Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehLiani Lie Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
PEMANFAATAN ICT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN
Budi Murtiyasa Jurusan Pendidikan Matematika FKIP UMS Surakarta 2008 5/4/2018
2
VISI PENDIDIKAN INDONESIA
Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif Kata kunci MUTU KEGIATAN PENDIDIK/TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM MENERAPKAN IPTEKS MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN DAN PENGELOLAAN SEKOLAH MUTU PENDIDIKAN 5/4/2018
3
Want a milk ? Smart kids ?? 5/4/2018
4
Smart kids ? 5/4/2018
5
5/4/2018
6
5/4/2018
7
Problem : Bagaimana cara penyampaian materi pelajaran ke peserta didik sehingga sesuai standard minimal kurikulum ? Bagaimana proses pembelajaran dapat melibatkan peserta didik sehingga aktif dan kreatif ? 5/4/2018
8
Pemanfaatan TIK untuk memfasilitasi Pembelajaran ?
Trend perubahan dalam pembelajaran Dari instruksi terpusat pada guru ke instruksi terpusat pada siswa Dari single media ke multimedia Dari kerja terisolasi ke kerja kolaborasi Dari pengiriman informasi sepihak ke pertukaran informasi Dari pembelajaran pasif ke pembelajaran aktif/ inquiry-based Dari yang bersifat faktual ke cara berpikir kritis Dari respon reaktif ke proaktif/tindakan terencana Dari konteks artificial ke konteks dunia nyata Pemanfaatan TIK untuk memfasilitasi Pembelajaran ? 5/4/2018
9
B. TIK dan Pembelajaran Kemajuan ICT efisiensi
e-banking, e-commerce, e-government Malaysia : e-community, e-public services, e-learning, e-economy, dan e-sovereignity Singapura : e-government dengan visinya to be a leading eGovernment to better serve the nation in the digital economy Indonesia ? Komite Nasional TI e-education 5/4/2018
10
Standard UNESCO : Tenaga pendidik (guru) harus bisa memanfaatkan / mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran 5/4/2018
11
Target Dikti Depdiknas
SDM “melek komputer”, pada tahun 2009 dosen 80%, mahasiswa 50% TIK dimanfaatkan sebagai : media pembelajaran, pengembangan profesional guru, dan pengembangan sistem pengelolaan belajar dan sumber belajar 5/4/2018
12
The Power of ICT Mendorong Perubahan dalam kurikulum yang menyangkut:
Tujuan dan isi Aktivitas pembelajaran Penilaian e-teacher, e-test, e-school, e-education, e-learning, dsb. 5/4/2018
13
e-Learning e-learning : pembelajaran yang menggunakan teknologi komunikasi dan informasi (TIK) untuk mentransformasikan proses pembelajaran antara pengajar dan peserta didik Fokus e-learning : belajar Tujuan utama penggunaan ICT adalah meningkatkan efisiensi dan efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas pembelajaran 5/4/2018
14
e-Learning peralatan TIK : komputer, jaringan LAN (local area network), WAN (wide are network), internet, intranet, satelit, TV, CD ROM, dan sebagainya. Waktu pembelajaran : bersamaan ; berbeda Bahan pembelajaran : bercirikan multimedia, yaitu mempunyai teks, grafik, animasi, simulasi, audio, video. 5/4/2018
15
Karakteristik e-Learning
Berpusat pada peserta didik Bahan pembelajaran up to date / mudah di up date Bahan pembelajaran bercirikan multimedia Belajar secara ‘bebas’ tanpa merasa ‘tertekan’ Dapat di desain utk menyimpan catatan prestasi : umpan balik, pengayaan, evaluai akhir, dll. 5/4/2018
16
ICT-based Learning student other students other students e-assignment
e-teachers e-text e-library e-audio/video e-test url address 5/4/2018
17
Trends 5th Generation: 6th Generation: The Virtual/Online/
E- Learning Model Web-based courses (integrated multimedia) Computer Mediated Communication Computer intelligent system 6th Generation: The Mobile Learning (m-Learning or Palm-E Model) Web-based courses (integrated multimedia) Mobile/Handphone Mediated Communication Computer intelligent system 5/4/2018
18
5/4/2018
19
5/4/2018
20
C. Manfaat e-Learning : bg siswa
Membangun interaksi ketika peserta didik melakukan diskusi secara online. Mengakomodasi perbedaan peserta didik. Peserta didik dapat mengulang materi pelajaran yang sulit berkali-kali, sampai pemahaman diperoleh. Kemudahan akses, kapan & dimana saja. Peserta didik dapat belajar dalam suasana yang ‘bebas tanpa tekanan’, tidak malu untuk bertanya (secara online). 5/4/2018
21
Manfaat e-Learning : bg siswa (2)
Mereduksi waktu dan biaya perjalanan. Mendorong siswa menelusuri informasi ke situs-situs pada world wide web. Mengijinkan peserta didik memilih target dan materi yang sesuai pada web. Mengembangkan kemampuan teknis dalam menggunakan internet. Mendorong peserta didik utk bertanggung jawab thd belajarnya dan membangun self-knowledge dan self-confidence. 5/4/2018
