Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
PENDAHULUAN INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
2
Interaksi ?
3
Hal saling melakukan aksi, berhubungan atau saling mempengaruhi
Soedjono, Asas-Asas Sosiolog(Bandung:Amico,1985) hubungan timbal balik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, … Kamus bahasa Indonesia Hal saling melakukan aksi, berhubungan atau saling mempengaruhi
4
interaksi hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi
5
Manusia ?
6
MANUSIA I/O MEMORI PROSES BERPIKIR
7
Brainware : orang menggunakan
User Designer system Brainware : orang menggunakan kemampuan logika bekerja -komputer
8
Input / Output Rancangan interaksi
Kapasitas manusia terbatas untuk memproses informasi Informasi diterima – dibalas by saluran I/O Saluran input : Visual Hearing peraba pergerakan Rancangan interaksi
9
memori lemari kaca tempat khayalan disimpan, peti harta tempat logika dijaga, pintu depan tempat kesadaran masuk, dan sekaligus sebuah dewan penasihat bagi pikiran-pikiran kita (St. Basile)
10
Memori sensoris berkaitan dengan penyimpanan informasi sementara yang dibawa oleh pancaindera. Memori sensorik cukup pendek, dan biasanya akan menghilang segera setelah apa yang kita rasakan berakhir
11
Memori SORT Term memory (stm)
tidak pernah meninggalkan kesadaran dan senantiasa menyediakan “tayangan” peristiwa-peristiwa yang telah dialami panjang suatu deret Kemampuan mengingat manusia lebih mudah mengingat informasi yang baru di sampaikan
12
Memori Long term memory (ltm) jalur-jalur yang “terpahat” dalam jaringan otak manusia, dan setiap manusia memiliki struktur jalur yang berbeda
13
STM LTM Mengulang-ulang - Memberikan simbol tertentu
14
Proses Berpikir Aktifitas berpikir langsung/tidak ?
15
INFORMASI DIPROSES & DIAPLIKASIKAN
PENALARAN PEMECAHAN MASALAH SKILL ACQUISITION KESALAHAN
16
KESALAHAN MUNCUL SAVE vs DELETE NO DIALOG OK mas bro
17
User Friendly (UF)
18
User Friendly (UF) KRITERIA : - tampilan bagus - Mudah dioperasikan
- Mudah dipelajari - Pengguna selalu merasa senang setiap kali menggunakan software
19
Sistem terjemahkan TUGAS/GOAL USER
20
Sub bidang studi berhubungan dgn interaksi dan komputer
Ergonomi menitikberatkan pada karakteristik fisik mesin dan sistem dan bagaiman hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja user Human Factor meliputi studi tentang manusia dan tingkah lakunya dalam menggunakan mesin, alat-alat teknologi dan mesin dalam menyelesaikan tugas
21
HCI User + Computer Task psikologi ergonomis sosiologi Linguistik
Perancangan grafis
22
Matematika – IMK SW harus efisien dalam perhitungan matematika
Contoh : Ujian online
23
Psikologi – IMK Cara manusia menerima, mempersepsi, mempelajari, menalar, mengingat & Berpikir tentang suatu informasi
24
Linguistik - IMK
25
Prinsip-Prinsip Ergonomi
Prinsip fisikal, seperti : • Menjadikan segala sesuatu mudah untuk dijangkau • Bekerja dengan tinggi yang sesuai • Bekerja dengan postur yang sesuai dan menciptakan lingkungan yang menyenangkan.
26
IMK adalah…
27
IMK terkait dengan suatu sistem interface yang secara artistik baik dan mampu memenuhi kebutuhan tugas user. merupakan perpaduan seni dan sains secara menyeluruh
28
Bagaimana Manusia berinteraksi dengan komputer ?
INPUT - PROSES - OUTPUT
29
Kelompok I Tantangan IMK, Kelompok II Tujuan IMK,
Bagi kelas mejadi 2 kelompok, masing-masing mempersiapkan paparan tentang : Kelompok I Tantangan IMK, Kelompok II Tujuan IMK, Saling mengajukan pertanyaan sesuai topik
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.