Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMPUTER DAN MASYARAKAT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMPUTER DAN MASYARAKAT."— Transcript presentasi:

1 KOMPUTER DAN MASYARAKAT

2 Community Concepts Konsep Masyarakat/Komunitas

3 Komunitas/Community Sekelompok orang (A group of people)
Berbagi interaksi sosial (Shared social interaction) Ikatan yang biasa di antara anggotanya (Common ties among members) Orang yang berbagi suatu area pada beberapa perioda waktu (People who share an area for some period of time)

4 Komunitas Maya/Virtual Community
Suatu area online yang menunjukkan bahwa manusia berbagi ikatan biasa untuk dapat berinteraksi satu sama lain. (An area online where people who share common ties can interact with one another.) Merupakan sekelompok orang yang mungkin atau tidak mungkin bertemu satu sama lainnya melalui tatap muka, dan yang bertukar kata dan ide melalui mediasi computer bulletin boards dan jaringan (It is a group of people who may or may not meet one another face to face, and who exchange words and ideas through mediation of computer bulletin boards and networks.)

5 Perbedaan diantara Komunitas Online dan Portals
Portals dimulai sebagai search engines dan kemudian ditambah isi, Internet, dan jasa e-commerce. Agar dapat bertahan, portals telah menambah banyak gambar pengembangan komunitas (many community-building features) termasuk kelompok ngobrol (chat groups), bulletin boards, free Web site design and hosting, dan gambaran lain yang membangkitkan pengunjung untuk tetap/diam pada site tersebut dan berinteraksi dengan lain orang yang berbagi (share) ketertarikan mereka. Yahoo, misalnya, menggunakan gambaran isi yang mendalam dan vertikal (deep vertical content features) untuk menahan pendengar/pengunjung pada site dan memaksimumkan kesempatan mendapat keuntungan (to retain its audience on site and maximize revenue opportunities). Portals mulai mengukur kesuksesannya dalam bentuk gambar yang disukai komunitas mereka (have begun to measure their success in terms of their community-like features)

6 Jenis Komunitas Online dan Model Bisnis Mereka
Umum – kumpul secara online untuk mendiskusikan dan berkomunikasi tentang topik umum (online gathering for general topical discussions and communication) Praktek – Para praktisi komunitas , pencipta artifacts seperti kode komputer atau musik (community practitioners, creators of artifacts such as computer code or music) Ketertarikan – Masyarakat dibangun dalam lingkungan ketertarikan yang sama, seperti games, sport, musik, politik, kesehatan, keuangan, masalah luar negeri, gaya hidup (community built around a common interest, such as games, sports, music, politics, health, finance, foreign affairs, lifestyle)

7 Daya tarik menarik (Affinity) – komunitas dari anggota
yang identitasnya berdasar demografi atau kategori geografi, seperti wanita, African Americans, Arab Americans (community of members who self-identity with a demographic Or geographical category, such as women, African Americans, Arab Americans) Disponsori (Sponsored) – Komunitas yang diciptakan oleh komersial, pemerintah, dan organisasi non-profit untuk berbagai maksud; setiap site yang menggunakan teknik komunitas untuk menarik pengunjung , konsumen, dan/atau mencari keuntungan (community created by commmercial, government, and nonprofit organizations for a variety of purposes; any site that uses community techniques to attracts visitors, customers, and/or generate revenue.)

8 Gambaran Komunitas dan Teknologi
Gambaran Penjelasan Isi Artikelnya fokus pada keterarikan Alamat dan korespondensi diarahkan ke individu yang identitas dirinya dengan topik khusus. Instant messaging Kontak langsung seorang dengan teman melalui fasilitas komunitas Message boards Posting dari pesan ke seluruh komunitas dan pakar secara online Chat Diskusi kelompok langsung melalui online; internet relay chat (IRC) Diskusi kelompok Disksi kelompok diorganisir oleh topik Experts online Pakar bersertifikat (Certified experts) di area terpilih merespon ke pertanyaan (to queries) Penciptaan Personal and group Web pages

9 INFORMATION SYSTEM CONCEPT

10 SISTEM Serangkaian komponen yang saling berenteraksi untuk mencapai tujuan yang disepakati bersama

11 INFORMATION INFORMATION DATA CHARASTERISTICS OF BOTH
STORAGE OF DATA INPUT-----> PROCESS--- OUTPUT FEEDBACK

12 SISTEM INFORMASI Perangkat keras, perangkat lunak, data, manusia dan prosedur yang kerja bersama untuk menghasilkan informasi yang bermutu atau berkualitas Anda memberikan data ke beberapa sistem informasi. Jadi data di proses menjadi informasi adalah Sistem Informasi (IPO)

13 QUALITY OF INFORMATION SYSTEMS TECHNOLOGY DATABASE CONTROL A C U R y T
V A N C Y TECHNOLOGY DATABASE CONTROL

14 Quality of Information System
Akurasi (Accuracy) Informasi bebas dari kesalahan dan kekeliruan Informasi bebas dari bias Tepat Waktu (Timeliness) Penerima mendapat informasi pada waktu mereka memerlukan Relevan (Relevancy) Apakah informasinya secara khusus menjawab penerima dengan pertanyaan apa, mengapa, dimana, kapan, siapa, dan bagaimana? (what, why, where, when, who, and how?)

