Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YESUS KRISTUS SEBAGAI TELADAN SEMPURNA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YESUS KRISTUS SEBAGAI TELADAN SEMPURNA"— Transcript presentasi:

1 YESUS KRISTUS SEBAGAI TELADAN SEMPURNA
BAB 1. YESUS KRISTUS SEBAGAI TELADAN SEMPURNA

2 Indikator Bab 1: Membandingkan berbagai pandangan yang salah mengenai siapa Yesus Kristus dengan pandangan pengajaran Alkitab yang dimuat dalam pengakuan Iman Chalcedon (C.4). Membangun argumentasi pentingnya kedua hakekat Yesus Kristus dalam karya keselamatan bagi manusia (C.4). Meyakini kemanusian dan keillahian Kristus dalam rangka menyelamatkan manusia (A.3) Mengaitkan 7 ajaran ego eimi dalam kehidupan sehari-hari (C.4) Membangun sikap hidup yang meneladani ketaatan Yesus Kristus (A.4)

3 Ulangan Harian Pertama 25 Agustus (IPA)
Makalah Kelompok dikumpulkan 11 Agustus pada jam pelajaran Agama “Berbagai Pengajaran Sesat Mengenai Yesus “ (Arianus, Eutychianis, Ebionis, Apollinarianis, Doketis, Nestorianism) kejar pencapaian terbaikmu dalam pengenalan akan Kristus

4 Markus 8:27b-29 "Kata orang, siapakah Aku ini?" Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan: seorang dari para nabi." Ia bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!"

5 Bagaimana membuktikan bahwa Yesus adalah manusia sejati
Diskusi yok …… Bagaimana membuktikan bahwa Yesus adalah manusia sejati Bagaimana membuktikan bahwa Yesus adalah Allah

6 Bukti KeAllahan Bukti Kemanusiaan
Yesus mengalahkan kematian/maut dengan kuasa-Nya sendiri Melakukan berbagai mujijat dengan kuasa-Nya sendiri Yesus mengajarkanbahwa diriNya Allah lewat pengajaran ego eimi Bukti Kemanusiaan Fisik : bertambah besar, lapar, haus, makan, punya silsilah keluargadisunat, dibaptis

7 Mengapa 2 natur Yesus diperlukan
Sebab IA harus benar-benar mati untuk menggantikan hukuman dosa manusia dan IA harus benar-benar Allah untuk mengalahkan kuasa maut, sehingga Ia menyelamatkan manusia berdosa Mengapa 2 natur Yesus diperlukan

8 PENGAKUAN IMAN CHALCEDON
Maka, kami semua, mengikuti Bapa-bapa kudus, dengan suara bulat, mengajar manusia untuk mengaku, Anak yang satu dan yang sama, Tuhan kita Yesus Kristus, sempurna dalam keilahian dan juga sempurna dalam kemanusiaan, sungguh-sungguh Allah dan sungguh-sungguh manusia, dengan jiwa yang bisa berpikir dan tubuh; menurut keilahianNya mempunyai zat / hakekat yang sama dengan Sang Bapa, dan menurut kemanusiaanNya mempunyai zat / hakekat yang sama dengan kita, dalam segala hal sama seperti kita tetapi tanpa dosa; menurut keilahianNya diperanakkan sebelum segala jaman dari Bapa, dan menurut kemanusiaanNya dilahirkan dari Maria, sang Perawan, Bunda Allah dalam hari-hari akhir ini. Ia adalah Kristus, Anak, Tuhan yang satu dan yang sama, satu-satunya yang diperanakkan, mempunyai keberadaan dalam 2 hakekat, tanpa percampuran, tanpa perubahan, tanpa perpecahan, tanpa perpisahan; perbedaan dari dua hakekat itu sama sekali tidak dihancurkan oleh persatuan mereka, tetapi sifat-sifat dasar yang khas dari setiap hakekat dipertahankan dan bersatu menjadi satu pribadi dan satu keberadaan / makhluk, tidak berpisah atau terbagi menjadi dua pribadi, tetapi Anak yang satu dan yang sama, dan satu-satunya yang diperanakkan, Allah Firman, Tuhan Yesus Kristus; seperti nabi-nabi dari semula telah menyatakan tentang Dia, dan seperti Tuhan Yesus Kristus sendiri telah mengajar kita, dan seperti pengakuan iman bapa-bapa kudus telah menyampaikan kepada kita).

