Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1B

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1B"— Transcript presentasi:

1 ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1B
M2. MEMULAI QBASIC & MENGENAL PERNYATAAN S1 – ILMU KOMPUTER

2 Subjectives 2. Mengenal Pernyataan Memulai QBasic
Struktur Program dan Pernyataan Pernyataan CLS Remark END menyatakan Akhir Program STOP menghentikan Program untuk Sementara Pernyataan Sleep Pernyataan Berganda Memulai QBasic Pendahuluan Mulai Menggunakan Lingkungan Qbasic Menulis Program Menjalankan/Mengeksekusi Program Menyimpan Program Memuat File Program Keluar dari Qbasic Meminta Bantuan dari Q Basic

3 Memulai QBasic

4 1. Pendahuluan Basic BASIC (an acronym for Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code) Is a family of general-purpose, high-level programming languages whose design philosophy emphasizes ease of use. Orignal BASIC is designed by John G. Kemeny & Thomas E. Kurtz in 1964 at Dartmouth College in New Hampshire.

5 1. Pendahuluan Basic Screenshoot of Atari BASIC an early BASIC language for small Computer

6 1. Pendahuluan Basic Paradigm First Appeared Influenced by
Unstructured Later Procedural Later Object-Oriented First Appeared May 1, 1964 Influenced by ALGOL 60, FORTRAN II, JOSS

7 1. Pendahuluan Basic Major Implementations Dartmouth BASIC Apple BASIC
Atari BASIC Sinlcair BASIC Microsoft BASIC Just BASIC Liberty BASIC Visual BASIC Quick BASIC FreeBASIC

8 1. Pendahuluan Basic Influenced (COMAL)

9 1. Pendahuluan Basic Influenced

10 1. Pendahuluan Basic Designer of BASIC wanted to enable students in field other than science and mathematics to use computers. At the time, nearly all use of computers required writing custom software, which was something only scientiest and mathematicians tended to learn. Versions of BASIC became widespread on microcomputers in the mid-1970s and 1980s.

11 1. Pendahuluan Basic Microcomputers usually shipped with BASIC, often in the machine’s firmware. Having an easy-to-learn language on these early personal computers allowed small business owners, professionals, hobbyists, and consultants to develop custom software on computers they could afford. In 2006, 59% of developers for the .NET Frameworks used Visual Basic .NET as their only programming language.

12 1. Pendahuluan Basic The 2015 Top Ten Programming Languages By Stephen Cass Posted 20 Jul :12 GMT (spectrum.ieee.org)

13 1. Pendahuluan QBasic QBASIC adalah salah satu versi bahasa BASIC yang merupakan bahasa yang biasa dipakai untuk belajar memprogram. QBASIC dibuat oleh Microsoft Corporation dan berupa interpreter. Tersedia pertama kali mulai pada DOS 5.0 Pada zamannya, perangkat ini tidak dijual terpisah tapi satu pakt dengan produk DOS. Sebagai interpreter, QBASIC cocok untuk belajar membuat program.

14 1. Pendahuluan QBasic Dibandingkan dengan interpreter BASIC lainnya, QBASIC mempunyai banyak keunggulan. Interpreter ini dilengkapi dengan menu yang memudahkan dalam membuat program Dilengkapi dengan menu yang memudahkan dalam membuat program Pemakaian mouse untuk mengendalikan menu Terdapat bantuan online QBASIC juga dapat memeriksa kaidah dari perintah yang telah diketik oleh pemakai ketika tombol ENTER sudah ditekan.

15 Mulai Menggunakan QBasic

16 Mulai Menggunakan QBasic

17 Mulai Menggunakan QBasic
Anda bisa mulai bekerja dengan Qbasic jika komputer Anda sudah siap dan pada layar muncul prompt DOS semacam berikut: C>_ Langkah yang diperlukan dalam memulai pada 3 petunjuk berikut:

18 Mulai Menggunakan QBasic
Petunjuk 1 Petunjuk ini hanya berlaku jika menggunakan hard disk. Sebelum mulai bekerja dengan Qbasic yang pertama kali, ada baiknya Anda membuat direktori bernama Qbasic pada direktori akar (root directory), direktori digunakan untuk menaruh program-program yang hendak dibuat. Perintah DOS-nya : MKDIR \QBASIC

19 Mulai Menggunakan QBasic
Petunjuk 2 Petunjuk ini juga hanya berlaku jika menggunakan hard disk. Sebelum mulai bekerja dengan Qbasic jangan lupa untuk menjadikan direktori \Qbasic sebagai direktori kerja. Perintah DOS-nya : CD \QBASIC

20 Mulai Menggunakan QBasic
Petunjuk 3 Ketik QBASIC dan tekan Enter Pada saat muncul tampilan seperti pada Gambar 2.1, tekanlah tombol Esc. Tampilan pada layar akan tampak seperti pada Gambar 2.2. Selanjutnya, dapat membuat program serta mengeksekusinya.

