Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDAHULUAN Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDAHULUAN Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang."— Transcript presentasi:

1 PENDAHULUAN Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang

2 SISTEM KOMPUTER Komputer merupakan sebuah media elektronik yang berupaya menterjemahkan dan melaksanakan input, output dan operasi logika (Media coMIL, 1993).

3 4 fungsi komputer Pengolahan data Penyimpanan data Pemindahan data
Kontrol

4 Proses didalam Komputer
Input Ouput CPU ALU Memori Utama

5 Struktur internal dari komputer
Central processing Unit (CPU) Berfungsi untuk mengontrol operasi komputer dan membentuk fungsi-fungsi pengolahan data Memori Utama ( Main Memory) berfungsi untuk menyimpan data. I/O Memindahkan data antara komputer dengan lingkungan luarnya. System Interconnection Berfungsi untuk mekanisme komunikasi antara CPU, memori utama dan I/O.

6 Komponen utama dari CPU
Control unit : Mengontrol operasi CPU Arithmetic and Logic Unit (ALU) : Membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer. Register : Penyimpan internal bagi CPU CPU Interconnection : Untuk meknisme komunikasi antara control unit, ALU dan register-register.

7 Elemen utama sistem komputer
Hardware (Perangkat Keras) Software (Perangkat Lunak) Brainware (Manusia)

8 HARDWARE UNIT INPUT UNIT PEMROSESAN DATA UNIT OUTPUT
Terdiri dari semua rangkaian yg diperlukan agar data dan program bisa dimasukkan dalam komputer UNIT PEMROSESAN DATA Mengendalikan semua unit sistem komputer yang mengubah input jadi output UNIT OUTPUT Menyampaikan hasil proses termasuk tampilan, cetakan, suara dan grafik

9 UNIT INPUT Keyboard Alat pembaca optik Alat pembaca magnetic
Contoh : CD ROOM Alat pembaca magnetic Contoh : Disk Drive Alat input pengenal suara Alat penunjuk Contoh : Mouse, trackball dan joystick Tablet digitzer Scanner

10 UNIT PEMROSES Mencakup : UNIT MEMORY ( Unit Penyimpanan Primer )
RAM (Volatile) input storage, program storage, working storage, output storage. ROM (Non Volatile)….ROM, PROM, EPROM, EEPROM. UNIT CONTROL ARITMETHIC LOGIC UNIT

11 UNIT MEMORY Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
Input storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan melalui alat input. Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-instruksi program yang akan diakses. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan. Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.

12 ROM ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program- program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting.

13 UNIT CONTROL Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU. Menyimpan hasil proses ke memori utama.

14 ALU Melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama dengan (<> ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan ( ).

15 Memori dalam sistem komputer
Register, digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses. Main memory, dipergunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang akan diproses dan hasil pengolahan. Secondary storage, dipergunakan untuk menyimpan program dan data secara permanen.   Magnetic disk   Hard disk   Hard card   Tape strip cartridge   Optical disk

16 SOFTWARE Diklasifikasikan 3 :
Perangkat Lunak Operasi ; yang berfungsi sebagai interface antara pemakai dan mengatur sumberdaya komputer. Contoh : DOS, Mac OS, Unix, Netware, Linux Perangkat Utility Contoh : Windows Perangkat Lunak Aplikasi adalah yaitu perangkat lunak yang biasa dipakai dalam bekerja.

17 Tipe perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak Hiburan Perangkat pendidikan dan referensi Perangkat lunak produktivitas dasar Word Processing Spreadsheet Database Manajemen Grafik dan Presentasi Perangkat lunak Bahasa pemrograman Perangkat lunak bisnis dan terspesialisasi Desktop publishing CAD Manajemen Proyek Melukis dan Animasi Statistical Analysis Packages: SPSS, Minitab Paket Program Matematika : Matlab, Mapple, Mathematica Keuangan / Akuntansi, dll

18 BRAINWARE Brain ware adalah orang-orang yang bekerja dalam bidang komputer. 1. Operator adalah Orang yang hanya mengoperasikan komputer 2. Programmer adalah Orang yang merangcang program komputer 3. Sistem Analis adalah Orang yang merancang system komputerisasi

19 BAHASA PEMROGRAMAN Bahasa komputer merupakan sarana komunikasi yang menjembatani hubungan antara manusia dengan komputer sebagai mesin. Setiap bahasa pemrograman harus memiliki sejumlah perintah

20 Istilah dalam Pemrograman
sintaksis, semantik dan kebenaran logika. Sintaksis adalah aturan penulisan bahasa tersebut. Semantik adalah arti atau maksud yang terkandung dalam statement tersebut. Kebenaran logika berhubungan dengan benar tidaknya urutan statemen.

