Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pembelajaran Berbasis
bb ME DIA SEDERHANA Drs. Faried Wadjdi, M.Pd.,MM
2
Kelemahan Mahasiswa pada PPL
Penguasaan Kelas Suaranya terlalu kecil Medianya kurang baik Metode tidak menarik Kurang interaksi Suasana kelas kurangkonduksif Kurang memperhatikan gaya belajar siswa Pembuatan RPP
3
RPP Satuan Pendidikan : Kelas : Mata Pelajaran : Alokasi Waktu:
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Tujuan Pembelajaran Materi Pembelajaran Metode Pembelajaran
4
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan Kegiatan Inti Explorasi : bertanya sepengetahuansiswa, menjelaskan materi Elaborasi : Guru memberikan penugasan (LKS) Konfirmasi : Siswa membandingkan hasil diskusinya dengan siswa yang telah menyampaikan didepan kelas, dan membuat kesimpulan Kegiatan Penutup Sumber Belajar
5
Penilaian Tekniknya : Tugas Individu Bentuk Instrumen : Tes Tertulis
Kunci Jawaban
6
TARGET DALAM PEMBELAJARAN
HASIL HARAPAN PERENCANAAN
7
MASALAH HARAPAN HASIL KECEWA
8
SESUAI RENCANA HARAPAN HASIL KENYATAAN
9
KEPUASAN REKAYASA/INOVASI HARAPAN HASIL LUAR BIASA
10
Gaya Belajar Auditorial: Visual : Kinestetik:
11
Hati-hati MEDIA MONOTON ATAU KURANG VARIASI
12
Konsentrasi Terganggu
Efeknya Siswa tidak Fokus Siswa Ngobrol Fikiran Di luar Kelas Konsentrasi Terganggu Hasil Belajar Menurun
13
Solusinya Gunakan media
14
“Tidak ada satu jenis media yang
cocok atau tepat untuk menyajikan semua materi pelajaran”
15
Apa itu Media? Segala bentuk untuk menyalurkan informasi (AECT, 1977)
Perlengkapan yang digunakan untuk memperjelas pesan dan memungkinkan terjadinya interaksi antara siswa dengan pesan (Anderson, 1977)
17
KEMAMPUAN DAYA SERAP INDRA
AUDITORI DENGAR VISUAL LIHAT 11% 83% TASTE RASA 1% OLFACTORI CIUM 3,5% TOUCH SENTUH 1,5%
18
Sumber Beajar Siswa belajar dengan alam menggunakan komputer
laboratorium bengkel perpustakaan belajar metode presentasi belajar di taman Sekolah belajar entrepreneur kunjunan musium kerajin membatik
19
Pengelompokan Media Media tiga dimensi Media cetak Non cetak
Benda Asli Benda Tiruan Media cetak Non cetak Elektronik (e-book) dan non elektronik Sengaja dirancang dan yang dimanfaatkan Besar dan kecil (biaya) dll
20
A. Media Tiga Dimensi Media Asli (objek Nyata)
membawa objek kedalam kelas Membawa sampel ke dalam kelas membawa siswa ke objek di luar kelas Studi lapangan, karyawisata
21
TAHAP-TAHAP PEMANFAATAN BENDA ASLI
Menyiapkan Diri Sendiri Menyiapkan Lingkungan dan Perlengkapan Menyiapkan Siswa Menyiapkan Media Menyiapkan kegiatan tindak lanjut Menyiapkan Evaluasi
22
1. Menyiapkan Sendiri Tugas; Siswa merobah posisi meletakan kardus
Siswa menuliskan p untuk panjang benda dst
23
Siswa menyatakan p bagian yang panjang dari benda
l p Siswa menyatakan p bagian yang panjang dari benda
24
Mengukur Tinggi Tiang Bendera
Klinometer Pipa paralon Busur Pemberat
25
Sudut Elevasi Jarak
26
Pecahan Tutup botol minuman 1 bagian
27
2. Media Grafis Bagan Menunjukan hubungan keterkaitan satu dengan yang lainnya
28
MEDIA DIRANCANG & DIGUNAKAN
29
Objek Terlalu Cepat
