Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Jaringan Komputer

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Jaringan Komputer"— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Jaringan Komputer
Pertemuan I

2 Definisi Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer serta berbagai perangkat pendukung lainnya yang saling dihubungkan menggunakan sebuah media sehingga dapat saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya. Berdasarkan gambar disamping, jelaskan: Perangkat-perangkat yang menyusun jaringan tersebut. Media yang digunakan. Contoh komunikasi yang terjalin.

3 Sketsa awal interkoneksi antarkomputer oleh Dr. Robert M
Sketsa awal interkoneksi antarkomputer oleh Dr. Robert M. Metcalfe pada tahun 1976, diberi nama Ethernet

4 Manfaat Jaringan Komputer
Komunikasi Pertukaran data dan informasi Ex. , Chatting, Instant Messaging. Berbagi sumber daya (sharing resources) Penggunaan bersama sumber daya jaringan komputer. Ex. Printer, fax, koneksi Internet, server, file, program. Centralized administration Pengelolaan keseluruhan sistem dari satu tempat. Ex. Active Directory pada Windows 2000/2003 Server.

5 Manfaat Jaringan Komputer (lanjutan)
Centralized security Pemasangan perangkat keamanan pada satu tempat untuk mengamankan seluruh komponen jaringan komputer. Ex. Firewall. Integrasi data Pembagian beban pemrosesan data ke banyak komputer. Ex. Sistem terdistribusi. Kerjasama Memungkinkan kolaborasi dari banyak orang, bahkan sampai dalam cakupan global (seluruh dunia). Ex. Workgroup, komunitas open source software.

6 Manfaat Jaringan Komputer (lanjutan)
Efisiensi biaya. Mengurangi kebutuhan hardware dan software. Ex. Diskless workstation. Efisiensi waktu dan tenaga. Mengurangi waktu dan tenaga sia-sia dalam pertukaran data dan informasi. Ex. File sharing via jaringan. Peningkatan produktivitas. Dengan efisiensi waktu dan tenaga serta terjalinnya kerjasama yang baik dengan data yang terintegrasi, maka produktivitas akan meningkat.

7 Komponen Network Komponen Hardware Komponen fisik network.
Ex. PC, Network Interface Card (NIC), kabel, printer, server, perangkat network (repeater, hub, switch, router). Komponen Software Komponen logik dari network. Ex. Sistem operasi jaringan, driver untuk NIC, protokol komunikasi, aplikasi (web server/browser, ftp server/client). Komponen Brainware Pengguna network. Network administrator, network technician, user.

8 Protokol Jaringan Bahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi.
Tatacara komunikasi yang harus disepakati oleh komputer yang ingin melaksanakan komunikasi. Komputer-komputer yang ingin berkomunikasi harus menggunakan protokol yang sama, contoh HTTP untuk komunikasi antara web server dengan web browser untuk menampilkan informasi dari sebuah web site. FTP untuk komunikasi antara FTP server dengan FTP client untuk proses transfer file. SMTP untuk komunikasi antar-Mail server dan Mail client dengan Mail server (mengirim ). POP3 dan IMAP4 untuk komunikasi antara Mail client dengan Mail server (mengambil ).

9 Protocol Suite Satu set protokol yang digunakan untuk berkomunikasi dalam sebuah internetwork, contohnya TCP/IP (Transmission Control/Internet Protocol) Digunakan pada Internet. SPX/IPX (Sequence/Internet Packet eXchange) Digunakan pada jaringan Novell Network. AppleTalk Digunakan untuk komputer keluaran Apple.

10 Bagaimana jaringan itu bekerja ?

11 Area jaringan komputer
Ditentukan berdasarkan jarak jangkauan, dan kebutuhan peralatan yang digunakan seperti Repeater, Bridge, Router, atau Gateway. Jaringan komputer Local (LAN) Jaringan komputer Campus (CAN) Jaringan komputer Metropolitan (MAN) Jaringan komputer skala luas (WAN) Jaringan global (GAN)

12 Klasifikasi Jaringan Komputer
Local Area Network (LAN) Network dalam ruang lingkup yang sangat terbatas, misalnya dalam sebuah ruangan, sebuah rumah, sampai sebuah gedung bertingkat. Jangkauan meter. Ex. Laboratorium komputer, warnet. Campus Area Network (CAN) Network yang menghubungkan dua atau lebih LAN yang berada pada sebuah lingkungan yang spesifik (kompleks). Jangkauannya melingkupi sebuah kompleks. Ex. Network pada sebuah kompleks lembaga pendidikan, misalnya universitas, akademi, sekolah, network pada sebuah kompleks khusus (industri, militer), dan kompleks perumahan (RT/RW Net).

