Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Algoritma & Pemrograman 1

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Algoritma & Pemrograman 1"— Transcript presentasi:

1 Algoritma & Pemrograman 1
Stuktur Kontrol Looping

2 Macam”: struktur kontrol keputusan (if, else, switch)
fungsi:u/ memilih blok kode yang akan dieksekusi struktur kontrol pengulangan (while, do-while, for) Fungsiu/ melakukan pengulangan pada blok kode yang akan dieksekusi statement percabangan (break, continue, return) Fungsiuntuk mengatur redirection dari program

3 Struktur kontrol keputusan Statemen If (1)
menentukan sebuah statement yang akan dieksekusi jika dan hanya jika persyaratan boolean (boolean statement) bernilai T Bentuk: if( boolean_expression ) statement; or if( boolean_expression ){ statement1; statement2; . . . } int grade = 68; if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!");

4 Struktur kontrol keputusan Statemen if-else (1)
Digunakan u/ mengeksekusi sebuah statement dengan kondisi T dan statement yang lain dengan kondisi F Bentuk: if( boolean_expression ) statement; else OR if( boolean_expression ){ statement1; statement2; . . . … } else{

5 Struktur kontrol keputusan Statemen if-else (2)
int grade = 68; if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!"); else System.out.println("Sorry you failed"); OR if( grade > 60 ){ System.out.println("You passed!"); } else{

6 Struktur kontrol keputusan Statemen if-else-if (1)
untuk membuat seleksi persyaratan yang lebih kompleks Bentuk: if( boolean_expression1 ) statement1; else if( boolean_expression2 ) statement2; else statement3;

7 Struktur kontrol keputusan Statemen if-else-if (1)
int grade = 68; if( grade > 90 ){ System.out.println("Very good!"); } else if( grade > 60 ){ else{ System.out.println("Sorry you failed");

8 Struktur kontrol keputusan Statemen switch (1)
u/ melakukan percabangan dengan persyaratan yang beragam Bentuk: switch( switch_expression ){ case case_selector1: statement1; // statement2; //block 1 . . . // break; case case_selector2: statement2; //block 2 default: statement2; //block n }

9 Struktur kontrol keputusan Statemen switch (2)

10 Struktur kontrol keputusan Statemen switch (3)
public class Grade { public static void main( String[] args ) { int grade = 92; switch(grade){ case 100: System.out.println( "Excellent!" ); break; case 90: System.out.println("Good job!" ); break; case 80: System.out.println("Study harder!" ); break; default: System.out.println("Sorry, you failed."); }

11 Struktur Kontrol Perulangan while loop
statement atau blok statement yang diulang” sampai mencapai kondisi yang cocok while( boolean_expression ){ statement1; statement2; . . . } Contoh 1 int i = 4; while ( i > 0 ){ System.out.print(i); i--; Contoh 2 while(true) System.out.println(“hello”); Contoh 3: int x = 0; while (x<10) { System.out.println(x); x++; } Contoh 4: //no loops while (false) System.out.println(“hello”);

12 Struktur Kontrol Perulangan do-while loop
akan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilai T do{ statement1; statement2; . . . }while( boolean_expression ); c/ 1 System.out.println(“hello”); } while (true); c/ 2: int x = 0; do { System.out.println(x); x++; }while (x<10); c/ 3: System.out.println(“hello”); while (false);

13 Struktur Kontrol Perulangan for-loop
melakukan pengulangan eksekusi code beberapa kali for (InitializationExpression; LoopCondition; StepExpression){ statement1; statement2; . . . } InitializationExpressioninisialisasi dari variabel loop LoopConditionmembandingkan variabel loop d/ nilai batas StepExpressionmelakukan update pada variabel loop

14 Struktur Kontrol Perulangan for-loop
c/ int i; for( i = 0; i < 10; i++ ){ System.out.print(i); } = int i = 0; while( i < 10 ){ i++;

15 Branching Statements Java mengijinkan user untuk mengatur jalannya eksekusi program Bentuk: breakunlabeled & labeled menghentikan jalannya statement switch,for, while atau do-while loop continueunlabeled & labeled untuk melewati pengulangan dari for, while, atau do-while loop yang sedang berjalan return

16 Break(1)unlabeled String names[] = {"Beah", "Bianca", "Lance", "Belle", "Nico", "Yza", "Gem", "Ethan"}; String searchName = "Yza"; boolean foundName = false; for( int i=0; i< names.length; i++ ){ if( names[i].equals( searchName )){ foundName = true; break; } if( foundName ){ System.out.println( searchName + " found!" ); else{ System.out.println( searchName + " not found." );