15 TECHNOLOGY TECHNOWARE  perangkat Teknologi
HUMANWARE  perangkat Manusia INFORWARE  perangkat Informasi ORGAWARE  perangkat Organisasi CAPABILITY/ABLE TO HEARTWARE/COMMITMENT

16 Communications Media and Network Support
COMPONENTS OF INFORMATION SYSTEMS Sumberdaya Manusia Sumberdaya Data End Users dan IS Specialist Data dan Knowledge Base Kontrol dari Kinerja Sistem Input dari Produk Data Pemrosesan Data ke dalam Informasi Output dari Produk Informasi Program dan Prosedur Mesin dan Media Sumberdaya Software Sumberdaya Hardware Penyimpanan Sumberdaya Data Communications Media and Network Support Sumberdaya Network

17 SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Serangkaian kegiatan yang digunakan oleh pengembang (developers) untuk membangun sistem informasi System developers juga menggunakan siklus sistem pengembangan untuk maintain (merawat dan memperbaiki) dan memantau kegiatan yang sedang berjalan (ongoing activities)

18 Tahapan pada Siklus Pengembangan Sistem
Perencanaan Analisis Dukungan Kegiatan yang sedang Berjalan (Ongoing Implementasi Desain

19 SIKLUS PENGEMBANGAN SISTEM
Terdiri dari lima (5) tahap yang membentuk putaran (loop) Perencanaan Me-Review (Peninjauan) permintaan proyek Meprioritaskan permintaan proyek Mengalokasikan sumberdaya Membentuk tim pengembangan proyek Analisis Melakukan investigasi permulaan Melakukan analisis kegiatan secara rinci: Studi sistem yang paling mutakhir Menentukan kebutuhan users Merekomendasikan solusi

20 Lanjutan Desain Implementasi Dukungan
Memperoleh perangkat keras dan perangkat lunak, apabila diperlukan Mengembangakan rincian sistem Implementasi Mengembangkan program, apabila diperlukan Memasang (Install) dan mentes sistem baru Melatih users Merubah ke sistem baru Dukungan Melakukan tinjauan sistem sesudah implementasi (post-implementation system review) Mengidentifikasi kesalahan dan peningkatan Memantau (monitor) kinerja sistem

21 PEDOMAN UNTUK PENGEMBANGAN SISTEM
Pengembangan sistem seharusnya mengikuti tiga (3) pedoman umum, yaitu menyusun kegiatan ke dalam tahapan, mengikut sertakan users dan membangun standar Siklus pengembangan sistem seharusnya mengelompokkan kegiatan atau tugas ke dalam tahapan. Ada siklus pengembangan sistem yang mempunyai tahapan lain disebut Konstruksi (Construction) atau Pengembangan, yang memasukkan pengembangan kegiatan program. Perbedaannya adalah pada terminologi yang digunakan, order dari kegiatannya dan tingkat rincian di dalam setiap tahapan

22 Lanjutan System developers harus mengikut sertakan users selama keseluruhan proses pengembangan sistem. Users termasuk seseorang untuk siapa sistem ini dibuat. Sebagai users, maka dia atau mereka dapat berinteraksi dengan sistem informasi pada bank, perpustakaan,toko pangan, pusat kebugaran, kerja dan sekolah. System developers harus ingat bahwa mereka pada akhirnya mengirim sistemnya ke users. Apabila sistem harus sukses, maka users seharusnya termasuk di dalam setiap tahapan pengembangan. Users lebih cocok untuk menerima sistem baru apabila mereka berkontribusi pada desainnya.

23 Lanjutan Proses pengembangan seharusnya mempunyai standar yang jelas ditentukan. Standar adalah serangkaian aturan dan prosedur yang diharapkan diterima dan diikuti oleh karyawan perusahaan. Dengan standar tersebut menolong orang yang bekerja di proyek yang sama untuk menghasilkan hasil yang konsisten

24

25 Aplikasi Komputer di Masyarakat
Pendidikan Keuangan Pemerintah Pelayanan Kesehatan Ilmu Pengtahuan Percetakan Perjalanan Industri

26 Pendidikan = mendapatkan knowledge
Traditional: Belajar dari orang lain Menggunakan bahan cetakan Modern: Turunnya biaya Kcomputer Telekomuniasi teknologi Digital divide: Mempunyai akses dan tidak mempunyai akses ke teknologi. Anytime Anywhere Learning


Download ppt "KOMPUTER DAN MASYARAKAT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google