13 Klasifikasi Jaringan Komputer
Metropolitan Area Network (MAN) Network yang menghubungkan dua atau lebih LAN dan CAN yang masih berada dalam lingkup satu kota. Jangkauannya melingkupi sebuah kota (sampai 50 KM). Ex. Network BSI dalam satu kode area kampus, misalnya jaringan yang menghubungkan kampus Kramat 18, Kramat 168, Salemba 45, dan Salemba 22. Wide Area Network (WAN) Network yang melingkupi sebuah area yang sangat luas, melintasi kota, provinsi, pulau, bahkan benua. Jangkauannya sampai melingkupi seluruh dunia. Ex. Network yang menghubungkan kampus BSI wilayah Jakarta dengan wilayah-wilayah lain, misalnya Jawa Barat, Jawa Tengah, Pontianak, bahkan di wilayah benua lain jika BSI ingin Go International. Contoh lain adalah Internet

14 Klasifikasi Jaringan Komputer
Global Area Network (GAN) Istilah untuk network yang akan menghubungkan seluruh pengguna perangkat mobile di dunia dengan mengatasi kendala pada batasan lingkup masing- masing operator telekomunikasi. Jangkauannya melingkupi seluruh dunia. Ex. IEEE , yaitu Mobile Broadband Wireless Access (MBWA), a.k.a Mobile-Fi.

15 Tipe Jaringan Terdapat dua tipe utama dalam jaringan yaitu :
Peer to peer (workgroup) Client Server (Domain)

16 Peer to peer (workgroup)
Pada jaringan tipe ini semua komputer berkedudukan sama, dapat bertindak sebagai sebuah PC client (information requestor) maupun PC server (information provider). Peer to peer dengan 2 PC Peer to peer dengan menggunakan Hub

17 Client Server ( Domain )
Pada jaringan tipe ini terdapat sebuah PC server yang berfungsi untuk mengatur, dan membagikan informasi kesetiap PC client yang terhubung dengannya. Server (pelayan) menyediakan sarana untuk client (pemakai jasa) untuk mengambil data, sharing perangkat keras dan mengkonfigurasi security pada suatu jaringan.

18 Topologi Jaringan Topologi adalah pola hubungan dari komponen- komponen pembentuk jaringan, baik secara fisik maupun logik. Penentuan topologi jaringan akan berpengaruh pada: 1. Tipe peralatan (equipment) jaringan yang dibutuhkan, 2. Kemampuan peralatan (equipment), 3. Pertumbuhan Jaringan, 4. Penanganan manajemen jaringan. Bentuk topologi dapat dilihat secara fisik yaitu dengan melihat pola atau skema pengkabelan yang digunakan maupun secara logik yaitu dengan melihat bagaimana aliran data pada proses komunikasi di jaringan tersebut.

19 Bus (Linear Bus) Pada topologi Bus, setiap komponen jaringan terhubung ke sebuah jalur komunikasi utama yang disebut trunk atau backbone sehingga membentuk sebuah segmen jaringan. Media yang digunakan adalah kabel CoAX (RG58) atau 10Base-2. Untuk mengefisiensikan penggunaan jaringan, digunakan metode CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access / Collision Detected) yang dapat mengurangi terjadinya masa tenggang (saluran kosong) dengan mendeteksi tabrakan informasi.

20 Topologi Ring Pada topologi Ring, setiap komponen jaringan terhubung ke sebuah jalur komunikasi utama (backbone) yang berbentuk loop tertutup sehingga membentuk sebuah segmen jaringan. Media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP cat 3.

21 Topologi Star Pada topologi Star, setiap komponen jaringan terhubung ke sebuah perangkat jaringan (hub, switch, router) yang menjadi pusat dari topologi sehingga membentuk sebuah segmen jaringan. Media koneksi yang digunakan adalah kabel UTP (10/100/1000Base-T).

