Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehWidyawati Liana Budiaman Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Panduan Merancang Interface
2
Panduan umum merancang antarmuka perangkat lunak antara lain :
Cocok dengan tugas Mudah digunakan Dapat disesuaikan dengan pemakaian tingkat pengguna Mampu menyediakan umpan balik Layar informasi sebuah format,dan satu ruangan cocok dengan sisitem Mengikuti prinsip-prinsip ergonomic
3
Secara lebih detail panduan merancang IMK adalah sebagai berikut :
Konsistensi – internal, eksternal dan dunia nyata Kesesuaian dwengan harapan pengguna Fleksibel dan terkontrol Susunan yang benar Umpan balik yang informative dan berkesinambungan Pencegahan dan perbaikan kesalahan Dukungan dan dokumentasi pemakai Kejelasan visual secara lojik dan relevan
4
Pertimbangan lainnya yaitu :
Kemampuan Navigasi Kesederhanaan Tekanan/perhatian Font Types
5
Ada beberapa metode dan proses perancangan sebuah interface :
User Friendly/Menarik a. Mempunyai jiwa seni. Pada dasarnya, setiap orang memiliki jiwa seni. Hanya saja ada yang mengembangkannya dan ada juga yang tidak. Oleh karena itu, untuk membuat hasil interface yang menarik, kita harus dapat mengembangkan jiwa seni yang telah kita miliki.
6
b. Mengerti yang diinginkan user secara umum
b. Mengerti yang diinginkan user secara umum. Sebagai seorang perancang system, kita harus dapat mengerti apa yang diinginkan oleh user secara umum. Maksudnya adalah mengerti gambaran umum dari suatu tampilan yang tidak hanya menarik, tetapi juga mudah digunakan oleh user. Misalnya, tata letak keyboard QWERTY. Tata letak keyboard ini sudah sangat umum, jadi user sudah sangat familiar dan dapat menerimanya dengan baik.
7
c. Implementasi hasil rancangan
c. Implementasi hasil rancangan. Setelah membuat rancangan interfacenya, kita harus dapat mengimplementasikan hasil rancangan kita kepada user. sehingga kita dapat mengetahui apakah user sudah puas dengan hasil rancangan kita, atau ada yang perlu ditambahkan lagi.
8
2. Cara Dokumentasi Ada beberapa cara, untuk mendokumentasikan hasil rancangan kita, diantaranya sebagai berikut: a. Cara Dokumentasi Ada beberapa cara, untuk mendokumentasikan hasil rancangan kita, diantaranya sebagai berikut:
9
b. Prototype Software aplikasi yang digunakan perancang system untuk membuat design awal yang akan ditunjukan kepada user. Biasanya, dalam bentuk Graphical User Interface (GUI). c. Tertulis Merupakan keterangan berupa textual yang merupakan penjelasan dari rancangan yang telah kita buat. d. CASE (Computer Audit Software Engineering)
10
3. Cara Pendekatan Perancangan Interface Ada 2 cara pendekatan dalam perancangan interface:
a. User-Centured Design Melibatkan user secara langsung baik user yang sudah mengerti/berpengalaman ataupun user yang belum mengerti sama sekali. Kesulitannya adalah diskusi mengenai rancangan yang akan di buat tidak selesai-selesai, karena permintaan user yang terlalu banyak.
11
b. User-Design Approach Memberikan kesempatan kepada user untuk membuat rancangan awalnya sendiri. Biasanya, user sudah berpengalaman. Kesulitannya adalah pada saat coding. Karena, perancang tidak membuat sendiri design awalnya, maka dia akan mengalami kesulitan pada saat pengkodean.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.