30
Objek Terlalu Lambat
31
2. Menyiapkan Lingkungan & Perlengkapan
Melihat Objek Terlalu Kecil
33
3. Menyiapkan Siswa Gaya Belajar
34
4. Menyiapkan Media
35
5. Menyiapkan Kegitan Tindak Lanjut
36
6. Menyiapkan Evaluasi
37
Langkah Pemanfaatan Benda Asli
Menetapkan tujuan secara jelas. Merumuskan tujuan perilaku khusus secara tepat Memilih alat pembelajaran untuk mencapai tujuan yang ditetapkan sebelumnya, dan mengetahui karakteristik siswa secara tepat. Menyusun perencanaan pelajaran Melaksanakan penyajian pembelajaran yang berpusat pada keterlibatan siswa & dikombinasikan dgn media. Melakukan kegiatan tindak lanjut Melaksanakan Evaluasi
38
B. MEDIA CETAK Buku paket Modul LKS Brosur Leaflet Gambar (foto)
39
a. Grafik Grafik Garis Perolehan Hasil Belajar
40
Grafik Batang Grafik Batang
Perolehan Hasil Belajar
41
Grafik Lingkaran Perolehan Hasil Belajar
42
b. Poster Harus sesuai dengan tema yang diajarkan Tema; Narkoba
43
c. Media Foto Keaslian bentuk akan tampak jelas
Harus sesuai dengan tema Tema; Peninggalan Sejarah
44
d. Flipchart Lembaran-lembaran kertas yang menyerupai album
45
C. Media Non Cetak Audio : Tipe Recorder
Visual gerak : film bisu Proyeksi audio visual diam) Audio visual gerak : film gerak bersuara, VCD, televisi Obyek fisik : benda nyata, model, spesimen Manusia & lingk. : guru, pustakawan, laboran Komputer : CAI (pembelajaran berbantuan komputer), CBI (pembelajaran berbasis komputer)
46
Aplikasi Pemanfaatan Komputer
Komputer sebagai objek pembelajaran · Komputer sebagai media pembelajaran · Komputer mengasah Logical Thinking
48
Kenapa Menggunakan Media
Efektif Efesien Memotivasi siswa Memperjelas pemahaman membangkitkan keinginan dan minat baru Memberikan informasi secara konsisten Siswa dapat langsung berinteraksi
49
Media Sederhana Memanfaatkan yang ada dilingkungan siswa dalam bentuk objek nyata mudah dibuat bahannya mudah diperoleh mudah digunakan, serta harganya lebih murah
50
D. Media Elektronik Diproyeksikan
OHP (Overhead Projector) Projector head Focus Control Tempat Transparan Lensa fresnel
51
Cara Menunjuk di OHP Gunakan ujung yang runcing (pensil) Menggunakan
Buatlah dengan karton/kayu yang pipih seperti ini
52
LCD (Liquid Crystal Display)
53
PENGGUNAAN KOMPUTER Optimalkan penggunaan powerpoin
Gunakan CD Pembelajaran
54
Gunakan animasi, dan batasi efektransisi
55
Penunjukan Pengaturan Slide Mouse Leiser Pointer Laser Presenter
Gunakan kursor Pengaturan Slide Leiser Pointer Mouse Laser Presenter
56
15 mm 60 poin UKURAN HURUF (15-20)m (10-15) m 10 mm 40 poin
Jarak Audien dengan layar Ukuran Huruf Ukuran font 10 m 5 mm 20 poin (10-15) m 10 mm 40 poin (15-20)m 15 mm 60 poin
57
Jenis Huruf yang Digunakan
Mudah Di Baca (Gill Sans MT) MUDAH DI BACA (Trebuchet MS) MUDAH DI BACA (verdana) Mudah Di Baca (arial)
58
KETEGASAN ARSIR WARNA GARIS BAWAH PERBESARAN
TEKNIK MEMBERI PENEKANAN PADA BAGIAN TERTENTU WARNA GARIS BAWAH PERBESARAN ARSIR
59
Hasil Penggunaan Indera
15 % 55 % 90 %
60
Hasil Penggunaan Indera
90 %
61
Terima kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.