, maka int angka = 0; string a = “ ”; angka = Integer.parseInt(a); ii. int angka = 0; angka = Integer.valueOf(a).intValue();

70 Input Dari Keyboard String ke float
Misalkan input dari keyboard dinyatakan dengan a, maka float angka ; string a = “ ”; angka = Float.parseFloat(a); ii. float angka ; angka = Float.valueOf(a).floatValue();

71 Input Dari Keyboard String ke double
Misalkan input dari keyboard dinyatakan dengan a, maka double angka ; string a = “ ”; angka = Double.parseDouble(a); ii. double angka ; angka = Double.valueOf(a).doubleValue();

72 Input Dari Keyboard Java menyediakan dukungan terhadap proses I/O dengan menghadirkan paket java.io.* Proses I/O dilakukan melalui stream Input Stream digunakan untuk membaca data dan output stream untuk menulis data Kemampuan untuk memproses output dalam JAVA dalam bentuk byte atau bytestream diwakili oleh Class abstrak OutputStream, sedangkan input diwakili class InputStream

73 Input Dari Keyboard Apabila memproses data karakter atau disebut character stream seperti string atau bilangan maka JAVA menyediakan class abstrak Reader dan Writer. BufferedInputStream dan BufferedOutputStream menyediakan fungsi buffer dalam proses input dan output untuk mempercepat dan mengefesienkan proses. Kedua class ini biasanya digunakan secara bersamaan dengan implementasi class output dan input stream lain.

74 Input Dari Keyboard import java.io.*; Class Programio { public static void main(String[]args) throws IOException{ System.out.print(“Ketikkan sebuah karakter: “); char a; InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in); BufferedReader br = new BufferedReader(isr); a = (char) br.read(); System.out.println(“Karakter yang diketikkan adalah \” + a + “\”); }}

75 Input Dari Keyboard import java.io.*; Class Programio2 { public static void main(String[]args) throws IOException{ System.out.print(“Type your name: “); String name; InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in); BufferedReader br = new BufferedReader(isr); name = br.readLine(); System.out.println(name + “, you just learn how to input data by keayboard in Java”); }}

76 Input Dari Keyboard import java.io.*; Class Programio3 { public static void main(String[]args) throws IOException{ System.out.print(“Type a number: “); String temp; int bilangan = 0; InputStreamReader isr = new InputStreamReader(System.in); BufferedReader br = new BufferedReader(isr); temp = br.readLine(); // input data dianggap sebagai string try {

77 Input Dari Keyboard //konversi tipe data ke integer bilangan = Integer.parseInt(temp); } Catch (NumberFormatException nfe){ System.out.println(“Data yang diketikkan “+”bukan bilangan bulat”); System.exit(1); } System.out.println(“Bilangan yang diketikkan adalah bilangan “ + bilangan); }}

78 End Of File Terima Kasih


Download ppt "Algoritma & Pemrograman 3"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google