Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehUtami Pranata Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
AKOR (chord) DISUSUN OLEH WING W PANDU
2
Pengertian Akor adalah 3 (tiga) nada atau lebih yang dibunyikan secara bersamaan. Hubungan antar nada harus dirasakan suatu bentuk yang harmonis dan mengikat.
3
DALAM SISTEM TANGGA NADA
TANGGA NADA MAYOR TN Tidak Mutlak : ’ TN Mutlak/Absolut : c d e f g a b c’ Jarak Nada : ½ ½ TANGGA NADA MINOR TN Tidak Mutlak : TN Mutlak/Absolut : a b c d e f g a Jarak Nada : ½ ½
4
SUSUNAN AKOR MAYOR Kadensa Nama Nada Jenis Akor I Tonika 1 – 3 – 5
II Super Tonika 2 – 4 – 6 Minor III Median 3 – 5 – 7 IV Sub Dominan 4 – 6 – 1’ V Dominan 5 – 7 – 2’ VI Sub Median 6 – 1 – 3’ VII Leading Not 7 – 2’ – 4’ Diminished
5
SUSUNAN AKOR DALAM TANGGA NADA BERUBAH
TANGGA NADA MAYOR TN Tidak Mutlak : ’ TN Mutlak/Absolut : c d e f g a b c’ Jarak Nada : ½ ½ I - II - III - IV - V - VI - VII C – Dm – Em – F – G – Am – Bdim D – Em – F#m– G – A – Bm – C#dim F – Gm – Am – Bb – C – Dm – Edim G – Am – Bm – C – D - Em – F#dim A – Bm - C#m – D – E – F#m – G#dim E – F#m – G#m – A – B – C#m – D#dim
6
SUSUNAN AKOR MINOR Kadensa Nama Nada Jenis Akor I Tonika 6 – 1 – 3
II Super Tonika 7 – 2 – 4 Diminished III Median 1 – 3 – 5 Mayor IV Sub Dominan 2 – 4 – 6 V Dominan 3 – 5+ – 7 VI Sub Median 4 – 6 – 1’ VII Leading Not 5 – 7 – 2’ Catatan : pada tk.V, nada 5 berubah menjadi 5+
7
I - II - III - IV - V - VI - VII Am – Bdim – C – Dm – E – F – G
SUSUNAN AKOR DALAM TANGGA NADA BERUBAH TANGGA NADA MINOR TN Tidak Mutlak : TN Mutlak/Absolut : a b c d e f g a Jarak Nada : ½ ½ I II III - IV - V - VI - VII Am – Bdim – C – Dm – E – F – G Dm – Edim – F – Gm – A – Bb – C Em – F#dim– G – Am – B – C D Cm – Ddim – Eb – Fm – G – Ab - Bb
8
PERGERAKAN AKOR SEDERHANA
AKOR MAYOR I – IV – I , contoh : C – F – C / G – C - G I – V – I, contoh : C – G – C / G – D - G I – IV – V – I, contoh : C – F – G – C / G – C – D - G I – V – IV – I , contoh : C – G – F – C / G – D – C - G AKOR MINOR I – IV – I , contoh : Am – Dm – Am I – V – I , contoh : Am – E – Am I – IV – V – I , contoh : Am – Dm – E - Am
9
MENERAPKAN CHORD PADA LAGU
Pada lagu ada yang dinamakan KADENSA, yakni perasaan jatuhnya perpindahan akor pada lagu. Untuk mementukan kadensa pada lagu (dalam notasi), dilakukan cara : Nyanyikan terlebih dahulu notasi lagu. Rasakan jatuhnya kadens (perpindahan akor). Biasanya kadens terdapat pada hitungan 1 atau 3 (thesis) dalam setiap biramanya. Akor Tonika (tk. I) selalu menjadi akor pembuka (kadens awal). Lagu selalu ditutup dengan akor Tonika (not terakhir).
10
AKOR SUBSTITUSI Akor – akor Tingkat II , III, VI, dan VII merupakan akor substitusi, yang digunakan untuk memperluas harmoni musik.
11
Beberapa Pola SUBSTITUSI CHORD
I – VI – II – V- I I – II – III – IV - V - I I – II – V – I I – III – IV – V - I I – III – II – V – I I – IV – III – VI – II – V – I I – VII – VI – V – IV – III – II – V – I I – VII – VI – III – IV – V - I I – VII – III – VI – II – V - I
12
Akor yang menjadi jembatan dari Tk I ke Tk. IV.
AKOR DOMINAN SEPTIME Akor yang menjadi jembatan dari Tk I ke Tk. IV. G C I IV G7 I7
13
POLA CHORD DALAM INSTRUMEN MUSIK
X May = 1 – 3 – 5 X May 7 = 1 – 3 – 5 – 7 X May 9 = 1 – 3 – 5 – 7 – 9 X dominant 7 (X 7) = 1 – 3 – 5 – 7(-) X augment (aug) = 1 – 3 – 5(+) X minor = 1 – 3(-) – 5 X m7 = 1 – 3(-) – 5 – 7(-) X diminished (dim) = 1 – 3(-) – 5(-) – 6 X sus = 1 – 4 – 5 X sus 7 = 1 – 4 – 5 – 7(-)
14
ANALISIS CHORD Chord dalam lagu pada umumnya diawali dengan menggunakan akor Tingkat I (tonika), dan diakhiri dengan tingkat I pula. Pada bagian refrain Lagu, ber- modulasi atau perpindahan nada dasar menuju ke Tingkat IV.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.