Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehAri Adi Setiabudi Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Grafika Komputer Edy Santoso, S.Si., M.Kom edy144@ub.ac.id 08121721255
Disampaikan oleh : Edy Santoso, S.Si., M.Kom PTIIK - UB
2
Deskripsi Mata kuliah ini membahas tentang dasar dasar pemrograman grafik interaktif (fungsi primitif). Algoritma menggambar garis lurus, lingkaran, kurva, metode dasar dan lanjutan dalam pembangunan grafika komputer dari model primitif, 2D hingga 3D
3
Deskripsi Pemberian warna suatu area, representasi matrik, representasi vektor, ruang vektor, koordinat homogen. Transformasi dua dimensi. Konsep dan representasi tiga dimensi dan transformasi tiga dimensi.
4
Deskripsi Memuat berbagai teknik dan perhitungan untuk membuat aplikasi grafik dan animasinya.
5
Tujuan Setelah menempuh mata kuliah ini, mahasiswa dapat terampil dalam pembuatan dan menampilkan grafik komputer serta berbagai algoritmanya, Mengembangkan teori geometri pada pembuatan grafik komputer.
6
Materi Pengertian, Peralatan, Sistem Output Primitif :
Output sederhana : Algoritme Garis DDA&Bresenham Output sederhana : Algoritme Bresenham Lingkaran & Kurva Transformasi Dimensi 2 Windowing & Clipping Konsep dan Representasi Dimensi 3 (3D) Transformasi 3D 3D Viewing
7
Materi Pencahayaan Shading Texture Fractal Object Model-model Warna
Dithering Pengantar Antarmuka Grafika
8
Pustaka Edward Angel, 2006, ‘Interactive Computer Graphics’, 4th ed, Addison Wesley, New York. Hearn, D. & M. P. Baker Computer Graphics 3rd ed. Prentice-Hall, New Jersey. Foley, J.D. et all., 1993, Computer Graphics: Principle and Practice, Addison Wesley. Edhi Nugroho, Grafika Komputer Download Internet.
9
Sistem Penilaian 10 % Presensi (tm 1x : pengurang 7 point) 10 % Quiz
30 % Tugas 25 % Ujian Tengah Semester 25 % Ujian Akhir Semester
10
Aturan: Keterlambatan 30 menit
Kosong diganti lain waktu sesuai kesepakatan mahasiswa & dosen Parameter tugas : dikumpulkan, benar, tepat waktu, bukan hasil kecurangan. Berkas UTS & UAS tidak dititipkan pengumpulannya
11
Aturan: Jika tidak mengumpulkan tugas atau ujian maka skor ujian = 0.
Quiz dilaksanakan. Quiz tdk ada susulan. (Jika sakit, diganti tugas dengan konfirmasi dosen) Range penilaian standar dikti. Presensi disediakan oleh dosen.
12
Beberapa Perbedaan Bahasan
13
Grafika komputer Sistem yang melakukan upaya transformasi dari suatu deskripsi objek menjadi sebuah citra digital.
14
Pengolahan Citra (Image Processing)
Sistem yang melakukan upaya transformasi dari suatu bentuk citra digital ke bentuk citra digital lainnya. * Pengkodean citra (image encoding) * Peningkatan kualitas citra (image enhancement) * Pemulihan citra (image restoration).
15
(Artificial Intelligence):
Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence): Sistem Pakar (Expert System) Robotika (Robotics) Pengenalan Bahasa Alami (Natural Language Processing)
16
Computer Vision Sub bidang Robotika yang lebih spesifik mempelajari tentang konsep pengenalan (recognition) dan pemahaman (undestanding). Sistem yang melakukan upaya transformasi dari suatu bentuk citra digital ke bentuk deskripsi.
17
Kelas B (Rabu Sore 14.30) Putri 0857 333 57 699 Alvin 0838 77 99 4368
Contact Person Kelas B (Rabu Sore 14.30) Putri Alvin
18
Thank’s for your attention !!!...
19
Kelas C (Rabu Pagi 09.30) Sendy 0852 6804 7509 Sheila 089 803 06837
Contact Person Kelas C (Rabu Pagi 09.30) Sendy Sheila
20
Kelas L (Rabu Pagi 07.00) Dany 081 917 004 182
Contact Person Kelas L (Rabu Pagi 07.00) Dany
21
Contact Person Kelas A (Selasa siang 12.50) Rainey 089 803 783 96
Riska S
22
Kelas K (Senin pagi 09.00): Gigih Anjung
Contact Person Kelas K (Senin pagi 09.00): Gigih Anjung
23
Kelas D (Senin 12.50): Fadel 087875607293 Elok Fatma 089674817753
Contact Person Kelas D (Senin 12.50): Fadel Elok Fatma
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.