Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA"— Transcript presentasi:

1 PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Fadjar N. Hidayat

2 Media Pembelajaran Media : diturunkan dari bahasa Latin yang berarti “diantara” yang merujuk kepada segala sesuatu yang membawa informasi dari suatu sumber informasi ke penerima (Smaldino dkk, 2005) Media pembelajaran : jika media tersebut memberikan pesan untuk tujuan pembelajaran. Kegunaan media itu untuk memfasilitasi komunikasi dalam pembelajaran.

3 Jenis-jenis Media Pembelajaran
Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang

4 Jenis-jenis Media Pembelajaran
Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Ini adalah media yang paling umum digunakan.Teks adalah karakter-karakter alphanumeric (angka dan abjad) yang mungkin ditampilkan dalam berbagai format seperti buku, poster, papan tulis hitam, layar komputer dan sebagainya

5 Jenis-jenis Media Pembelajaran
Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Ini juga media yang umum digunakan. Audio mencakup segala bentuk yang dapat didengar, misal suara orang, musik, suara-suara mekanis (menjalankan mesin mobil) dan sebagainya. Suara-suara itu mungkin didengar secara langsung atau telah direkam.

6 Jenis-jenis Media Pembelajaran
Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Visual secara teratur digunakan untuk mempro-mosikan pembelajaran yang meliputi diagram pada poster, gambar pada papan tulis, foto, grafik pada buku, gambar kartun dan sebagainya.

7 Jenis-jenis Media Pembelajaran
Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Ini adalah media yang menunjukkan suatu yang bergerak. Yang mencakup video, animasi dan sebagainya.

8 Jenis-jenis Media Pembelajaran
Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Ini adalah obyek 3 dimensi dan dapat disentuh dan dipegang oleh siswa.

9 Jenis-jenis Media Pembelajaran
Teks Audio(suara) Visual Media bergerak Media yang dapat dimanipulasi Orang Yang termasuk dengan ini mungkin guru, murid atau pakar di bidang tertentu. Murid dapat belajar dari guru, murid yang lain dan orang dewasa yang lain.

10 KOMPONEN-KOMPONEN KOMPUTER
Hardware (Perangkat Keras) Software (Perangkat Lunak) Brainware (Pengguna)

11 Hardware (Perangkat Keras)
Input (Masukan) Keyboard, Mouse, Microphone, dll Pemroses Processor Penyimpan Harddisk, Disket, Flasdisk, dll Output (Keluaran) Monitor, Printer, speaker, dll

12 SOFTWARE ( Perangkat Lunak )
Sistem Operasi Program Aplikasi Bahasa Pemrograman

13 KELEBIHAN KOMPUTER DIGUNAKAN KARENA KECEPATANNYA KETELITIANNYA
KEMAMPUAN GRAFISNYA KEMAMPUAN WARNANYA KEMAMPUAN A A N N N N I M M M M A S I N Y A KEMAMPUAN KOMUNIKASINYA PAKET INTERAKTIF, LAN, INTERNET KEMAMPUAN SIMPANANNYA

14 SEBAGAI MEDIA KOMPUTER MEMILIKI KEMAMPUAN DALAM ASPEK
(1) video (2) audio (3) teks Segitiga : suatu segi banyak dengan 3 sudut dan 3 sisi yang lurus (4) grafik (5) animasi

15 KOMPUTER DALAM PENDIDIKAN
Membantu administrasi Membantu instruksional/pembelajaran

16 APLIKASI KOMPUTER DI BIDANG ADMINISTRASI
Word processor (pengolah kata: WS, MS Word, Word Perfect) Spreadsheet (Pengolah angka: Lotus, MS Excel) Database (Pengolah data: MS Access, MySQL, ORACLE) Presentation (Alat bantu presentasi: MS PowerPoint) Image Editor (Pengolah gambar: AutoCad, CorelDRAW, Ilustration - vector dan Photoshop, MS Paint – bitmap) Video Editor (Pengolah Video: Adobe Premiere, Windows Movie Maker) Sound Editor (Pengolah suara: Sound Forge, CoolEdit, Audicity) Communication (Alat bantu komunikasi: MS Outlook, Yahoo Messenger, Skype)

17 APLIKASI KOMPUTER DI BIDANG INSTRUKSIONAL
Tutor Applications (drill and practice, tutorial, simulation, game) Tool Applications (Word Processor, Spreadsheet, Database) Tutee Applications (Pascal, Basic, Visual Basic, Delphi)

18 KENAPA MEMAKAI KOMPUTER UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA?
Keuntungan menggunakan komputer : Pembelajaran berbantuan komputer bila dirancang dengan baik, merupakan media pembelajaran yang sangat efektif, dapat memudahkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Materi dapat diulang-ulang sesuai keperluan, tanpa harus menimbulkan rasa jenuh guru atau nara sumbernya. Melatih siswa untuk terampil memilih bagian-bagian isi pembelajaran yang dikehendaki. Membuat pembelajaran lebih menyenangkan.