9 Berbagai pandangan yang sesat mengenai siapa Yesus:
Arianus Eutychianis Ebionis Apollinarianis Doketis Nestorianism Menurut Arius, Allah satu-satunya adalah hanya Allah Bapa. Karena, keberadan Allah ini adalah mutlak transendental dan mutlak kekal.Dengan demikian, segala sesuatu yang berada di samping Allah, pastilah diciptakan. Yesus (Anak) adalah suatu ciptaan yang sama dengan ciptaan lain, namun Yesus masih lebih sempurna dibandingkan yang lain. Yesus bisa saja disebut sebagai Allah, tetapi keIlahianNya bukanlah merupakan atribut dari keberadaanNya. Hal itu hanyalah suatu yang dilimpahkan kepadaNya oleh anugerah Allah

10 Arian (Arius): (Yesus adalah makhluk ciptaan yang memiliki atribut illahi, namun bukanlah Allah itu sendiri) Arianisme dinamakan berdasarkan Arius (seorang pengajar dari awal abad ke-4 A) Setelah perdebatan selama kurang lebih satu abad di berbagai dewan gereja mula-mula, gereja Kristena akhirnya secara resmi menyatakan Arianisme sebagai doktrin sesat. Sejak waktu itu Arianisme tidak pernah lagi diterima sebagai doktrin yang dapat dipercaya dalam iman Kristen. Namun Arianisme belum mati. Arianisme terus bertahan dalam berbagai bentuk. Saksi Yehovah dan Mormon sekarang ini menganut paham yang mirip sekali dengan Arian dalam hal natur Kristus.

11 Eutychianism ( ) Yesus Kristus memiliki dua natur tetapi tidak di dalam dua natur : dipisahkan antara keillahian dan kemanusiaan yang digabungkan dan dicampurkan di dalam tindakan-tindakanNya. Jadi walaupun Yesus Kristus sehakekat dengan Allah Bapa, Ia tidak sehakekat dengan manusia. TIDAK SEHAKEKAT DENGAN MANUSIA sehakekat dengan Allah Bapa

12 Ebionism: Yesus Kristus bukan Allah melainkan manusia biasa
Apollinarianis (akhir abad keempat): Yesus Kristus memiliki natur illah yang sempurna dan natur manusia yang tidak sempurna Ebionism: Yesus Kristus bukan Allah melainkan manusia biasa Apa bedanya dengan pandangan Arianus mirip Eutychianism

13 Kata ini berasal dari bahasa Yunani dokein yang berarti tampak atau kelihatannya. Doktrin ini mempertahankan bahwa Yesus Kristus hanya tampaknya saja mempunyai tubuh. Maka dengan kata lain dapat dikatakan bahwa Yesus Kristus hanya memiliki tubuh surgawi dan hanya berpura-pura saja menderita dan mati. . Doketisme: Yesus Kristus tidak sungguh-sungguh manusia, melainkan hanya tampak sebagai manusia.

14 Nestorianism dari Nestorius: menekankan ketidaksatuan (disunion) antara kemanusiaan dan keillahian Kristus mempunyai keberadaan dalam 2 hakekat, tanpa percampuran, tanpa perubahan, tanpa perpecahan, tanpa perpisahan; perbedaan dari dua hakekat itu sama sekali tidak dihancurkan oleh persatuan mereka, tetapi sifat-sifat dasar yang khas dari setiap hakekat dipertahankan dan bersatu menjadi satu pribadi dan satu keberadaan / makhluk, tidak berpisah atau terbagi menjadi dua pribadi, tetapi Anak yang satu dan yang sama, dan satu-satunya yang diperanakkan, Allah Firman, Tuhan Yesus Kristus;

15 Doketis: Yesus tampak man (Dia Allah)
Arianis Yesus ciptaan Allah yang lebih sempurna dibanding manusia lain Eutychianis Sehakekat dengan Allah tidak sehakekat dengan manusia Ebionis Bukan Allah melainkan manusia (Ank Maria Yusuf diangkat jadi putra Allah) Apollinarianis KeAllahan-Nya sempurna, kemanusiaan-Nya tidak sempurna Nestorianis KeAllahan dan kemanusiaan Yesus terpisah Doketis: Yesus tampak man (Dia Allah)

16 3 bentuk pertemuan kedua hakekat kemanusiaan dan keilahian Yesus
Pribadi yang mahakuasa, maha ada, tetapi juga dapat mengalami kesengsaraan dan menjadi terbatas dalam pengetahuan dan kekuatanNya. Pada saat yang sama keduanya tidak bercampur dan tidak terpisah. Misalnya, saat di kayu salib, Yesus berkuasa untuk turun dari salib dan menghukum orang-orang yang menganiaya-Nya, namun Ia seperti tak berdaya tetap menaggung sengsara salib sampai akhir hidupNya. Pekerjaan yang Kristus lakukan adalah pekerjaan dan tugas kedua hakekat secara bersama-sama. Misalnya, ketika Yesus mengajar banyak mujizat terjadi menyertai pelayanan-Nya. Hakekat kemanusiaan Kristus telah beroleh anugerah khusus sejak awal keberadaan-Nya, karena kesatuan dari kedua hakekat itu dalam pribadi Kristus. Secara khusus kemampuan-Nya untuk tidak tercemar oleh dosa turunan (kelahiran anak dara), sehingga Ia mampu untuk tidak berdosa (Ibr. 4:15).