21 Mengenal Lingkungan QBasic

22 Mengenal Lingkungan QBasic
Qbasic mengandung menu bar pada bagian atas layar. Item dari menu ini berupa: File Berisi operasi yang berhubungan dengan file, seperti: Mengosongkan editor Menyimpan file Mencetak program ke printer Keluar dari QBasic

23 Mengenal Lingkungan QBasic
Edit Berhubungan dengan operasi penyuntingan program, seperti: Menyalin dan memotong teks Membuat kepala dan akhir subrutin/fungsi View Diantaranya untuk melihat jendela hasil program Search Berguna untuk mencari dan mengganti teks.

24 Mengenal Lingkungan QBasic
Run Untuk menjalankan/mengeksekusi program. Debug Untuk melakukan debugging(pencarian kesalahan). Options Untuk mengatur berbagai pilihan, misalnya untuk menentukan lokasi dari file bantuan bernama QBASIC HELP. Help Berisi tantang bantuan pemakai yang disediakan QBasic

25 Mengenal Lingkungan QBasic
Tabel 2.1 Pengoperasian Menu Tindakan Dengan Mouse Dengan Keyboard 1. Menampilkan sebuah menu Gerakkan penunjuk mouse ke nama menu. Kemudian tombol di-klik Tekan tombol <Alt> dan tekan huruf kunci dari menu yang dikehendaki 2. Memilih Perintah Gerakkan penunjuk mouse ke suatu perintah dalam menu. Klik tombol kiri Tekan tombol yang menjadi kunci dari perintah 3. Membatalkan Perintah Klik di luar menu Tekan <Esc>

26 Menulis Program

27 Menulis Program PRINT “Selamat Belajar” PRINT “QBASIC”
Pada saat prompt (berupa kursor berkedip) berada di dalam bingkai di bawah judul “Untitled”, sudah bisa memulai untuk menulis program Example: PRINT “Selamat Belajar” PRINT “QBASIC”

28 Menjalankan/Mengeksekusi Program

29 Menjalankan/Mengeksekusi Program
Untuk menjalankan program yang telah berada pada editor, dapat melakukan: Run Start atau Shift+F5 Hasil Outputnya ?

30 Menjalankan/Mengeksekusi Program
Hasil Output: Selamat Belajar QBASIC

31 Menyimpan, Memuat File, Keluar, dan Bantuan Program QBASIC

32 Menyimpan, Memuat File, Keluar, dan Bantuan Program QBASIC
Menyimpan Program Program yang telah dibuat atau dimodifikasi dapat disimpan dengan cara sebagai berikut: Berikan pilihan: File Save QBasic akan menampilkan jendela dan menanyakan nama file. Ketik nama file yang dikehendaki.

33 Menyimpan, Memuat File, Keluar, dan Bantuan Program QBASIC
Memuat File Program Program yang sudah tersimpan dapat dipanggil dengan : File – Open

34 Menyimpan, Memuat File, Keluar, dan Bantuan Program QBASIC
Keluar dari QBasic Jika Anda bermaksud keluar dari Qbasic dan kembali ke sistem operasi DOS, perintahnya adalah File - Exit

35 Menyimpan, Memuat File, Keluar, dan Bantuan Program QBASIC
Meminta Bantuan dari QBasic Bantuan dari Qbasic bersifat online. Bisa memilih menu Help. Bisa juga meletakkan kursor pada kata kunci.

36 2. Mengenal Pernyataan

37 Struktur Program dan Pernyataan

38 Struktur Program dan Pernyataan
Program Basic terdiri dari satu atau beberapa baris teks yang berisi pernyataan . Pernyataan adalah perintah yang menyebabkan komputer melakukan suatu tindakan. Struktur program Qbasic tidak mempunyai aturan ketat seperti yang diisyarakan bahasa pemrograman lain. Pemrograman diperkenankan menulis perintah, dimulai dari kolom mana saja.