19 Tugas Unit Media Komputer
Mengembangkan dan menyusun naskah software pembelajaran Mengembangkan dan membuat CD software pembelajaran matematika Mengembangkan teknologi komputer dan ICT untuk mendukung pembelajaran matematika Memberikan layanan dan konsultasi pembelajaran dengan media komputer dan berbasis ICT Pengelolaan Lab. Komputer

20 Komputer untuk membantu administrasi di PPPPTK Matematika
Kegiatan perkantoran sehari-hari, SIM Kepegawaian, SIM Perpustakaan, SIM Diklat, dll

21 Komputer sebagai media pembelajaran Matematika di PPPPTK
Pembuatan software pembelajaran (termasuk karya WI) Pembuatan software permainan/game matematika Diklat Komputer sebagai media pembelajaran matematika Dokumentasi diklat (Pengumpulan materi- materi diklat dan hasil diklat) Dokumentasi sumber-sumber belajar matematika Website

22 Diklat di PPPPTK Matematika
Diklat pendalaman materi matematika Diklat Komputer sebagai media Pembelajaran Matematika

23 UNTUK MEMBANTU PENYIAPAN PERANGKAT PEMBELAJARAN (MATEMATIKA)
v                    OPTIMALISASI MSWORD,           ·   PENGGUNAAN NOTASI MATEMATIKA          ·   OPTIMALISASI PEMANFAATAN EQUATION EDITOR          ·   MENGGAMBAR (Misal DRAW pada MsWord) ·   PENGGUNAN KALKULATOR PADA KOMPUTER v                    PEMANFAATAN MS-EXCEL v                    PEMANFAATAN POWER POINT v                 PEMANFAATAN PAKET-PAKET APLIKASI (MISAL UNTUK STATISTIKA, ABS)

24 DALAM PENGGUNAAN LAMBANG/NOTASI MATEMATIKA
       OPTIMALISASI MSWORD, DALAM PENGGUNAAN LAMBANG/NOTASI MATEMATIKA CONTOH: 1.              Perkalian, misal: a  b dan bukan a x b 2.      Pengurangan, misal: 72 – 48 dan bukan 3.     ax2 + bx + c, dengan ukuran angka pada pangkat yang dapat dipilih. 4.     A  B = {x | x  A dan x  B} 5.    A  B = {x | x  A atau x  B} 6.     ABC siku-siku di C 7.     m1 = m2  g1  g2 8.     2x2 – 5x – 12 = 0  (2x + 3)(x – 4) = 0

25 OPTIMALISASI EQUATION EDITOR
1.          x1,2 = 2 3 4 (am)n = 5

26 Menggambar Diagram Batang
Memanfaatkan Ms Excel Menggambar Diagram Batang

27 Beberapa produk software yang ada di PPPPTK Matematika
SEKOLAH DASAR Software Latihan Operasi Hitung dan Permainan Matematika Sekolah Dasar Software Penemuan Rumus Luas Bangun Datar Untuk Jenjang Sekolah Dasar (Bagian 1) Software Penemuan Rumus Luas Bangun Datar Untuk Jenjang Sekolah Dasar (Bagian 2) Who wants to be millionaire.

28 Beberapa produk software yang ada di PPPPTK Matematika (2)
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Persamaan Garis Lurus Persamaan Garis Lurus II (Kedudukan Dua Garis Lurus) Model Pembelajaran Matematika dengan MS Excell.

29 Beberapa produk software yang ada di PPPPTK Matematika (3)
SEKOLAH MENENGAH ATAS Software Grafik Fungsi Pecah Software karya WI dan Peserta Kumpulan Soal-soal International Mathematics Olimpyade dari Internet Software Grafik Fungsi Pecah.

30 Terima Kasih ...

31 CD-ROM Kotak CPU Monitor Printer Scanner Mouse Modem Keyboard Speaker Flash Disk

32 SEBAGAI MEDIA KOMPUTER MEMILIKI KEMAMPUAN DALAM ASPEK
(1) video


Download ppt "PEMANFAATAN KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google