17 Memiliki fisik dan kebutuhan seperti manusia biasa
Memiliki rasio/ kemampuan berpikir Menyatakan sikap mental yang kuat Menyatakan sikap moral yang benar Menyatakan kehidupan rohani yang senantiasa bersekutu dengan Allah Manusia sejati Allah sejati Penyakit disembuhkanNya Iblis dikalahkanNya Alam tunduk kepadaNya Ia berkuasa mengampuni dosa Ia berkuasa membangkitkan orang mati

18 EGO EIMI I AM THAT I AM Ungkapan Yunani “Ego eimi“ ( I AM-Aku ada, Akulah Dia) mengingatkan nama ilahi yang diwahyukan kepada Musa (Kel. 3:14)

19 Temukan 7 metafor yang Yesus gunakan untuk menyatakan siapa Dirinya dalam kitab Yohanes, dimulai dengan kata “Akulah” !!! Yesus menyatakan 'Akulah' dalam tujuh peristiwa. Setiap 'Akulah' adalah deskripsi yang Yesus berikan atas diri-Nya Sendiri. Ketujuh pernyataan 'Akulah' membantu kita untuk mengerti ke-Tuhan-an Yesus Kristus.

20 Roti Hidup: Yohanes 6:35 Terang : Yohanes 8:12 Pintu : Yohanes 10:9 Gembala Yang Baik : Yoh 10:11 Kebangkitan Dan Hidup Yohanes 11:25 Jalan Kebenaran, dan Hidup Yohanes 14:6 Pokok Anggur Yang Benar Yohanes 15:1

21 1. Roti Hidup: Yohanes 6:35 "...Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi." Bandingkan dengan Manna (Kel 16: 31-35) Menonton Klip 5 roti 2 ikan

22 “Akulah roti hidup” (Yoh. 6:35a)
Lambang kehidupan Sumber kehidupan Percaya Sama seperti roti biasa dapat memberikan kehidupan biasa, demikian juga roti hidup memberikan kehidupan kekal. Tuhan Yesus bukan hanya memiliki hidup, tetapi Dia juga mampu memberikan hidup itu (Anugerah tidak dapat dipisahkan dari Pemberi anugerah) Orang harus datang kepada-Nya untuk memperoleh roti itu, yang artinya harus percaya kepadaNya

23 Tetapi, ketika aku mengharapkan yang baik,
2. Terang : Yohanes 8:12 "...Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup.” Tetapi, ketika aku mengharapkan yang baik, maka kejahatanlah yang datang; ketika aku menantikan terang, maka kegelapanlah yang datang. TUHAN berjalan di depan mereka, pada siang hari dalam tiang awan untuk menuntun mereka di jalan, dan pada waktu malam dalam tiang api untuk menerangi mereka, sehingga mereka dapat berjalan siang dan malam. Ayub 30:26 Kel 13:21

24 “Akulah Terang dunia” (Yoh. 8:12)
Kebutuhan mutlak Dunia yang gelap (berdosa) Terang yg sesungguhnya Tuhan Yesus menyatakan diriNya sebagai air (4:13-14) dan roti (6:35), maka sekarang Ia menyatakan diriNya sbg Terang. Air, roti dan terang merupakan kebutuhan mutlak manusia Pernyataan Yesus sebagai terang dunia, secara tersirat menunjukkan bahwa dunia ini gelap. Yesus adalah Terang dalam arti yang sesungguhnya. Kita juga disebut sebagai terang dunia (Mat 5:14-16), tetapi dalam arti kita hanya memantulkan terang dari Kristus

25 Di dalam sejarah ada seorang filsuf bernama Diogenes yang pernah keluar di tengah terik matahari yang terang menyengat sambil membawa sebuah lentera yang menyala. Dia membawa lentera sebagai simbol dia sedang mencari kebenaran di tengah dunia yang gelap

26 3. Pintu : Yohanes 10:9 “Akulah Pintu” “Aku adalah Pintu dan hanya di dalam Aku engkau akan keluar dan masuk dan engkau akan selamat dan memiliki hidup yang berkelimpahan.” Yoh 10:1-10 "...Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.“ “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang olehnya kita dapat diselamatkan.” Kis.4:12

27 Kandang domba Palestina
“Akulah Pintu” (Yoh. 10:9) Kandang domba Palestina Satu-satunya jalan Domba Domba-domba adalah gambaran umat Tuhan atau orang percaya Tuhan Yesus adalah satu-satunya jalan untuk memperoleh kelimpahan hidup dan keselamatan yang kekal.

