Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wawan Laksito YS, S.Si, M.Kom

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wawan Laksito YS, S.Si, M.Kom"— Transcript presentasi:

1 romi@romisatriawahono.net Wawan Laksito YS, S.Si, M.Kom
Object-Oriented Programming Proposal Penelitian Wawan Laksito YS, S.Si, M.Kom

2 Apa ? Proposal merupakan suatu rencana kerja tertulis yang disusun secara sistematis, Proposal adalah garis besar (outline) yang menjelaskan 5 tentang siapa (who), apa (what) mengapa (why), bagaimana (how), dimana (where), kapan (when), dan untuk siapa (for whom), penelitian tersebut akan dilaksanakan.

3 Sistematika Proposal Halaman Judul Halaman Persetujuan Judul Proposal
Latar Belakang Rumusan Masalah Batasan/Cakupan Masalah Tujuan Penelitian Manfaat Penelitian Metoda Penelitian Landasan Teori / Tinjauan Pustaka Kerangka Pikir Waktu Pelaksanaan Daftar Pustaka

4 Latar Belakang Masalah
Object-Oriented Programming Latar Belakang Masalah Lihat kembali materi Masalah Penelitian Kemukakan argumentasi pentingnya masalah tersebut diteliti. Misalnya anda meneliti dengan tema SPK penentuan penerima beasiswa menggunakan metoda “x”, jelaskan kondisi yang sedang terjadi sehingga perlu dibuat SPK Jelaskan mengapa anda memilih metoda x, alasannya dikaitkan dengan sifat masalah yang akan diselesaikan.

5 Lihat kembali materi Masalah Penelitian
Object-Oriented Programming Rumusan Masalah Lihat kembali materi Masalah Penelitian Perumusan masalah pada intinya berisi pokok-pokok pikiran tentang masalah yang ada – yang telah diuraikan pada bagian alasan pemilihan judul atau latar belakang masalah. Rumusan masalah biasanya berupa kalimat tanya. (research question) Rumusan masalah harus jelas dan tegas disertai dengan pendekatan dan konsep untuk menjawab permasalahan.

6 Batasan/Ruang Lingkup Penelitian
Object-Oriented Programming Batasan/Ruang Lingkup Penelitian Perlu ditetapkan ruang lingkup penelitian, difinisi operasional, dan asumsi-asumsi. Contoh : Bagian/unit pengguna sistem dan sistem-sistem lain terlibat. Variabel-variabel yang diteliti. Jika perlu disebutkan variabel-variabel yang diasumsikan tidak berpengaruh sehingga tidak masuk dalam penelitian.

7 Object-Oriented Programming Tujuan Penelitian Kemukakan dengan mendasarkan pada permasalahan yang dikemukakan Tujuan akan berfungsi sebagai alat untuk mengukur relevansi dari setiap kajian atau analisis yang terdapat pada bagian pokok penelitian. Tujuan harus menjelaskan secara spesifik mengenai hal-hal yang hendak dicapai, ketercapaian tujuan harus terukur. Bila perlu dimulai dari tujuan umum selanjutnya dirinci dalam tujuan-tujuan spesifik (khusus). Tujuan penelitian secara analisis akan mengarah pada penarikan kesimpulan.

8 Object-Oriented Programming Manfaat Penelitian Manfaat penelitian adalah outcome penelitian setelah tujuan penelitian tercapai. Manfaat penelitian bisa berupa kontribusi keilmuan bagi author dan akademi (penelitian lanjutan) ataupun kontribusi penyelesaiaan masalah-masalah praktis yang ada di masyarakat atau lembaga subyek penelitian.

9 Object-Oriented Programming Metoda Penelitian Metoda penelitian berisi tatacara pelaksanaan penelitian, prosedur dan teknik penelitian. Urian meliputi variabel dalam penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan dan analisi data, cara penafsiran hasil penelitian dan indikator keberhasilan.

10 Contoh isi metoda penelitian Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur
Jenis Data dan Cara Pengambilan Data Analisis Sistem (menggunakan Diagram Alir Dokumen) Perancangan Sistem: Contex Diagram Hirarki Input Proses Output (HIPO) Data Flow Diagram (DFD) Desain Database Desain Logika (ERD) Desain Fisik (struktir tabel dan DBMS) Desain Input dan Output Pengembangan ( coding menggunakan bahasa pemrograman) Pengujian Uji Fungsionalitas (menggunakan Metoda Blackbox) Uji Validitas Uji Kelayakan (opsional) Lihat refferensi : Rosa A. S ; M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek, Penerbit Informatika, Bandung, 2013

11 Contoh isi metoda penelitian Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek
Jenis Data dan Cara Pengambilan Data Analisis Sistem (menggunakan Diagram Alir Dokumen) Perancangan Sistem: Use case Diagram Kelas Diagram Objek Diagram Sekuen Diagram Komunikasi Diagram Status Diagram Aktivitas Diagram komponen Diagram deployment Pengembangan ( coding menggunakan bahasa pemrograman) Pengujian Uji Fungsionalitas (menggunakan Metoda Blackbox) Uji Validitas Uji Kelayakan (opsional) Lihat refferensi : Rosa A. S ; M. Shalahudin, Rekayasa Perangkat Lunak : Terstruktur dan Berorientasi Objek, Penerbit Informatika, Bandung, 2013

12 Contoh isi metoda penelitian Rekayasa Perangkat Lunak Multimedia
1. Concept 2. Design (Storyboard) 3. Material Collecting 4. Assembly 5. Testing 6. Distribution

13 Landasan Teori / Tinjauan Pustaka
Object-Oriented Programming Landasan Teori / Tinjauan Pustaka Berisi uraian sistematis mengenai teori-teori dan hasil penelitian yang relevan. Dijelaskan variabel yang diteliti dengan difinisi yang lengkap dan mendalam. Juga dijelaskan teori-teori yang dipakai untuk penyelesaian masalah. Bersumber dari buku refferensi dan atau hasil penelitian terdahulu.