17 Break(2)labeled akan menghentikan statement luardiidentifikasikan berupa label pada statement break

18 Break(2)labeled Int[ ][ ] numbers = {{1, 2, 3}, {4, 5, 6}, {7, 8, 9}}; int searchNum = 5; boolean foundNum = false; searchLabel: for( int i=0; i<numbers.length; i++ ){ for( int j=0; j<numbers[i].length; j++ ){ if( searchNum == numbers[i][j] ){ foundNum = true; break searchLabel; } if( foundNum ){ System.out.println( searchNum + " found!" ); else{ System.out.println( searchNum + " not found!" );

19 Continue(1) unlabeled
Akan melewati bagian pengulangan pada loop String names[] = {"Beah", "Bianca", "Lance", "Beah"}; int count = 0; for( int i=0; i<names.length; i++ ){ if( !names[i].equals("Beah") ){ continue; //skip next statement } count++; System.out.println("There are " + count + " Beahs in the list");

20 Continue(2) labeled akan melanjutkan sebuah statement dengan melewati pengulangan yang sedang berjalan dari loop terluar yang diberi label (tanda). outerLoop: for( int i=0; i<5; i++ ){ for( int j=0; j<5; j++ ){ System.out.println("Inside for(j) loop"); //message1 if( j == 2 ) continue outerLoop; } System.out.println("Inside for(i) loop"); //message2

21 return untuk keluar dari sebuah fungsi (method)
Statement return memiliki dua bentuk d/: sebuah nilai Untuk memberikan sebuah nilai, cukup berikan nilai (atau ekspresi yang menghasilkan sebuah nilai) sesudah return. Contohnya, return ++count; OR return "Hello"; tidak memberikan nilaiKetika sebuah method void dideklariskan return;

22 Algoritma & Pemrograman 1
Mendapatkan Input dari Keyboard: BufferedReader GUIkelas JOptionPane

23 BufferedReader (import java.io.*) package
Langkah”: Coding atas +kan import java.io.*; +kan statement: BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); Deklarasikan variabel String temporer untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch: try{ String temp = dataIn.readLine(); } catch( IOException e ){ System.out.println(“Error in getting input”);

24 BufferedReader (import java.io.*) package
public class GetInputFromKeyboard { public static void main(String[] args) { BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) ); String name = ""; System.out.print("Please Enter Your Name:"); try{ name = dataIn.readLine(); }catch( IOException e ){ System.out.println("Error!"); } System.out.println("Hello " + name +"!");

25 GUIkelas JOptionPane javax.swing package
import javax.swing.*; public class GetInputFromKeyboard1 { public static void main(String[] args) { String name = ""; name=JOptionPane.showInputDialog("Masukkan Nama Anda:"); String msg = "Hello " + name + "!"; JOptionPane.showMessageDialog(null, msg); }

26 Tugas 1: 1. Nilai Ambil tiga nilai ujian dari user dan hitung nilai rata-rata dari nilai tersebut. Berikan output rata-rata dari tiga ujian. Berikan juga smiley face pada output jika nilai rata-rata lebih besar atau sama dengan 60, selain itu beri output :-(. 1. Gunakan BufferedReader untuk mendapat input dari user, dan System.out untuk output hasilnya. 2. Gunakan JOptionPane untuk mendapat input dari user dan output hasilnya. 2. Cetak Seratus Kali Buat sebuah program yang mencetak nama Anda selama seratus kali. Buat tiga versi program ini menggunakan while loop, do while dan for-loop.

27 Tugas 2: 3. Membaca Bilangan
Ambil sebuah angka sebagai input dari user, dan outputnya berupa kata yang sesuai dengan angka. Angka yang dimasukkan antara Jika user memasukkan nilai yang tidak sesuai berikan output “Invalid number”. 1. Gunakan statement if-else untuk menyelesaikan 2. Gunakan statement switch untuk menyelesaikan 4. Perpangkatan Hitung pangkat sebuah nilai berdasarkan angka dan nilai pangkatnya. Buat tiga versi dari program ini menggunakan while loop, do-while dan for-loop.

28 4. Pangkat Menghitung perpangkatan digunakan kata kunci pow dari kelas Math Sintak Math.pow(angka1,angka2) Ada class "java.lang.Math“ d/macam” method: Absu/ mengabsolutkan nilai (-) pada suatu bilangan/menghilangkan tanda minus (-) pada suatu bilangan. Random menhasilkan bilangan acak Max menghasilkan nilai terbesar dari beberapa bilangan Minmenghasilkan nilai terkecil dari beberapa bilangan Ceilmembulatkan bilangan desimal ke atas Floormembulatkan bilangan desimal ke bawah. Powmenghasilkan nilai pangkat (angka 1 pangkat angka 2). Sqrtmenghasilkan akar pangkat dari suatu bilangan.


Download ppt "Algoritma & Pemrograman 1"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google