39 Struktur Program dan Pernyataan
Example : PRINT “Algoritma Pemrograman” PRINT “BASIC” Atau

40 Pernyataan CLS Pernyataan lain selain print adalah CLS.
Pernyataan ini banyak dilibatkan dalam program. Kegunaanya adalah untuk menghapus layar, seperti contoh: Program 3.1 CLS PRINT “SAYA SUKA ALGORITMA” PRINT “ALGORITMA ITU MENYENANGKAN” PRINT “ALGORITMA ITU MUDAH”

41 Pernyataan CLS Jika program dijalankan, layar akan dibersihkan terlebih dahulu, sebelum menampilkan tulisan : SAYA SUKA ALGORITMA ALGORITMA ITU MENYENANGKAN ALGORITMA ITU MUDAH

42 REMARK

43 REMARK Remark adalah suatu tulisan pada program yang tidak berarti apa-apa bagi komputer, tetapi sangat berguna bagi orang, karena bertindak sebagai dokumentasi. Dengan kata lain, remark berarti keterangan yang dapat digunakan di dalam program BASIC untuk menunjukkan suatu pernyataan.

44 REMARK Bentuk Pernyataan yang bertindak sebagai remark. Example:
REM keterangan REM * * REM * Program REMARK.BAS * REM * * REM * Program ini adalah contoh remark * REM * Dibuat : 28 September * REM * *

45 REMARK Jika digabungkan dengan pernyataan lainnya adalah : Example:
REM * Program REMARK.BAS * REM * * REM * Program ini adalah contoh remark * REM * Dibuat : 28 September * REM * * CLS PRINT “Selamat Belajar” PRINT “QBASIC”

46 REMARK Alternratif lain, jika ingin memberikan keterangan (remark) adalah penggunaan tanda petik tunggal (‘) CLS ‘Menghapus Layar Tidak bisa dengan CLS REM Menghapus Layar

47 REMARK Example: ‘* * ‘* Program Remark2.BAS * ‘* * ‘* Program penggunaan remak dengan tanda petik satu * ‘* Dibuat: Tanggal 28 September * CLS ‘Menghapus layar PRINT “Qbasic Itu Menyenangkan dan Mudah” ‘Tampil ke layar PRINT “Berfikir dengan Logika” ‘Tampil ke layar

48 Jadi, Apa Fungsi dari Remark?

49 END

50 END Penggunaan END untuk menyatakan akhir program bukanlah merupakan keharusan. Pernyataan END adalah alasan kejelasan. Dengan adanya END dapat diketahui akhir dari program secara eksplisit.

51 END Example : ‘* * ‘* Program Remark2.BAS * ‘* * ‘* Program penggunaan remak dengan tanda petik satu * ‘* Dibuat: Tanggal 28 September * CLS ‘Menghapus layar PRINT “Qbasic Itu Menyenangkan dan Mudah” ‘Tampil ke layar PRINT “Berfikir dengan Logika” ‘Tampil ke layar END ‘akhir program

52 SLEEP

53 SLEEP SLEEP WaktuTunda&
Pernytaan SLEEP merupakan pernyataan spesifik pada Qbasic yang ebrguna untuk menunda eksekusi dengan selang waktu tertentu. Format Pernyataan SLEEP WaktuTunda&

54 SLEEP Example : PRINT “UNIVERSITAS” SLEEP 5 PRINT ”GUNADARMA”

55 PERNYATAAN BERGANDA

56 PERNYATAAN BERGANDA PRINT “SAYA SENANG BELAJAR” PRINT “BASIC”
Dua buah pernyataan atau lebih dapat diletakkan dalam satu baris. Pada keadaan seperti ini antar pernyatan harus dipisahkan dengan tanda titik dua (:) Example: PRINT “SAYA SENANG BELAJAR” PRINT “BASIC”

57 PERNYATAAN BERGANDA PRINT “SAYA SENANG BELAJAR” : PRINT “BASIC”
Example: PRINT “SAYA SENANG BELAJAR” : PRINT “BASIC”


Download ppt "ALGORITMA & PEMROGRAMAN 1B"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google