Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Intel Teach: Essentials Course

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Intel Teach: Essentials Course"— Transcript presentasi:

1 Intel Teach: Essentials Course
Winastwan Gora Heru Triwiyono

2 Perkenalan Perkenalkan diri Anda dengan menyebutkan Nama Panggilan + nama tambahan berdasarkan karakteristik kepribadian Anda. Sebutkan pula asal institusi dan mata kuliah yang diajar.

3 Pembentukan Kelompok Buat kelompok dengan anggota kelompok maksimal 5 (lima) orang. Identifikasi kompetensi anggota kelompok sehingga terdapat ahli konten (yang menguasai kurikulum) dan ahli teknologi (memiliki keterampilan teknologi)

4 Gambaran Umum Program Intel® Teach
Program Intel Teach merupakan inisiatif di seluruh dunia untuk membekali guru keterampilan integrasi teknologi yang efektif dalam kurikulum yang ada untuk meningkatkan pembelajaran siswa. Sejak tahun 1999, program Intel Teach telah diimbaskan kepada lebih dari 10 juta Guru di lebih dari 70 negara.

5 Portfolio Program Intel® Teach
Guru ICT Skills for Success Course Training on a student curriculum that develops digital literacy, problem solving, critical thinking and collaboration skills Getting Started Course Introduction to classroom software productivity tools and student-centered approaches to learning Essentials Course (for both In Service and Pre Service teachers) Training on how to integrate technology into existing classroom curricula to promote student-centered learning Thinking with Technology Course Modular trainings on the use of online tools to enhance students’ higher order thinking skills Essentials Online Course Through a blend of in person and online training, teachers form communities to advance their integration of technology and 21st century learning. Leadership Forum Interactive forum focused on leadership in promoting, supporting and implementing effective technology integration in schools Aktifitas-aktifitas Pengayaan Piranti Online dan Sumber Belajar Guru Subjek/ Kelas Kepala Sekolah

6 Gambaran Umum Workshop
Tujuan Intel Teach: Essentials Course adalah untuk membantu para guru mengembangkan pembelajaran yang lebih berpusat pada siswa lewat integrasi TIK dan pendekatan pembelajaran berbasis proyek

7 Fokus Lokakarya Memanfaatkan TIK dalam kelas secara efektif untuk mempromosikan keterampilan abad ke-21 Mengidentifikasi cara guru dan siswa untuk dapat menggunakan TIK untuk meningkatkan pembelajaran lewat penelitian, komunikasi, kolaborasi dan pengenalan piranti produktivitas Menyediakan hands-on learning dan pembuatan rencana pembelajaran serta penilaiannya yang disesuaikan dengan standar pemerintah Memfasilitasi kelas yang berpusat pada siswa yang mendorong pengarahan diri dan pemikiran tingkat tinggi Berkolaborasi dengan rekan sejawat untuk meningkatkan pengajaran lewat penyelesaian masalah dan berpartisipasi dalam telaah/tinjauan sejawat (peer review)

8 Hasil Lokakarya Portfolio Unit 1 buah Rancangan Unit (Unit Plan)
1 Publikasi proyek Instrumen Penilaian (Rubrik)

9 Konten Lokakarya 26/03/2013 27/03/2013 Tanggal Modul
Mengajar dengan Proyek (Fokus: PBL dan perencanaan unit - GRASP) Merencanakan Unit (Fokus: Curriculum Framing Question dan rencana Penilaian) 27/03/2013 Pengembangan Rencana Unit (Lanjutan) Mengembangkan Contoh Produk Siswa (Fokus: Hasil Proyek Siswa sebagai Perancah/Scaffold) Menilai Proyek Siswa (Fokus: Merancang Penilaian)

10 Sertifikat

11 Participant Teacher (PT)
Model Pelatihan Program Intel® Teach menggunakan model Train the-Trainer: Senior Trainer (ST) Master Trainer (MT) Participant Teacher (PT)

12 Melihat Peran Anda Dalam pelatihan ini Anda akan berperan sebagai Perancang Kurikulum yang akan merancang dan mengembangkan pembelajaran berbasis proyek untuk kelas Anda.

13 Kelola Portfolio Unit Kelompok Anda!

14 Lingkungan Kolaborasi – Wiki ECIndonesia
Silahkan kunjungi Wiki (

15 Identifikasi Rancangan Proyek dengan GRASPS (30 menit)
GRASPS merupakan singkatan dari Goal (Tujuan – Mengacu ke Permasalahan di Dunia Nyata), Role (peran siswa yang dihubungkan dengan dunia nyata/real world), Audience (peserta dalam aktivitas pembelajaran), Situation (situasi dalam aktivitas pembelajaran) dan Product (produk/hasil/artefak pembelajaran) dan Standard (Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar dan Penilaian). Goal Role Audience Situation Product Standard Wiggins, Grant and Jay McTighe. Understanding by Design Professional Development Work book. Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development. 2004

16 GRASPS Table Explanation
Goal Role Audience Situation Product Standard & Assessment Provide a statement of the task. Establish the goal, problem, challenge, or obstacle in the task Define the role of the students in the task. State the job of the students for the task Identify the target audience within the context of the scenario. Example audiences might include a client or committee. Set the context of the scenario. Explain the situation. Clarify what the students will create and why they will create it Provide students with a clear picture of success. Identify specific standards for success. Issue rubrics to the students or develop them with the students.

