Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Teknik informatika POLITEKNIK KAMPAR
NAMA : ARDI WILANTARA NIM : Teknik informatika POLITEKNIK KAMPAR
2
CPU (CENTRAL PROCESSING UNIT) Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menerima dan menjalankan perintah yang dimasukan menggunakan alat input sepeti keyboard atau pun mouse
3
KOMPONEN UTAMA CPU 1. Arihtmetic Logikal Unit (ALU)
Melakukan komputasi untuk pengolahan data Melakukan tugas-tugas dasat aritmatik dan operasi logika
4
2. Control Unit Mengontrol perpindahan data dan instruksi ke CPU atau
dari CPU Mengontrol operasi ALU Mendecode instruksi program dan menyediakan sinyal-sinyal kontrol yang bersesuaian
5
3. Register Memori internal yang didesain untuk dapat menyimpan data lebih cepat dibandingkan memori utama 4. Internal Bus Jalur yang berfungsi sebagai jembatan komunikasi antara komponen utama
6
FUNGSI UTAMA CPU 1. Fetch Instruction (Mengambil Instruksi)
CPU harus membaca instruksi dari memori 2. Interpret Instruction (Menterjemahkan Instruksi) Instruksi harus diinstruksikan untuk menentukan aksi apa yang perlu diambil 3. Fetch Data (Mengambil Data) Eksekusi suatu instruksi memerlukan pembacaan dari memori atau modul I/O 4. Process Data (Mengolah Data) Eksekusi suatu instruksi memerlukan operasi aritmatika atau logika terhadap data 5. Write Data (Menulis Data) Hasil eksekusi memerlukan penulisan data ke memori atau modul I/O
7
REGISTER PADA CPU Memiliki 2 fungsi : 1. User Visibel Register :
Register CPU yang dapat digunakan oleh pemrogram, dengan menggunakan set intsruksi memungkinkan satu buah register atau lebih untuk dispesifikasian sebagai operand atau alamat operand. 2. Control dan Status Register Register yang digunakan oleh unit kontrol untuk mengintrol operasi CPU dan oleh program sistem operasi untuk mengontrol eksekusi program
8
User Visibel Register 1. General Purpose Register
Digunakan untuk mode pengalamatan dan data Akumulator ( aritmatika, Shift, Rotate) Base Register (Rotate,Shift, aritmatika) Counter Register ( Looping) Data Register (menyimpan alamat I/O device).
9
b. Register Alamat Digunakan untuk mode pengalamatan Segment Register (Code Segment, Data Segment, Stack Segment, Extra Segment) Register Index (Stack Index, Data Index) Stack Pointer
10
d. Register Data Digunakan untuk menampung data c. Register Kode Status Kondisi (Flag) Kode yang menggambarkan hasil operasi sebelumnya
11
CONTROL REGISTER 1. Program Counter (PC)
Berisi alamat instruksi yang akan diambil 2. Instruction Register (IR) Berisi alamat instruksi terakhir 3. Memory Address Register (MAR) Berisi alamat penyimpanan dalam memori 4. Memori Buffer Register (MBR) Berisi data yang dibaca dari memori atau yang diyliskan ke memori
12
SIKLUS INSTRUKSI Pengolahan yang dilakukan CPU untuk mengeksekusi sebuah instruksi Siklus Instruksi meliputi : 1. Fetch Cycle (Siklus mengambil) Mengambil instruksi yang akan dieksekusi 2. Execute Cycle (Siklus Eksekusi) Melakukan operasi yang ditentukan oleh opcode instruksi 3. Interrupt Cycle (Siklus Instruksi) Apabila interrupt diaktifkan dan interrupt telah terjadi, simpan status proses saat itu dan layani interrup
13
CPU DENGAN SISTEM BUS CPU Register ALU Control Bus Data Bus
Control Unit Control Bus Data Bus Address Bus
14
Unit Aritmatika dan Logika
STRUKTUR INTERNAL CPU Unit Aritmatika dan Logika BUS CPU IN TER NAL Register Status Flag Shifter Unit Control Logika Aritmatik Jalur Kontrol
15
SAMPAI JUMPA SOBAT,.....!!!!!!! DEYEN NAK BAKISAU DUDUOK NAK BAPALIONG TONGAK NAK DUDUOK DI TOMPEK YANG LA diSODIOKAN,.....
16
PEMBAHASAN TENTANG I/O
17
PENGERTIAN I/O I/O adalah suatu mekanisme pengiriman data secara bertahap dan terus menerus melalui suatu aliran data dari proses ke peranti (begitu pula sebaliknya). Fungsi : Fungsi i/o Pada dasarnya adalah mengimplementasikan algoritma I/O pada level aplikasi. Hal ini dikarenakan kode aplikasi sangat fleksible, dan bugs aplikasi tidak mudah menyebabkan sebuah sistem crash.
