Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Sistem Informasi Manajemen
Materi I Pendahuluan Dr. Hary Budiarto
2
Silabus Ringkas This course looks at the information systems development phenomena that are revolutionizing organizations. To be effective in this milieu, organizations must do more than just push new information technology. They need to determine how to harness the new technology to manage complexity and to maximize stakeholder value. Processes need to be systematically analyzed and redesigned all along the value chain from supplies and procurement to electronic storefronts and customer support, from campaign headquarters to voter booth, etc.
3
Tujuan Instruksional Umum (TIU)
This course examines design principles, task and information process modeling and analysis methodologies, and a range of underlying information technologies (e.g., webserver design, transaction processing, warehousing, datamining/knowledge management, security, information theory/complexity, and more) that will help the modern organization or community to maximize its strategic objectives. This course also learns to review and write papers related to IS Development issues.
4
Buku Referensi Avison, D.E. & Fitzgerald, G. (2006). Information Systems Development: Methodologies, Techniques and Tools. (4th ed), McGraw-Hill, London McNurlin, Barbara C., and Ralph H. Sprague Information Systems Management in Practice, 6th ed. Prentice Hall. Boar, Bernard H The Art of Strategic Planning for Information Technology, 2nd ed. Singapore: John Wiley & Sons.
5
E-Book Referensi Langer Arthur M., Analysis and Design of Information Systems Third Edition, Springer-Verlag London Limited 2008 Wasson Charles S., System Analysis, Design, and Development Concepts, Principles, and Practices, John Wiley & Sons, Inc. 2006 Hallows Jolyon, The Essential Guide to User Interface Design: An Introduction to GUI Design Principles and Techniques, Third Edition Wiley Publishing, Inc. 2007 Information Systems Project Management: How to Deliver Function and Value in Information Technology Projects, Second Editionby AMACOM © 2005
6
Era Globalisasi dan Digitalisasi
Masyarakat Berbasis Pengetahuan
7
Era Globalisasi dan Digitalisasi
Pada Pada abad 21 “knowledge” akan menjadi sumber daya yang lebih “powerful” dibandingkan kapital dan sumberdaya alam Munculnya Information Society dan Knowledge Base Society Peran informasi, sebagai input dan sekaligus output dari Iptek, menjadi semakin penting dalam era knowledge-based economy Teknologi Informasi dan Sistem Informasi menjadi pilar utama dalam pembangunan peradaban manusia
8
Era Globalisasi dan Digitalisasi
Teknologi Informasi dapat digunakan untuk meningkatkan proses bisnis secara efisien dan efektif dalam menentukan suatu keputusan dan berkolaberasi dg group agar dapat berkompetisi terhadap pasar. Sistem yang berbasis pada jaringan (network) menjadi komponen dalam menentukan kesuksesan bisnis di era globalisasi. Teknologi informasi akan menentukan jalannya perputaran roda bisnis.
9
Strategi Sistem Informasi Manajemen
Memahami perubahan paradigma di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Memahami perubahan konten sistem informasi Memahami perkembangan pesat iptek TIK Memahami perubahan bisnis model
10
What is an Information System?
Suatu cara dalam mengorganisasikan brainware, hardware, software, communications networks, dan data resources agar dapat disimpan, diakses, dipindahkan, dan disebarluaskan informasinya kepada yang membutuhkan.
11
Information Systems vs. Information Technology
Information Systems (IS) – semua sumber daya yang diperlukan dalam menyampaikan dan mengolah informasi dalam suatu organisasi Information Technology (IT) – semua komponen perangkat keras yang digunakan untuk menjalankan suatu sistem
12
Types of Information Technologies
Computer Hardware Technologies meliputi : microcomputers, midsize servers, dan large mainframe systems, beserta perangkat input, output, dan storage yang mendukungnya. Computer Software Technologies meliputi : operating system software, Web browsers, software productivity suites, dan software for business applications yang digunakan dalam melakukan manajemen pelayanan terhadap customer.
13
Types of Information Technologies
Telecommunications Network Technologies meliputi : telecommunications media, processors, dan software berbasis wire dan wireless yang digunakan dalam mengakses melalui PAN, LAN, WAN dan MAN. Data Resource Management Technologies meliputi : database management system software for the development, access, dan maintenance yang digunakan dalam mengelola data-data.
14
What is a System? Definisi:
Suatu group dari berbagai komponen yang mempunyai batasan yang jelas, dan saling bekerja sama dalam mencapai target yang ditetapkan yang meliputi penerimaan input, memproduksi output dan mengelola prosesnya.
