Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISKURSUS ALTRNATIF MENUJU INDIGENOUSASI ILMU-ILMU SOSIAL DI INDONESIA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISKURSUS ALTRNATIF MENUJU INDIGENOUSASI ILMU-ILMU SOSIAL DI INDONESIA"— Transcript presentasi:

1 DISKURSUS ALTRNATIF MENUJU INDIGENOUSASI ILMU-ILMU SOSIAL DI INDONESIA
TEORITISASI PROPHETIC POLITICAL EDUCATION

2 MENGAPA PERLU DISKURSUS ALTERNATIF?
ILMU-SOSIAL MENGIDAP MENGHADAPI BERBAGAI PROBLEMA SERIUS PERKEMBANGAN ILMU-ILMU SOSIAL DI ASIA DAN INDNESIA ADA DALAM DOMINASI DAN PENGARUH BARAT – EROPA ADA SEMACAM PENJAJAHAN AKADEMIK PADA KAMPUS-KAMPUS DI ASIA JUGA INDONESIA KONDISI CAPTIVE MIND – KETERELENGGUAN KONDISI PARA ILMUWAN DI NEGERA-NEGARA ASIA TERMASUK DI INDONESIA

3 BELENGGU IMPERIALISME AKADEMIS? CAPTIVE MIND
KEBERGANTUNGAN PADA GAGASAN KEBERGANTUNGAN PADA MEDIA GAGASAN KEBERGANTUNGAN PADA TEKONOLOGI PENDIDIKAN KEBRGANTUNGAN PADA BANTUAN RISET DAN PENGAJARAN KEBERGANTUNGAN PADA INVESTASI PENDIDIKAN KEBERGANTUNGAN ILMUWAN SOSIAL DUNIA KETIGA PADA PERMINTAAN BARAT AKAN KETRAMPILAN MEREKA

4 CAPTIVE MIND? MERUPAKAN KORBAN DARI ORIENTALISME DAN EUROSENTRISME
PENIRUAN TIDAK KRITIS MERASUK KEBERBAGAI TINGKATAN AKTIVITAS ILMIAH: MEMPENGARUHI LATAR MASALAH,ANALISIS,GENERALISASI, KONSEPTUALISASI, DESKRIPSI, EKSPLANASI DAN INTERPRETASI PERLU MENGHIDUPKAN SIKAP KTIRIS

5 HEGEMONI TEORI SOSIAL BARAT?
HEGEMONI > GAGASAN TERTENTU LEBIH BERPENGARUH ( BARAT) DARIPADA GAGASAN YANG LAIN MASYARAKAT INTELEKTUAL INDONESIA DIPOSISIKAN SEBAGAI KONSUMEN YANG SELALU MEMBELI TEORI-TEORI PEMIKIRANDARI DUNIA BARAT YANG TERKADANG TIDAK RELEVAN DENGAN KONDISI MASYARAKAT DUNIA KETIGA ( INDONESIA)

6 PERSOALAN PERKEMBANGAN ILMU SOSIAL DI INDONESIA?
ADA BIAS EUROSENTRIS ADA PENGABAIAN UMUM TERHADAP TRADISI FILSAFAT DAN SASTRA LOKAL ADA KEKURANGAN IDE-IDE ORISINIL YANG MAMPU MENUMBUHKAN KONSEP BARU, TEORI BARU, ALIRAN PEMIKIRAN BARU ADA GEJELA MIMESIS> PENGAPDOSIAN TIDAK KRITIS TERHADAP MODEL ILMU SOSIAL BARAT DISKURSUS ERAPO TENTANG MASYARAKATNON BARAT TIADANYA SUDUT PANDANG MINORITAS

7 LANJUTAN …. DISKURSUS ERAPO TENTANG MASYARAKAT NON BARAT YANG MENGARAH PADA KONSTRUKSI ESENSIALIS TIADANYA SUDUT PANDANG MINORITAS TELAAH ILMU SOSIAL DUNIA KETIGA DIANGGAP TIDAK PENTING KARENA WATAKNYA YANG POLEMIS-REROTIS DAN KONSEPTUALISASI YANG TIDAK MEMADAI

8 TAWARAN MENGATASI MASALAH MELALUI ILMU SOSIAL PROFETIK >ISP?
APA ITU ISP? ILMU SOSIAL PROFETIK….? WAHYU + RASIO+ FAKTA EMPIRIS SEBAGAI SUMBER ILMU PENGETAHUAN GAGASAN DASAR…. ILMU SOSIAL BUKAN HANYA UNTUK ILMU,BUKAN HANYA UNTUK MENGHASILKAN PERUBAHAN TETAPI SUATU PERUBAHAN MASYARAKAT YANG DIKERANGKAI-DIPANDU OLEH SUATU NILAI –NILAI PROFETIK-(CITA-CITA ETIK-PROFETIK) CORE VALUES MECAKUP PRINSIP TRANSENDENSI, LIBERASI, HUMANISASI, EMANSIPASI

9 PROPETIC POLITICAL EDUCATION?
SUATU KONSEPSI TENTANG MODEL PENDIDIKAN POLITIK YANG DIKERANGKAI DAN DIPANDU OLEH NILAI-NILAI PROFETIK PADA CAKUPAN FILOSOFIS, TUJUAN, KURIKULUM, METODE PEMBELAJARAN MENDORONG LAHIRNYA SUATU LAPISAN GENERASI INDONESIA YANG MEMILIKI KUALITAS UNTUK MEMECAHKAN BERBAGAI PERSOALAN BANGSA INDONESIA “ VISI PROFETIK “(KARAKTER KEINDONESIAN –RELIGIUS, INDEPENDEN, BERDAULAT ) PROPETIC POLITICAL EDUCATION? MELAHIRKAN MANUSIA INDONESIA YANG MEMILIKI VISI PROFETIK, KUALITAS- KOMPETENSI ILMU, SKILLS, UNTUK MENJADI PIONIR MEWUJDKAN INDONESIA BARU, INDONESIA RAYA, INDONESIA YANG ADIL SEJAHTERA


Download ppt "DISKURSUS ALTRNATIF MENUJU INDIGENOUSASI ILMU-ILMU SOSIAL DI INDONESIA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google