21 Bahasa Pemrograman Merupakan prosedur / tata cara penulisan program.
bahasa pemrograman tingkat tinggi bahasa pemrograman tingkat rendah.

22 Program Kata, ekspresi, pernyataan atau kombinasi yang disusun dan dirangkai menjadi satu kesatuan prosedur yang berupa urutan langkah untuk menyelesaikan masalah yang diimplementasikan dengan menggunakan bahasa pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer.

23 Pemrograman Proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dengan mengunakan suatu bahasa pemrograman. Pemrograman Terstruktur Pemrograman Modular Pemrograman Berorientasi Object

24 Pemrograman terstruktur
Proses mengimplementasikan urutan langkah untuk menyelesaikan suatu masalah dalam bentuk program yang memiliki rancang bangun yang terstruktur dan tidak berbelit- belit sehingga mudah ditelusuri, dipahami dan dikembangkan oleh siapa saja.

25 ALAT BANTU PEMROGRAMAN
Algoritma Flowchart Pseudocode

26 Algoritma Algoritma adalah urutan langkah-langkah logika yang menyatakan suatu tugas dalam menyelesaikan suatu masalah. Dalam bidang pemrograman, algoritma didefinsikan sebagai suatu metode khusus yang tepat dan terdiri dari serangkaian langkah yang terstruktur dan dituliskan secara sistematis yang akan dikerjakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan berbantuan komputer.

27 Ciri-ciri Algoritma pemrograman
memiliki logika perhitungan / metode yang tepat dalam memecahkan masalah. menghasilkan output yang tepat dan benar dalam waktu yang singkat ditulis dengan bahasa standar secara sistematis dan rapi sehingga tidak menimbulkan arti ganda. ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan kedalam bahasa pemrograman. semua operasi yang dibutuhkan terdefinisi dengan jelas. semua proses harus berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan.

28 Contoh Buatlah algoritma untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap ! Algoritmanya : Inputkan suatu bilangan Bagi bilangan tersebut dengan 2. Hitung sisa bagi pada langkah 2). Bila sisa bagi sama dengan 0 maka bilangan tersebut adalah bilangan genap tetapi bila sisa hasil bagi sama dengan 1 maka bilangan itu bilangan ganjil.

29 Flowchart Gambaran dalam bentuk diagram alir dari algoritma – algoritma dalam suatu program, yang menyatakan arah alur program tersebut.

30

31

32 Flowchart untuk menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan ganjil atau bilangan genap

33 Pemrograman terstrukur mempunyai 3 struktur program
Struktur Berurutan Struktur Seleksi Struktur Perulangan

34 Struktur Perulangan Repeat Until

35 Struktur Perulangan For To Do

36 Perulangan Do While

37 Flowchart untuk mencetak bilangan postif genap yang kurang dari n !

38 Pseudocode Pseudocode adalah perluasan dan penganti dari algoritma. Baik pseudocode maupun flow chart digunakan untuk menunjukan pemrosesan secara detail yang berada dalam modul program. Pseudocode tidak tergantung pada jenis bahasa pemrograman yang digunakan .

39 Pseudocode Struktur berurutan
Contoh : Gaji Total  Gaji + Bonus Harian Struktur Seleksi IF Kondisi-1 THEN Proses-1 ELSE IF Kondisi-2 THEN Proses-2 …. Proses-n END IF

40 Struktur Seleksi IF Kondisi-1 THEN Proses-1 ELSE (null) END IF

41 Contoh IF (GAJI <=10000) THEN GAJI BERSIH  GAJI TOTAL * 0.10 ELSE GAJI BERSIH  GAJI TOTAL * 0.20 END IF

42 Struktur Seleksi CASE V OF V1: Proses-1 V2: Proses-2 … Vn:Proses-n END CASE

43 Contoh CASE Pilihan OF 1: C  A*B 2: C  A+B 3: C  A-B

44 Perulangan Do While (Kondisi) Perintah-1 Perintah-2 … Perintah-n END DO

45 Perulangan REPEAT Perintah-1 Perintah-2 … Perintah-n UNTIL (Kondisi)

46 Perulangan FOR I:=J TO K BY 2 Perintah-1 Perintah-2 … Perintah-n END FOR


Download ppt "PENDAHULUAN Pemrograman 1 (C++) STMIK AsiA Malang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google