Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Persyaratan & Pengembangan Website
By: Daniel Damaris Novarianto S.
2
Front End/User Interface
Website Web Front End/User Interface Back End Front End/User Interface: tampilan dari sebuah site sebagai bentuk dari gabungan desain grafis dan HTML. Website yang populer adalah website yang men-support pengunjung seluruh dunia pada bandwith rendah, maksimum pada 20 KB per page. User Interface inilah yang akan menjelaskan kepada user tentang apa yang ditawarkan dalam website. Back End: tempat untuk menjelaskan bagaimana menangani bagian-bagian yang dinamis dari sebuah website. Contohnya newsletter, administrator page, database registration, contact page, atau aplikasi web yang sangat rumit lainnya. Kedua bagian inilah yang mengakibatkan sebuah website dapat dijalankan.
3
Pemilihan Pengembangan Aplikasi
Pembelian Aplikasi Jadi (TURNKEY APPROACH) Kelebihan: Tersedia banyak paket aplikasi menghemat waktu membutuhkan tenaga kerja lebih sedikit bukan user pertama dan satu-satunya
4
Pemilihan Pengembangan Aplikasi
Pembelian Aplikasi Jadi (TURNKEY APPROACH) (lanjt.) Kelemahan: Software tidak persis sesuai kebutuhan Tidak bisa dimodifikasi Sulit diintegrasikan Vendors bisa rugi
5
Pemilihan Pengembangan Aplikasi
Sewa (Outsourcing) Dua jenis vendor leasing: menyewa aplikasi dari outsourcer lalu menginstall pada perusahaan menggunakan application service provider (ASP) ASP (Application Service Provider): sebuah bisnis model yang menyediakan manajemen dan solusi berbasis komputer yang terdistribusi dan layanan pada pelanggan melalui internet. Keunggulan ASP: Bayar-Waktu-Penggunaan: ASP akan menarik biaya penyewaan bulanan yang dapat membantu menyebarkan biaya-biaya. Tidak ada biaya tambahan: Anda tidak perlu membayar untuk hardware yang mahal, dukungan staff IT Specialist atau pengembangan sistem. Perawatan dan peningkatan kemampuan software sudah termasuk di dalamnya. Akses dari seluruh Dunia: Terhubung dari manapun di dunia dengan sebuah koneksi Internet dan sebuah browser. Jika diperlukan, Anda dapat menggunakan smart phone atau tablet Anda (iPad, iPhone,Galaxy Notes, Android, etc.) untuk mengaksesnya. Gunakan hardware yang sudah ada: Anda dapat menjalankan aplikasi pada browser dan komputer anda yang ada. Tidak ada persyaratan komputer/notebook tertentu yang diperlukan. Sepanjang komputer/notebook tersebut dapat mengakses internet, itu sudah cukup. Teknologi terkini: Dengan ASP, sama seperti Anda menggunakan teknologi dan aplikasi paling terkini. Anda juga tak perlu menginvestasikan server yang mahal, biaya lisensi, biaya hosting, biaya perawatan, dan biaya co-location. Time to Market: Persebaran yang lebih cepat/Kemudahan dalam pengaturan. Cocok untuk semua jenis organisasi: Biaya bulanan ASP sangatlah fleksibel karena biaya itu diukur dari ukuran dari database, transaksi, jumlah user yang menggunakan software. Artinya bila Anda hanya memiliki perusahaan kecil, maka biaya juga sangat kecil. Yang pasti bukan perusahaan kecil berarti kebutuhan Anda juga kecil, akan tetapi kebutuhan Anda tetap sama dengan perusahaan besar, hanya skala yang lebih kecil dari sisi jumlah transaksi sehingga ASP ini cocok untuk segala jenis organisasi baik besar maupun kecil. TOC "Biaya total kepemilikan" yang kecil: Jika anda membeli software anda perlu meningkatkan bobot dari semua biaya pembelian software yang berhubungan dengan hardware, peraatan, pembaharuan kemampuan dan sebagainya. Menyewakan software melalui sebuah ASP mungkin lebih murah.
6
Pemilihan Pengembangan Aplikasi
In-house Development (Insourcing) Terdapat tiga pendekatan: First Development (Pembangunan dari Awal) Pembangunan dari Komponen-Komponen Prototyping
7
Pemilihan Pengembangan Aplikasi
Pilihan pengembangan lainnya: E-marketplace atau Exchange Reverse Auction Joint Ventures Consortia Hybrid Approach E-marketplace: kerjasama antara perusahaan pengembang aplikasi e-commerce dengan perusahaan-perusahaan penggunanya. Contoh: dll. Reverse Auction: perusahaan dapat bekerjasama dengan pihak pelelangan untuk memasarkan produknya sebagai pihak ketiga. Contoh: Garuda dengan Telkom Joint Ventures: beberapa perusahaan yang memiliki produk dan service yang sama melakukan pengembangan e-commerce secara bersamaan. Consortia: seperti joint venture tetapi dengan membentuk sebuah perusahaan baru untuk mengurus pengembangannya. Hybrid Approach (Pendekatan Hybrid): perusahaan melakukan kerjasama dengan pihak luar seperti ASP dengan membangun tim yang secara bertahap mengembangkan sistem yang ada.
