Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER"— Transcript presentasi:

1 DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER
PERTEMUAN 13 DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER

2 Komputer Sebagai Elemen SI
Mainframe Komputer dalam ukuran besar. Telah ada sejak awal Adalah tulang punggung pengolahan data organisasi besar Supercomputer Lebih besar dan lebih penuh daya dr Mainframe Terutama digunakan untuk perhitungan ilmiah PC, Microcomputer, workstation, laptop.

3 Central Processing Unit
Arsitektur Komputer Gambar Skema Komputer Central Processing Unit (CPU) Unit Pengendali Data Input Informasi Output Unit Penyimpanan primer Arithmetic and Logic unit Unit Penyimpanan sekunder

4 Arsitektur Komputer Skema komputer terdiri dari:
Input : memasukkan data ke penyimpanan primer CPU : mengendalikan semua unit sistem komputer lain dan mengubah input menjadi output Unit Pengendali : membuat semua unit bekerja sama sbg satu sistem

5 Arsitektur Komputer Skema komputer terdiri dari:
Penyimpanan primer : berisi data yang diolah dan program² ALU : tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan logika (processor) Penyimpanan sekunder : menyimpan program dan data ketika tidak digunakan (Database) Unit Output : hasil pengolahan

6 Penyimpanan Primer Magnetic core : material penyimpanan menggunakan logam² kecil dan magnet Integrated circuit : penyimpanan sekarang Bit : posisi penyimpanan elektronik, nyala atau mati Byte : kombinasi dari bit (satu karakter) Kilobyte (KB), Megabyte (MB)

7 Penyimpanan Primer Bentuk² penyimpanan primer:
RAM (Random Access Memory) Untuk menyimpan perangkat lunak dan data. mudah hilang bila daya listrik mati. Read-only memory Dapat dibaca, tetapi tidak dapat ditulisi. Tidak mudah hilang.

8 Penyimpanan Primer Bentuk² penyimpanan primer: Cache Memory
Perpindahan instruksi program dan data antara penyimpanan primer dan prosesor dengan kecepatan sangat tinggi

9 Unit Input Cara menginput data : Keyboard Alat Penunjuk Mouse
Trackball Touchscreen Lightpen Unit remote control

10 Unit Input Cara menginput data : 3. Alat input Otomasi Data Sumber
Alat pembaca Optis (Scanner, barcode) Alat Pembaca Magnetis (pensil 2B) 4. Alat pengenal Suara

11 Unit Output Output Tampilan Output Cetakan, merupakan keharusan jika:
Informasi harus dikirim melalui pos (faktur, tagihan) Catatan historis diperlukan Jumlah Output relatif banyak Beberapa orang harus menggunakan informasi yang sama pada waktu yang sama

12 Unit Output Output Suara Plotter (output grafik) Microfilm

13 Perangkat Lunak Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Tiga jenis System Software : Sistem Operasi, Program Utility Penerjemah bahasa komputer (bahasa program)

14 Perangkat Lunak Perangkat Lunak Aplikasi Memproses data perusahaan.
Bisa didapat dari: Membuat program sendiri Membeli paket jadi.

15 Meminimumkan Kesalahan Input
Perangkat lunak dirancang untuk mengurangi kesalahan dengan menyediakan pencegahan, pendeteksian, dan perbaikan atas kesalahan. Pencegahan Kesalahan layar input dirancang agar data tertentu tidak dapat diubah secara tidak sengaja pemakai dapat membatalkan perintah dengan menekan tombol tertentu, misal : Escape

16 Meminimumkan Kesalahan Input
Pendeteksian Kesalahan Menyediakan edit routine yang mendeteksi pemasukan jenis data yang salah Perbaikan kesalahan Menyediakan kemampuan edit isi record data Memiliki perintah undo

17 Multimedia Multimedia adalah suatu sistem yang memungkinkan pemakai komputer memperoleh informasi dalam bentuk dimensi, foto, video, animasi dan suara Sistem Multimedia Input Multimedia Gambar visual dimasukkan ke sistem dari perangkat lunak, yang menyatukan fotografi digital, kamera video, pita dan piringan video, dan scanner optis 2. Output Multimedia Ditampilkan di layar komputer dan monitor televisi. Output video dapat disediakan oleh output suara, stereo dan headphone.

18 Multimedia Aplikasi Multimedia Dalam Bisnis Aplikasi SIA
Pada laporan akuntansi disertakan tambahan komentar audio, penjelasan, atau saran Aplikasi MIS dan DSS Grafik 3 dimensi dapat digunakan untuk menampilkan model dalam bentuk grafis, suara dan animasi untuk menunjukkan aktivitas suatu model yang dinamis Aplikasi Kantor Virtual - Workgroup Computing - Desktop Video Conferencing Sistem Berbasis Pengetahuan Tampilan visual dilengkapi audio membantu pemakai dalam membuat input, dan menerjemahkan output

19 Multimedia Langkah² Mengembangkan Sistem Multimedia:
Mendefinisikan masalah Merancang Konsep Merancang isi Menulis naskah Merancang grafik Memproduksi sistem


Download ppt "DASAR-DASAR PROSES KOMPUTER"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google