14 Manfaat Landasan Teori
Memperdalam pengetahuan tentang bidang yang diteliti Mengetahui hasil penelitian yang berhubungan dan yang sudah pernah dilaksanakan (Related Research) Mengetahui perkembangan ilmu pada bidang yang kita pilih (state-of-the-art) Memperjelas masalah penelitian

15 Pengambilan Catatan (Citation)
Citation atau sitasi adalah penggunaan referensi di teks atau naskah tulisan ilmiah Penulisan sitasi tergantung dari standard (style) penulisan referensi yang digunakan

16 Jenis Citation Kutipan (Quotation): Kata-kata yang diambil persis sama dengan apa yang dituliskan (tanpa perubahan). Ditulis dalam tanda kutip Paraphrase: Menyusun kembali pemikiran penulis dan mengungkapkannya dengan kata-kata sendiri Ringkasan: Sari dari suatu tulisan Evaluasi: Interpretasi dalam bentuk komentar, baik setuju atau tidak dengan menyebutkan alasannya (Beast & Kohn, 1998)

17 Mengutip Kutipan Orang Lain
Mengutip dari hasil rangkuman dan kutipan yang dilakukan orang lain di buku atau papernya. Definisi logika fuzzy menurut Lotfie Zadeh dalam Suyanto (Suyanto, 2009) adalah: blablabla Jangan terlalu banyak dilakukan kecuali dalam keadaan: Kita tidak bisa mengakses publikasi asli Bahasa asli publikasi bukan bahasa inggris (sulit dipahami) Terlalu banyak melakukan akan membuat orang lain menyebut kita “peneliti malas”

18 Penulisan Citation (APA)
Teks (Nama Keluarga Penulis, Tahun Terbit) Model motivasi komunitas efektif diterapkan pada implementasi eLearning publik (Wahono, 2007) (satu penulis) Model komunikasi multiagent system mengacu pada konsep game theory (Wahono & Far, 2003) (dua penulis) Model komunikasi multiagent system mengacu pada konsep game theory (Wahono et al., 2003) (lebih dari 6 penulis) Teks (Tahun Terbit) Penelitian yang dilakukan Wahono menunjukkan bahwa model motivasi komunitas efektif diterapkan pada implementasi eLearning publik (2007) Penelitian yang dilakukan Wahono dan Far menunjukkan bahwa model komunikasi multiagent system mengacu pada konsep game theory (2003)

19 Object-Oriented Programming Kerangka Pikir Uraikan mengenai bagaimana gambaran alur pikir penelitian dalam memberikan penjelasan mengapa timbul pemikiran yang diuraikan dalam tema penelitian. Kerangka pemikiran merupakan penjelasan sementara terhadap gejala yang menjadi objek permasalahan. Kerangka pikir digambarkan dalam bentuk bagan/diagram Contoh : silakan dilihat di pelaporan skripsi/Proyek akhir di perpustakaan

20 Object-Oriented Programming Waktu Pelaksanaan Buat Skedule pelaksanaan mulai dari perijinan, pengambilan data, analisa data/pembuatan program, pelaporan Skedule dalam bentuk Gant chart.

21 Daftar Pustaka Ditulis daftar semua sumber-sumber bacaan atau kepustakaan yang dipakai dalam penelitian.

22 Penulisan Referensi (APA) -1-
JURNAL DAN KARYA ILMIAH Wahono, R.S. (2007, Agustus). Sistem eLearning Berbasis Model Motivasi Komunitas, Jurnal Teknodik , No. 21 Vol. XI, pp (satu penulis) Wahono, R.S. & Far, B.H (2003, August). Cognitive-Decision-Making Issues for Software Agents, Kluwer journal of Brain and Mind , Vol. 4 No. 2, pp (dua penulis) Wahono, R.S. et al. (2002, March). A Framework for Object Identification and Refinement Process, IEEE Transaction on Software Engineering, Vol. 12 No 4, pp (lebih dari enam penulis)

23 Penulisan Referensi (APA) -2-
BUKU Wahono, R.S. (2004). Cepat Mahir Bahasa C, Jakarta: Elex Media Komputindo. (Satu penulis) Wahono, R.S. & Amri, M.C (2006). Migrasi Windows-Linux, Jakarta:IlmuKomputer.Com. (dua penulis) Wahono, R.S. et al. (2007). Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran, Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Depdiknas. (lebih dari enam penulis)

24 Penulisan Referensi (APA) -3-
TESIS DAN DISERTASI Wahono, R.S. (1999). Distributed Knowledge Based System for Automatic Object-Oriented Software Design Development. B.Eng Dissertation, Saitama University, Saitama- Japan. ARTIKEL DI INTERNET Wahono, R.S. (2008). Pengembangan Konten di Era Web 2.0. Diambil 5 Mei 2008, dari bangan-konten-di-era-web-20/

25 Selamat Bekerja


Download ppt "Wawan Laksito YS, S.Si, M.Kom"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google