Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A"— Transcript presentasi:

1 Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A
FLOWCHART Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A

2 Definisi Flowchart Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Setiap simbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan garis penghubung.

3 Flowchart yang menggambarkan proses dengan komputer dibagi menjadi dua, yaitu :
System Flowchart Program Flowchart

4 System Flowchart Bagan yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file dalam media tertentu. System Flowchart menggambarkan : Hubungan antar suatu file dengan file lainnya Media yang dipakai untuk setiap file

5 Program Flowchart Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program. FLOWCHART (Diagram Alur) Langkah awal pembuatan program Urutan proses di program menjadi lebih jelas

6 Kaidah Umum Pembuatan Flowchart
Tidak ada rumus/patokan yang bersifat mutlak. Merupakan gambaran hasil pemikiran dalam menganalisa suatu masalah dengan komputer. Secara garis besar terdiri dari 3 bagian utama, yaitu : Input Proses Pengolahan Output

7 Urutan dasar pemecahan suatu masalah :
START READ PROSES WRITE END

8 Beberapa anjuran dalam membuat Flowchart :
Hindari pengulangan proses yang tidak perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat Jalannya proses digambarkan dari atas ke bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas Sebuah flowchart diawali dari satu titik START dan diakhiri dengan END

9 Simbol-Simbol Flowchart
Dipakai sebagai alat bantu menggambarkan proses di dalam program. Dibagi menjadi tiga kelompok : FLOW DIRECTION SYMBOLS PROCESSING SYMBOLS INPUT-OUTPUT SYMBOLS

10 A. FLOW DIRECTION SYMBOLS
Dipakai untuk menggabungkan antara simbol yang satu dengan simbol yang lainnya. Symbol Off-Line Connector : Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang LAIN. Symbol Connector : Simbol untuk keluar/masuk prosedur atau proses dalam lembar/halaman yang SAMA.

11 B. PROCESSING SYMBOLS Menunjukkan jenis operasi pengolahan dalam suatu prosedur. Symbol Process : Simbol yang menunjukkan pengolahan yang dilakukan oleh komputer. Symbol Manual Operation : Simbol yang menunjukkan pengolahan yang tidak dilakukan komputer. Symbol Decision : Simbol untuk kondisi yang akan menghasilkan beberapa kemungkinan jawaban/aksi.

12 Symbol Predefined Process : Simbol untuk mempersiapkan penyimpanan yang akan digunakan sebagai tempat pengolahan di dalam storage. Symbol Terminal : Simbol untuk permulaan atau akhir dari suatu program. Symbol Manual Input : Simbol untuk pemasukan data secara manual.

13 C. INPUT – OUTPUT SYMBOLS
Menyatakan jenis peralatan yang digunakan sebagai media input atau output. Symbol Input-Output : Simbol yang menyatakan proses input dan output tanpa tergantung dengan jenis peralatannya. Symbol Punched Card : Simbol yang menyatakan input berasal dari kartu, atau output dituliskan ke kartu. Symbol Magnetic Tape Unit : Simbol yang menyatakan input berasal dari pita magnetik, atau output dituliskan ke pita magnetik.

14 Symbol Display : Simbol yang menyatakan peralatan output yang digunakan yaitu layar, plotter, printer, dsb. Symbol Document : Simbol yang menyatakan input berasal dari dokumen dalam bentuk kertas, atau output dicetak ke kertas.

15 VARIABEL Variabel adalah : Besaran yang dapat berubah- ubah harganya.
Jenis-jenis variabel : Numerik / Bilangan Harus diawali huruf Diikuti dengan huruf/angka/symbol Tidak boleh ada spasi Contoh : A, A123, Angka String Syarat penamaan sama dengan numerik (untuk membedakan biasanya diakhiri dengan $) Contoh : A$, Nama$

16 Memberi harga kepada variabel :
Dengan Kotak Proses

17 Dengan perintah baca (read)
BACA A Contoh Soal : buat diagram alur yang digunakan untuk menghitung dan mencetak luas dan keliling lingkaran yang diketahui jari-jarinya (luas = 3,14 * r^2, keliling = 2* 3,14*r); r = jari – jari. buat diagram alur untuk merubah suhu dari Fahrenheit ke derajat celcius dan raemur (celcius = 5/9 (f-32); reamur = 4/9(f-32)); f= Fahrenheit.


Download ppt "Sindy Nova Algoritma dan Pemrograman 1A"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google