15
Komponen-komponen dari Sistem
Input – capturing and assembling elements that enter the system to be processed Processing – transformation steps that convert input into output Output – transferring elements that have been produced by a transformation process to their ultimate destination
16
Sistem Bisnis
17
Mengukur Kesuksesan Dalam Menjalankan Bisnis
Efficiency Minimize costs Minimize time Minimize the use of information resources Effectiveness Support an organization’s business strategies Enable its business processes Enhance its organizational structure and culture Increase the customer business value of the enterprise
18
Perubahan paradigma di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
19
Paradigma Mobility IP-based Services Price of a call Mobility Distance
Circa 1990: Market Definition Future: Market Definition High Global Satellite Long Distance Operator High IP-based Services Regulatory barriers Wireless/ Cellular Price of a call Long Distance Operator Mobility Low Low Direct Broadcast Local Fixed Line Operator International Long Distance Local Fixed Line Voice Multimedia/ Broadband Low High Low High Distance Bandwidth Req. Adapted From AT Kearney The paradigm shift from Price-Distance toward Mobility-Bandwidth Driven by the technology advancements and the sift of the user’s needs
20
Paradigma Baru 1K Konvergensi HTML Broadcast Voice Web PC Provider
Interactive Database PC Provider Multimedia Broadcast TV Telco Voice Terrestrial Transaction Cellular station Mobile Interactive
21
Konvergensi Multimedia
BROADCASTING TELECOM I T CONVERGENCE DATA ISDN; VPN, xDSL; MPLS; WIFI; HiMAX; WIMAX (802.16e) GSM; GPRS; EDGE; CDMA, UMTS(3G); HSDPA ; HSUPA DAB;TDMB; IBOC; ISDB-T; DVB-H; MEDIA FLO; DVB-H VOICE & RADIO & TV
22
Bidang Pelayanan Informasi
Voice Data Video Push to Talk Voice Conference Voice mail Music on line Ring back tone Work Collaboration SMS Browsing Transaction Telemetering Remote monitoring Imaging Video messaging Video game Online TV Video streaming MM messaging MM conference MM browsing MM game Video phone
23
Konvergensi di Sektor Informasi
Telecommunications Sector Information Technology Sector Media Sector Convergence
24
Paradigma Cara Akses anytime, anywhere, anyhow (3A)
Fixed & MobileTV GSM/CDMA PDA PC GPRS Pay TV
25
Komunikasi, Konten, dan Komputasi
Paradigma Baru 3K Komunikasi, Konten, dan Komputasi Konten Komunikasi Interactive Multimedia Information Digital Kini, fenomena konvergensi teknologi terjadi kembali pada teknologi informasi akibat ditemukannya teknologi digital yang mengawinkan teknologi komputer, teknologi komunikasi, dan teknologi konten (audio visual) yang melahirkan teknologi multimedia. Hasilnya adalah suatu masyarakat ekonomi informasi yang disebut juga era informasi atau era electronic economy yang menjadi landasan bisnis pada abad 21. Electronic economy menghasilkan peningkatan efisiensi usaha yang sangat luar biasa dan di sisi lain menghadirkan tingkat kompetisi yang luar biasa pula, serta suatu pergeseran mendasar paradigma sistem nilai yang berlaku saat ini. Perubahan yang dihadapi oleh umat manusia di Abad 21 pada dasarnya adalah perubahan elemen komunikasi; Setelah komunikasi dalam bentuk transportasi fisik (mobil, pesawat, kereta api) membuat komunikator bertemu lebih dekat; Selanjutnya adalah dalam media telekomunikasi, yaitu perubahan meliputi media kandungan (content) dari komunikasi yang dipertukarkan dalam bentuk Multimedia-Interaktif-Real-time. Komputasi
26
Perkembangan Komunikasi dan Konten
What Next..? VIDEO STREAMING MMS SMS
27
Perkembangan Komputasi
2000 1980 1990 Super Computer Main Frame Cluster Computer
28
Perubahan Konten Sistem Informasi
29
E-Lifestyle e-Lifestyle through personal broadband. Enables home as well as gateway to information, business, commercial, and entertainment in digital era.
30
Mobile E-Lifestyle
31
Revolusi Jenis Konten Sepak Bola Interaktif Q Hiburan Share Info Email
Belanja
32
Perkembangan pesat iptek TIK
33
Revolusi Teknologi Wireless
WAN MAN LAN PAN 3G WCDMA GPRS EDGE * WiMAX 802.16 Real Broadband Wi-Fi 802.11 <300ft. * UWB and Bluetooth RFID/ TAG The Result: Optimal Connectivity
34
Revolusi Teknologi Seluler
35
Revolusi Teknologi Jaringan Komputer
36
Next Generation Network
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.