22 Kabel Jaringan Ethernet Bus menggunakan kabel RG-58 atau thin-net coaxial dan RG-8 atau thick-net. Kabel jaringan yang paling banyak dipakai adalah Unshielded Twisted Pair (UTP) atau pasangan kabel berpilin tanpa pelindung. Untuk pemakaian luar gedung digunakan Shielded Twisted Pair (STP). Untuk kinerja jaringan yang lebih optimal dengan bandwith yang lebih besar dapat digunakan kabel fiber optik, misalnya FDDI (Fiber Distributed Data Interfaces)

23 Komponen pembentuk Jaringan Komputer
Ethernet (NIC) Kartu jaringan di gunakan untuk menghubungkan PC ke media jaringan sehingga PC tersebut dapat digunakan untuk mengakses sumber daya jaringan tersebut. Beberapa motherboard yang dijual di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan kartu jaringan ini (on board).

24 HUB HUB adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan lebih dari dua komputer. HUB bekerja dengan metode broadcast, sehingga sebuah sinyal yang masuk ke dalam HUB akan keluar melalui seluruh port yang terdapat pada HUB tersebut.

25 Dengan metode broadcast, sering terjadi tabrakan (collision) yang akhirnya akan memperlambat akses jaringan. Selain lambat karena terjadinya collision, HUB juga membagi bandwidth keseluruhan untuk semua port yang dimilikinya. Ex. HUB 10 Mbps dengan jumlah port sebanyak 4, artinya bandwith 10 Mbps tersebut digunakan bersama-sama untuk keempat port tersebut. Wireless LAN umumnya menggunakan metode HUB, jadi kecepatannya akan berkurang kalau penggunanya bertambah, dan jika sebuah terminal hang akan menyebabkan yang lain juga hang.

26 Untuk mengatasi collision dan meningkatkan kinerja jaringan komputer, maka digunakan SWITCH.
SWITCH bekerja dengan mengacu pada tabel MAC Address (alamat fisik kartu jaringan) yang dimilikinya, jadi sebuah sinyal yang berasal dari sebuah port hanya akan dikeluarkan ke port yang sesuai, tidak akan di broadcast ke port lainnya yang dimiliki oleh SWITCH tersebut.

27 SWITCH adalah istilah dagang/pasar untuk perangkat network yang disebut BRIDGE.
SWITCH terkadang juga disebut BRIDGE dengan jumlah port yang lebih banyak.

28 Penggunaan BRIDGE masih menyebabkan terjadinya collision di masing-masing segmen (setiap port dari BRIDGE membentuk satu segmen atau satu collision domain). Seluruh segmen jaringan (collision domain) yang dibentuk oleh BRIDGE berada dalam satu broadcast domain sehingga dapat terjadi broadcast collision. broadcast domain collision domain #1 domain #2

29 Untuk menghindari terjadinya broadcast collision digunakan ROUTER.
Setiap interface dari router membentuk satu broadcast domain, dimana tidak akan terjadi broadcast collision antar- broadcast domain tersebut.

30 SOAL-SOAL LATIHAN

31 Komponen hardware pembentuk jaringan antara lain adalah :
a. NIC c. Network Interface Driver b. PC d. a dan b benar 2. Media penghubung yang digunakan pada topologi star adalah a. UTP c. RG58 b. Coaxial d. RJ45

32 2. Media penghubung yang digunakan pada topologi star adalah
a. UTP c. RG58 b. Coaxial d. RJ45 3. Sebuah jaringan LAN yang membentuk sebuah workgroup disebut juga : a. Domain Controller c. Active directory b. Client server d. Workgroup

33 3. Sebuah jaringan LAN yang membentuk sebuah workgroup disebut juga : a. Domain Controller c. Active directory b. Client server d. Workgroup 4. Apa nama konektor penghubung yang menghubungkan PC dengan kabel coaxial : a. RG c. RG b. BNC d. ST

34 4. Apa nama konektor penghubung yang menghubungkan PC
dengan kabel coaxial : a. RG c. RG b. BNC d. ST 5. Kabel yang berwarna apa yang terdapat dalam kabel UTP pilih salah satu di bawah ini : a. Putih-biru c. hitam-putih b. kuning d. Merah

35 5. Kabel yang berwarna apa yang terdapat dalam kabel UTP
pilih salah satu di bawah ini : a. Putih-biru c. hitam-putih b. kuning d. Merah 1. Komponen hardware pembentuk jaringan antara lain adalah : a. NIC c. Network Interface Driver b. PC d. a dan b benar


Download ppt "Pengenalan Jaringan Komputer"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google