Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHartanti Harjanti Tedjo Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
,, pembelajaran AKTIF,kreatif, efektif dan menyenangkan di sd unik ambarwati pgsd fip uny
2
Robert J Marzano melakukan penelitian terhadap kemampuan matematika siswa dengan lima skenario.
Keefektifan sekolah dan guru rata-rata Sekolah tidak efektif – guru tidak efektif Sekolah efektif -- guru tidak efektif Sekolah efektif – guru efektif Sekolah tidak efektif – guru efektif Bagaimana hasilnya?
3
Apa yang dapat kita pelajari?
4
Profil guru
5
Diagnosis Sakitnya Pendidik
Kusta : kurang strategi Kurap : kurang persiapan Demmam: ditanya emosi malah menyalahkan murid THT : tukang hitung transfot Hipertensi: hiruk persoalan tentang sertifikasi Kudis : kurang disiplin Asthma : asal masuk Asam urat::asal mengajar kurang akurat Stroke : suka terlambat rupanya kebiasaan Batuk : banyak alasan tidak masuk Mabok : mau bekerja untuk kepala
7
Guru ideal????
9
DO YOU KNOW ? * Jumlah sel otak manusia : 200 milyar,
Otak dapat mengingat 100 milyar bit informasi (= 500 ensiklopedia), Kecepatan berpikir > 300 mil/jam > kereta tercepat, Rata2 jumlah pikiran manusia dalam 24 jam adalah 4000. * Hasil penelitian Prof. Isaac Asimov dalam buku The Brain
10
Penelitianmenunjukkan bahwa siswa mendengarkan tanpa berpikir rata-rata kata per menit. Didalam kelas siswa tidak memperhatikan kurang lebih 40% dari waktu yang tersdia, 70% memperhatikan 10 menit pertama, 20% YANG BERTAHAN SAMPAI MENIT TERAKHIR
11
Perhatikan Pernyataan Ini
Yang saya dengar, saya lupa. Yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit. Yang saya dengar, lihat, dan tanyakan atau diskusikan dengan beberapa teman lain, saya mulai pahami. Yang saya dengar, lihat, dan diskusikan, serta lakukan, saya memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Yang saya ajarkan kepada orang lain, saya kuasai.
12
You can tell students what they need to know very fast But they will forget what you tell them even faster
13
Jenis Keterlibatan Siswa dan Tingkat “Retensi”
Yang Diingat Tingkat Keterlibatan 10% Baca Verbal 20% Dengarkan 30% Lihat Gambar/ Diagram Lihat Video/Film Visual Lihat Demonstrasi 50% Terlibat dalam Diskusi 70% Menyajikan/Presentasi Terlibat 90% Bermain Peran Melakukan Simulasi Berbuat Mengerjakan Hal yang Nyata
14
MENGAPA PERLU PEMBELAJARAN KREATIF ?
Karena banyak masalah di dunia pendidikan yang “tidak standar”
15
Quote Didiklah dan persiapkanlah anak-anakmu untuk suatu zaman yang bukan zamanmu (Ali Bin Abi Thalib)
16
Kompetensi Masa Depan Kemampuan berkomunikasi.
Kemampuan berpikir jernih dan kritis. Kemampuan mempertimbangkan segi moral suatu permasalahan. Kemampuan menjadi warga negara yang bertanggungjawab. Kemampuan mencoba untuk mengerti dan toleran terhadap pandangan yang berbeda. Kemampuan hidup dalam masyarakat yang mengglobal. Memiliki minat luas dalam kehidupan. Memiliki kesiapan untuk bekerja. Memiliki kecerdasan sesuai dengan bakat/minatnya. Memiliki rasa tanggungjawab terhadap lingkungan.
17
diskusi Komponen Pembelajaran
Video PAKEM Komponen Pembelajaran Hal –hal yang sudah dilakukan dalam pembelajaran selama ini Kegiatan Siswa a. ...., b. …… Kegiatan Guru a. ….., b. …… Interaksi antar siswa a , b. …… Interaksi siswa dengan guru Bentuk tugas yang dikerjakan siswa Sumber belajar yang digunakan Pemberian kesempatan yang sama antara siswa laki-laki dan perempuan Bentuk motivasi yang diberikan guru kepada siswa a. ….., b Aspek karakter yang dikembangkan (kemandirian, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, kepercayaan diri)
18
Contoh Proses Pembelajaran
Aspek PAKEM Contoh Proses Pembelajaran Contoh Kegiatan Aktif melakukan diskusi membuat pernyataan melakukan simulasi (bermain peran) mengukur melakukan pengamatan Kreatif mendesain model sendiri menghasilkan karya yang berbeda menyelasaikan masalah membuat pertanyaan Efektif kegiatan pembelajaran ditujukan untuk mencapai tujuan pembelajaran pemilihan media, strategi, pengelolaan kelas dan sumber sesuai dengan kebutuhan siswa dan atau tujuan pembelajaran siswa mempunyai kesempatan untuk menunjukkan pemahaman Menyenangkan menyelesaikan tugas dalam kelompok mengunakan permainan untuk pemahman dan penguatan konsep melakukan kegiatan bermakna bagi siswa menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.