8
Kriteria Pemilihan Pengembangan
Fungsi paket pengembangan & kriteria pemilihan. Kebutuhan informasi User friendliness Kebutuhan hardware & software Instalasi
9
Kriteria Pemilihan Pengembangan
Maintenance: Security Vendor quality and track record Estimating costs Measuring benefits Personnel Forecasting and planning for technology evolution Scaling Sizing Performance Throughput Reliability
10
Kriteria Pemilihan Pengembangan
Format database & portability Aplikasi dan penyimpanan data Batasan layanan Layanan konsumen Integrasi
11
Pemilihan Vendor & Software
Langkah-langkah dalam memilih software yang diinginkan: Identifikasi paket yang sesuai Penentuan kriteria evaluasi detail Evaluasi candidate packages Pemilihan paket Negosiasi kontrak
12
Arsitektur Open Market EC Service
13
Koneksi Web dengan Database
14
Internet Advertising Mengapa harus Internet Advertising?
3/4 dari pengguna PC/laptop mengorbankan waktu nonton tv Umumnya adalah kaum intelektual Iklan dapat di-update dengan biaya minimum Dapat menjangkau pembeli potensial di seluruh dunia Lebih murah ketimbang via TV, radio, dll Efektif via text, audio, graphic & animasi
15
Internet Advertising Mengapa harus Internet Advertising?
Iklan mudah digambung dengan games, entertainment, dan promotions Web TV dan Internet radio menarik lebih banyak orang Iklan Web dapat interactive dan terfokus pada target tertentu Penggunaan Internet tumbuh dengan cepat
16
Advertisement Method Banners Kelebihan:
Di-customized untuk target audience atau one-to-one ads Memanfaatkan strategi pemasaran “force advertising” Hubungan langsung dengan pemasang iklan Kemampuan Multimedia
17
Advertisement Method Banners (lanjt.) Kekurangan: High Cost
Penurunan click ratio – masyarakat sudah immune terhadap banners Ukuran banners terlalu kecil
18
Advertisement Method Banners (lanjt.) Banner swapping:
Hubungan langsung antara satu situs dengan situs yang lainnya Advertise space bartering
19
Advertisement Method Banners (lanjt.) Banner exchanges:
Perusahaan mengirimkan banner Menerima credit jika melihat banner lainnya Dapat membeli additional display credits Menentukan situs jenis apa banner akan ditampilkan Menggunakan credit untuk memasang iklan pada situs lain Credit ratio diperkirakan 2:1 Contoh: Pertukaran Link (bcentral.com)
20
Advertisement Method Standard & Classified Advertise
Standard Advertise Contoh: Iklan yang ada di surat kabar atau majalah Classified Advertise Situs Special (classifieds2000.com, iklanbaris.co.id) Gratis atau Gratis tergantung ukuran
21
Advertisement Method E-Mail Kelebihan:
Banyak user bisa dijangkau langsung Low Cost Bermacam-macam user (customer database) Kelemahan: Mail sampah Spamming
22
Advertisement Method Mobile Phones Splash Screen One to one interaktif
Bergantung lokasi, situasi, dan cuaca Splash Screen Meng-capture perhatian user Promosi atau lead-in Multimedia yang inovatif
23
Advertisement Method Spot Leasing Permanent space pada portal populer
Iklan bisa kecil namun mahal
24
Advertisement Method URL (Universal Resource Locators) Keuntungan:
Biaya minimal Men-Submit URL anda ke search engine dan terdaftar padanya Digunakan Keyword search Kelemahan: Search engines meng-index listing mereka dengan cara berbeda Meta tags dapat menyulitkan
25
Advertisement Method Chat Rooms Virtual meeting ground
Tambahan gratis ke situs bisnis Pengiklan dapat mengikuti alur Pesan dan mencari pembeli terus-menerus Pengiklanan menjadi lebih tematik Lebih efektif daripada banners Digunakan untuk koneksi one-to-one
26
Advertisement Strategy
Pull (Passive) Strategy Isi & tampilan situs menarik Efektif & ekonomis Advertising World - Situs non-komersial yang membantu proses pencarian permintaan konsumen Bantuan search engine, mis. yahoo
27
Advertisement Strategy
Push (Active) Strategy Mengirim kepada orang tertentu Membuat mailing list Mailing list generation Membuat mailing list—suatu proses identifikasi target konsumen. Mailing list generation—menggunakan agent technology, cookies, dan questionnaires (diisi oleh konsumen)
28
Advertisement Strategy
Associated Advertise Display Strategy Asosiasi isi halaman web dengan iklan terkait seperti: Search Yahoo atas suatu topic, lalu muncul banner pops up menawarkan “search for books at” Amazon.com Barnesandnoble.com Keyword banners
29
Advertisement Strategy
Just in Time Strategy Iklan sebagai sebuah komoditas, contohnya pada CyberGold (MyPoints.com) Pembayaran langsung oleh pemasang iklan jika iklannya dilihat. Konsumen mengisi questionnaires CyberGold mendistribusikan targeted banners Pembaca meng-clicks banner, melewati beberapa tests dalam isinya, dan dibayar atas usahanya.
30
Advertisement Strategy
Viral marketing (word of mouth melalui Internet) messages dari situs yang mudah diforward ke orang lain Mem-forward situs dengan mengisi alamat
31
Advertisement Strategy
Advocacy marketing”—hotmail.com Setiap yang terkirim diberikan undangan pelayanan hotmail Perusahaan meningkat dari 0 menjadi 12 juta dalam 18 bulan Kelemahan: hoaxes Penyebaran virus
32
Thank You !
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.