Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Pewarisan (Inheritance)
2
Tujuan Di akhir pertemuan, mahasiswa diharapkan :
Memahami konsep pewarisan (inheritance) secara umum Mampu mengimplementasikan pewarisan dengan Java
3
Deskripsi Pewarisan Pewarisan merupakan mekanisme/cara membuat kelas baru dari kelas yang sudah ada. Kelas yang sudah ada superclass Kelas turunan subclass Superclass bersifat lebih UMUM dari subclass Subclass akan mewarisi sifat-sifat dari superclass. (Sifat : variabel & method) Keyword : extends
4
Contoh Pewarisan superclass subclass Bentuk Dua Dimensi Lingkaran
Bujursangkar Tiga Dimensi Bola Kubus superclass subclass
5
Bagaimana membuat kelas B dari kelas A?
Bagaimana caranya? A - varA + getA() + setA(int a) A B C Bagaimana membuat kelas B dari kelas A?
6
Pemanggilan Constructor pada Pewarisan
Dalam hirarki pewarisan, pemanggilan constructor saat pembuatan objek akan dilakukan berurutan. Urutan pertama adalah kelas paling atas, kemudian ke turunannya, dst.
7
Contoh C c = new C(); A Output : Constructor A +constructor
Constructor B Constructor C A +constructor B +constructor C +constructor
8
Kelas A
9
Kelas B & C Kelas B Kelas C
10
Overriding Method Override vs Overload
Override mendefinisikan method di kelas turunan yang nama dan daftar parameternya sama dengan method di kelas induk.
11
Contoh Overriding Method
Manusia +printData Mahasiswa +printData MhsReguler +printData
12
Kelas Manusia
13
Kelas Mahasiswa & MhsReguler
14
Latihan 1 Untuk kelas Bentuk :
getWarna adl method yang akan mengembalikan nilai variabel warna setWarna adl method untuk mengubah nilai variabel warna printInfo adl method yang akan menuliskan “Bentuk berwarna [warna]” Untuk kelas BujurSangkar : getSisi adl method yang akan mengembalikan nilai variabel sisi setSisi adl method untuk mengubah nilai variabel sisi hitungLuas adl method yang akan mengembalikan hasil perhitungan luas bujursangkar printInfo adl method yang akan menuliskan “Bujursangkar berwarna [warna], luas = [luas]” Bentuk - warna + constructor (String warna) + String getWarna() + void setWarna(String warna) + void printInfo() BujurSangkar - sisi + constructor (double sisi, String warna) + double getSisi() + void setSisi(double sisi) + double hitungLuas() + void printInfo()
15
Latihan 2 Buatlah kelas Lingkaran sbg turunan kelas Bentuk. Lingkaran
constructor akan menginisialisasi radius dan warna getRadius adl method yang akan mengembalikan nilai variabel radius setRadius adl method untuk mengubah nilai variabel radius hitungLuas adl method yang akan mengembalikan hasil perhitungan luas lingkaran (PHI jadikan sbg konstanta kelas) printInfo adl method yang akan menuliskan “Lingkaran [warna], luas = [luas]” Lingkaran - radius + constructor (double radius, String warna) + double getRadius() + void setRadius(double r) + double hitungLuas() + void printInfo()
16
Latihan 3 Buatlah kelas Silinder sbg turunan kelas Lingkaran
constructor akan menginisialisasi variabel tinggi, radius, dan warna getTinggi adl method yg akan mengembalikan tinggi setTinggi adl method yg akan mengubah tinggi hitungVolume adl method yg akan mengembalikan hasil perhitungan volum silinder printInfo adl method yg akan menuliskan “Silinder warna [warna], volume = [volume]” Silinder - tinggi + constructor (double tinggi, double radius, String warna) + double getTinggi() + void setTinggi(double t) + double hitungVolume() + void printInfo()
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.