28 Mzm.121:8, “Tuhan akan menjaga keluar masukmu dari sekarang sampai selama-lamanya.”
Ulangan 28:6, “Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar.” Ini istilah teologis yang bermakna janji keselamatan, perlindungan dan keamanan di mana pun engkau berada.

29 4.Gembala Yang Baik : Yoh 10:11
"...Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;" Gembala Baik Vs Upahan

30 Rela berkorban Hubungan yang intim Keselamatan bersifat universal “Akulah Gembala yanga baik” (Yoh. 10:11) Yesus sbg gembala yg baik : mencintai dombanya dan rela berkorban untuk dombanya Yesus sebagai gembala yang baik mempunyai hubungan yang intim dengan domba-dombanya. Sebagai gembala yang baik, Yesus juga gembala bagi domba-domba di luar kandangnya sendiri (Yoh 10:16)

31 5. Kebangkitan Dan Hidup Yohanes 11:25
"...Akulah kebangkitan dan hidup; barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan hidup walaupun ia sudah mati,"

32 Kebangkitan dan hidup secara jasmani
Kebangkitan dan hidup secara rohani Kemenangan yang mutlak atas maut “Akulah Kebangkitan dan Hidup” (Yoh. 11:25) Tuhan Yesus berkuasa membangkit -kan secara jasmani, baik pada akhir jaman nanti, maupun pada saat itu juga (Lazarus) Orang yang percaya kepada Tuhan Yesus akan mendapatkan hidup kekal tetapi ia tidak akan terhindar dari kematian jasmani. Biarpun sudah mati secara jasmani, tetapi karena ia orang percaya, ia hidup secara rohani Tuhan Yesus tidak hanya membangkitkan dan memberi hidup kepada Lazarus, namun Yesus sendiri bangkit dari kematian dan hidup di antara orang percaya

33 6. Jalan, Kebenaran, dan Hidup Yohanes 14:6
"...Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."

34 “Akulah Jalan, Kebenaran dan Hidup” (Yoh. 14:6)
Tuhan Yesus sendiri adalah jalan itu, dan Yesus adalah satu-satunya jalan ke sorga Tuhan Yesus bukan hanya mengajarkan kebenaran, tetapi Ia sendiri adalah kebenaran. Ia menjamin bahwa kata-kataNya yang menyatakan diriNya sebagai satu-satunya jalan ke surga adalah benar. Yesus telah melakukan seluruh kebenaran dan hukum Taurat dengan sempurna Tuhan Yesus adalah sumber dan pemberi hidup kekal bagi umatNya.

35 7. Pokok Anggur Yang Benar Yohanes 15:1
"...Akulah pokok anggur yang benar dan Bapa-Kulah pengusahanya."

36 “Akulah Pokok Anggur yang benar” (Yoh. 15:1)
Perbandingan Relasi/ Hubungan Kebergantungan “Akulah Pokok Anggur yang benar” (Yoh. 15:1) Tuhan Yesus membandingkan diriNya dengan Israel, yang adalah pohon anggur yang sudah rusak (Yer. 2:21; Yes. 5:1-7) Hubungan Yesus Kristus dengan orang percaya, khususnya tentang tuntutan hidup yang berbuah lebat. Kehidupan Kristen akan berbuah lebat jikalau telah terjalin persekutuan yang dalam antara orang percaya dengan Yesus Kristus sebagai satu-satunya sumber kehidupan

37 Keillahian Yesus Kristus lebih lanjut digambarkan di Yohanes 8:58
Yesus berkata, "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada..." yang berarti bahwa Yesus telah ada sebelum Dia menjadi manusia di bumi.

38 KESIMPULAN Sapaan Tuhan Yesus, "Aku ini..." (Ego eimi) adalah pernyataan janji Ilahi akan kehadiran-Nya senantiasa dalam hidup kita. Oleh karena itu, dalam situasi apa pun kita tidak perlu takut karena kehadiran Tuhan Yesus adalah kehadiran Allah pemilik hidup dan alam semesta ini. Di mana pun mereka berada di dunia ini, Tuhan Yesus selalu menyertai mereka.

39 Dengan ucapan-ucapan EGÔ EIMI, Tuhan Yesus mengungkapkan sesuatu yang hanya boleh diungkapkan oleh Allah. Kata-kata Yesus Kristus ini bukan penyombongan diri, melainkan justru membuktikan kesamaan hakikat Yesus Kristus dan hakikat Allah


Download ppt "YESUS KRISTUS SEBAGAI TELADAN SEMPURNA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google