18
UNIT INPUT adalah unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data yang berasal dari keyboard atau mouse. UNIT OUTPUT biasanya digunakan untuk menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
19
KOMPUTER MENJADI 3 BAGIAN :
1. Hardware (Perangkat Keras) Peralatan dalam bentuk fisik yang menjalankan sistem komputer. Hardware terdiri dari, Input Device , Process Device , Output Device 2. Software (Perangkat Lunak) Rangkaian prosedur dan dokumentasi program yang berfungsi menyelesaikan masalah yang dikehendaki. 3. Brainware (Perangkat pikir) Orang yang menggunakan komputer
20
MACAM-MACAM I/O 1.Konektor RJ 45 Pengertian :
Digunakan untuk koneksi Ethernet pada komputer dan perangkat jaringan Ethernet lainnya seperti router dan aktif dan juga modem dan juga perangakat lain yang mendukung interface Ethernet RJ45. Fungsi : Menyambungkan network antara komputer dengan komputer 2. USB ( Universal Serial Bus ) Port standard yang ada di komputer saat ini. Konektor-konektor USB tersebut dapat ditancapi berbagai perangkat mulai dari mouse sampai printer secara mudah dan cepat. Fungsi : perangkat baru yang belum pernah terinstal di komputer anda sebelumnya, sistem operasi komputer anda secara otomatis akan mencoba mengenalinya dengan auto detect.
21
3. Serial, Paralel Pengertian : untuk mengendalikan 5 buah 7 segment dan serial lebih lambat dari paralel. 4. Part LAN Pengertian : Sebagai network atau jaringan sejumlah sistem komputer yang lokasinya terbatas didalam satu gedung . Fungsi : Digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnyaStruktur I/O.
22
Bagian ini akan membahas struktur I/O, interupsi I/O, dan DMA, serta perbedaan dalam penanganan interupsi. Interupsi I/O Untuk memulai operasi I/O, CPU me-load register yang bersesuaian ke device controller. Sebaliknya device controller memeriksa isi register untuk kemudian menentukan operasi apa yang harus dilakukan. Pada saat operasi I/O dijalankan ada dua kemungkinan, yaitu synchronous I/O dan asynchronous I/O. Pada synchronous I/O, kendali dikembalikan ke proses pengguna setelah proses I/O selesai dikerjakan. Sedangkan pada asynchronous I/O, kendali dikembalikan ke proses pengguna tanpa menunggu proses I/O selesai. Sehingga proses I/O dan proses pengguna dapat dijalankan secara bersamaan.
23
privilidge instruction
Proteksi I/O Pengguna bisa mengacaukan sistem operasi dengan melakukan instruksi I/O ilegal dengan mengakses lokasi memori untuk sistem operasi atau dengan cara hendak melepaskan diri dari prosesor. Untuk mencegahnya kita menganggap semua instruksi I/O sebagai privilidge instruction sehingga mereka tidak bisa mengerjakan instruksi I/O secara langsung ke memori tapi harus lewat sistem operasi terlebih dahulu. Proteksi I/O dikatakan selesai jika pengguna dapat dipastikan tidak akan menyentuh mode monitor. Jika hal ini terjadi proteksi I/O dapat dikompromikan. Managemen Sistem I/O Sering disebut device manager. Menyediakan "device driver" yang umum sehingga operasi I/O dapat seragam (membuka, membaca, menulis, menutup). Contoh: pengguna menggunakan operasi yang sama untuk membaca berkas pada hard-disk, CD-ROM dan floppy disk
24
KOMPONEN SISTEM OPERASI UNTUK SISTEM I/O
Buffer: menampung sementara data dari/ ke perangkat I/O. Spooling: melakukan penjadualan pemakaian I/O sistem supaya lebih efisien (antrian dsb.). Menyediakan driver untuk dapat melakukan operasi "rinci" untuk perangkat keras I/O tertentu.
25
1. PERALATAN INPUT a. Keyboard b. Mouse c. Joystick d. Scanner
e. Lightpen f. Trackball g. Touch Sreen h. Magnetic Ink Character Reader (MICR) i. Optical Character Reader (OCR) j. Optical Mark Recognition (OMR) Reader k. dll
26
3. Peralatan Input / Output
2.Perangkat Output a. Monitor b. Printer dan Plotter c. Proyektor d. Microform 3. Peralatan Input / Output a. Disk Drive b. Tape Drive c. Modem (Modulator Demudolator) d. Ethernet e. PCMCIA f. Hub g. Switch h. Print Server i. Input / Output Card (I / O Card) j. SCII Card k. Terminal l. CDRoom (Compac Disk-Read Only memory) m. CD-Read and writer n. DVD-Room o. DVD-Read and Writer
27
SAMPAI JUMPA SOBAT,.....!!!!!!! DEYEN NAK BAKISAU DUDUOK NAK BAPALIONG TONGAK NAK DUDUOK DI TOMPEK YANG LA diSODIOKAN,.....
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.