17 Pernyataan Pemandu Goal Role Audience Situation Product Standard &
Assessment Tugas siswa adalah … Permasalahan yang ada berupa …. Siswa berperan sebagai … Yang mengerjakan … Yang ikut berperan serta adalah … Situasi yang akan dialami siswa adalah … Tantangan yang akan dihadapi adalah .. Siswa akan membuat … untuk … Kegiatan ini mengacu pada standar kompetensi … dan kompetensi dasar … Kegiatan ini akan dinilai dengan … Hasil penilaian yang baik akan mendapatkan …

18 Contoh – The Green House Project – Geometry – Kelas 10
Goal Role Audience Situation Product Standard & Assessment Siswa akan merancang sebuah rumah yang ramah lingkungan Siswa berperan sebagai seorang arsitek Yang mengerjakan rancangan rumah menggunakan prinsip “sustainable architecture” Yang ikut berperan serta adalah arsitek didekat rumah tinggal (narasumber), ahli tata lingkungan, ahli kimia dan masyarakat Situasi yang akan dialami siswa adalah suasana sebuah tender proyek arsitektur, dimana terdapat beberapa kelompok rumah desain yang berkompetisi untuk merancang rumah Siswa akan membuat site plan, floor plan, miniatur dan brosur rancangan rumah tinggal ramah lingkungan Standar kurikulum tentang geometri Standar kurikulum tentang kimia

19 Mendefinisikan Pertanyaan Pemandu
Tentukan pertanyaan-pertanyaan yang akan menjawab permasalahan yang ada dalam ide besar proyek (kolom Goals dalam Tabel GRASP) Pertanyaan pemandu haruslah provokatif, bersifat terbuka (open ended), relevan dengan topik, merangsang keingintahuan, dan konsisten dengan standar isi) Goals Driving Question Siswa akan berperan sebagai arsitek yang akan merancang sebuah rumah yang ramah lingkungan Bagaimana pemukiman penduduk mempengaruhi lingkungan? Bagaimana bisa rumah dirancang untuk memiliki dampak yang minimal bagi lingkungan?

20 Sumber-Sumber Informasi
examples-of-math-project-ideas.html

21 Membuat Publikasi Proyek (Ref. Tabel GRASPS)
Buatlah produk PRESENTASI MULTIMEDIA untuk menjelaskan proyek Anda kepada publik, tambahkan informasi lain yang berguna Format Publikasi Microsoft PowerPoint

22 Rubrik Penilaian Presentasi (1)
Kriteria/ Skala Deskriptor Nilai (1-4) Kualitas Penulisan Organisasi konten yang terdiri dari halaman judul, halaman pengembang, informasi kelas dan semester, serta informasi tambahan lain) Berisikan semua item yang harus dijawab dalam tabel GRASPS Pertanyaan pemandu bersifat terbuka, memancing rasa ingin tahu, menantang, kompleks dan selaras dengan tujuan pembelajaran

23 Rubrik Penilaian Presentasi (2)
Kriteria/ Skala Deskriptor Nilai (1-4) Presentasi Pengucapan jelas dan menggunakan bahasa tubuh yang tepat untuk membantu penyampaian pesan Menggunakan strategi presentasi yang menarik dan interaktif untuk menarik atensi pemirsa

24 Rubrik Penilaian Presentasi (3)
Kriteria/ Skala Deskriptor Nilai (1-4) Grafis dan Multimedia Tata letak yang atraktif disertai penggunaan warna dan bentuk huruf yang menawan Menggunakan multimedia yang beragam (teks, gambar, suara, animasi dan video) untuk memperjelas informasi, menambah interaktifitas dan keindahan

25 Presentasi Publikasi Proyek (15” menit untuk masing-masing kelompok) peer assessment
Presentasikan publikasi proyek kedepan kelas Masing-masing kelompok akan menilai performa presentasi dari penyaji Peraih nilai tertinggi akan mendapatkan hadiah

26 Membuat Perencanaan Unit
Langkah 1 : Mengisi Kepala Unit Download Unit Plan Template di Halaman Materi Utama lalu simpan pada folder Portofolio masing-masing Isikan informasi Nama Guru dan Sekolah pada Unit Plan Template

27 Membuat Perencanaan Unit
Langkah 2 : Mengisi Tinjauan Unit Judul Unit ( Dibuat semenarik mungkin) Ringkasan Unit ( Tuliskan narasi singkat proyek yang akan anda laksanakan berdasarkan GRASP yang sudah anda buat ) Mata Pelajaran Kelas Perkiraan Waktu yang dibutuhkan Lengkapi semua bagian dari Rencana Unit

28

29 Contoh scaffolding Siswa diberi contoh produk Siswa mendapat penjelasan tentang langkah-langkah pengerjaan Siswa mendapat jadwal kegiatan (timeline) Siswa mendapat check list tentang produk yang harus dibuat atau kegiatan yang harus dilakukan Note tentang PBL Aplikasi konsep pada kehidupan sehari-hari, untuk mempertautkan antara pemahaman teoretis dengan manfaat praktis


Download ppt "Intel Teach: Essentials Course"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google