Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pertemuan 10 Teori Permainan
Matakuliah : K0442 – Metode Kuantitatif Tahun : 2005 Versi : 1 / 0 Pertemuan 10 Teori Permainan
2
Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Membandingkan pengambilan keputusan dari situasi-situasi persaingan yang berbeda-beda dan melibatkan 2 atau lebih kepentingan
3
Outline Materi Teori Permainan Strategi Murni Strategi Campuran
4
TEORI PERMAINAN Mencakup situasi dimana beberapa pengambil keputusan yang saling bersaing untuk mencapai hasil terbaik. Jenis situasi permainan Berdasarkan jumlah pemain: permainan 2 - orang (two person game) permainan n - orang (n-person game) Berdasarkan hasil: Jumlah nihil (zero sum game) non-zero sum game
5
Two-person zero-sum game :
Bila pemain 1 memilih strategi 2 dan pemain 2 memilih strategi 2, maka hasilnya + H22 bagi Pemain 1 dan - H22 bagi Pemain 2. Tujuan permainan bagi masing-masing pemain adalah memilih strategi yang memberikan kemungkinan hasil terbaik tanpa memperdulikan tindakan lawan
6
Strategi Murni Setiap pemain dalam permainan memilih sebuah strategi yang sama sebagai strategi optimal Pemain bertahan memilih “minimax” Pemain penyerang memilih “maximin” Keputusan dibuat secara simultan. Contoh : Tersedia dua strategi bagi pemain I dan dua strategi bagi pemain II. Pay off akibat masing – masing pemain memainkan strategi tertentu seperti pada tabel berikut :
7
Dalam bentuk matrik : II I
Strategi yang didominasi dapat dihubungkan dalam proses analisis : Contoh : Dalam bentuk matrik Payoff sbb II I
8
Strategi Campuran Setiap pemain memilih sebuah strategi optimal dan tidak ada titik keseimbangan bila kriteria seperti sebelumnya dipakai :
9
Nilai Harapan keuntungan bagi Pemain 1 :
Pilih S2, Prob = p E(H) = p H2B + (1-p) H3B Pilih SB, maka Pemain 1 Pilih S3, Prob=(1-p) Pilih S2 Prob=p E(H) = p H2C + (1-p) H3C Pilih SC, maka Pemain 1 Bila Pemain 2 (H) = (H) pH2B + (1-p) H3B = p H2C + (1-p) H3C p diperoleh
10
Misalkan suatu permainan memiliki matrik sbb :
Nilai Harapan kerugian bagi Pemain 2 dapat di cari dengan mekanisme yang sama. Contoh : Misalkan suatu permainan memiliki matrik sbb : I II Tentukan strategi apa yang harus dipakai oleh masing – masing pemain serta tentukan pula nilai dari permainan tersebut.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.