22
Manfaat e-learning : bg Guru
Kemudahan akses kapan & dimana saja Mereduksi biaya perjalanan & akomodasi, kaitannya dengan program-program pelatihan. Mendorong pengajar mengakses sumber pelajaran yg up-to-date. memungkinkan pengajar mengkomunikasikan gagasannya dalam cakupan wilayah yang lebih luas 5/4/2018
23
Manfaat e-Learning : bg Lembaga
Prestise & akuntabilitas Distance education Virtual school Menghemat biaya prasarana & sarana belajar Menghemat biaya pemeliharaan alat & gedung. 5/4/2018
24
D. Pemilihan bahan e-learning
Berbasis komputer memuat informasi baru menyatakan tujuan pembelajaran dengan jelas peserta didik dapat mengetahui kemampuannya (pemahamannya) melalui latihan-latihan secara on line. ada umpan balik terhadap hasil penilaian. 5/4/2018
25
Pemilihan bahan e-learning (2)
Memperhatikan kaidah media pembelajaran Pengetahuan : 11% melalui pendengaran dan 83% melalui penglihatan. kemampuan daya ingat : 20% dari pendengaran dan 50% melalui penglihatan 5/4/2018
26
Pemilihan bahan e-learning (3)
Menarik dan berkesan variasi teks, warna, grafik, animasi, simulasi, audio, video Biaya efisiensi 5/4/2018
27
E. Integrasi TIK-Pembelajaran
Infrastruktur : Negara Penetrasi PC Koneksi Internet singapura 60% 50% Malaysia 15% 25% Indonesia 5% ? 5/4/2018
28
SDM : computer literacy / “melek komputer”
Lamanya telah menggunakan komputer Penggunaan paket program komputer Keikutsertaan dalam kursus komputer Pemilikan komputer di rumah Keterampilan membuat program komputer Keterlibatan dalam pekerjaan yang menggunakan komputer untuk penyelesaiannya. 5/4/2018
29
Tingkat “Melek Komputer”
Guru SD 20% Guru SMP 52% Guru SMA 58% Guru SMK 32% Dosen ? target Diknas 2009 : 80% Trend baru : Pelajar dan mahasiswa mulai memanfaatkan TIK (internet) membantu menyelesaikan problem belajaran. perlu diantisipasi lembaga pendidikan 5/4/2018
30
Model Pengembangan TIK di Pendidikan
Transforming Infusing Applying Pedagogy Emerging Technology 5/4/2018
31
Pemetaan Model Spesialisasi penggunaan ICT
Membuat lingkungan belajar yg inovatif Transforming Mengetahui bgmana & kapan pakai ICT Memfasilitasi belajar peserta didik Infusing Belajar bagaimana menggunakan ICT Meningkatkan kualitas pembelajaran tradsional Applying Memiliki Perhatian pada ICT Mendukung performa kerja Emerging (a) Tahapan penggunaan ICT (b) Integrasi Pendidikan 5/4/2018
32
Pra desain : Membuat program mapping
kapan perlu tampilan teks, gambar, video, animasi, simulasi, kuis, test, atau link ke internet dan sumber belajar lainnya Guru bertindak seperti ‘penulis skenario’ atau ‘sutradara’. 5/4/2018
33
Program Mapping Unit Belajar : …….
Title : Deskripsi : Learning Objectives : (Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar) No Activity Teks Images Video Test/Quiz/ Assignment Syllabus/ calender Link: URL Addresses glossary Instructional Method 5/4/2018
34
Integrasi ICT-Pedagogy
Penggunaan ICT pada: Expository-based Learning Inquiry-based Learning Individual Learning Cooperative Learning 5/4/2018
35
Expository-based Learning
General Circle Introduksi Atensi Drill & Practice Test 5/4/2018
36
Expository-based Learning
Penggunaan TIK untuk… Introduksi Atensi Drill & Practice Test Gunakan gambar, video, animasi dalam konteks dunia nyata. 5/4/2018
37
Seberapa cepat ?? 5/4/2018
38
Expository-based Learning
Penggunaan TIK untuk… Introduksi Atensi Drill & Practice Gunakan untuk menyampaikan informasi dengan presentasi, tutorial, simulasi, demosntrasi. Test 5/4/2018
39
Expository-based Learning
Penggunaan ICT untuk… Introduksi Atensi Drill & Practice Test Gunakan untuk memberikan latihan, ada umpan balik langsung. 5/4/2018
40
Expository-based Learning
Penggunaan TIK untuk… Introduction Attention Drill & Practice Test Gunakan untuk memfasilitasi penilaian. Computer-assisted Test: desain tes, administrasi tes, pengumpulan respon, analisis hasil, serta pemberian umpan balik . 5/4/2018
41
Expository-based Learning
Penggunaan ICT pada Expository-based Learning Inquiry-based Learning Inquiry-based Learning Cooperative Learning Individual Learning 5/4/2018
42
Inquiry-based Learning
General Circle Investigasi Penyusunan/ Penyajian Pertanyaan/Problem Refleksi Diskusi 5/4/2018
43
Inquiry-based Learning
Penggunaan TIK untuk…. Investigasi Penyusunan/ Penyajian Pertanyaan/Problem Refleksi Diskusi Gunakan untuk memberikan problem / tugas-tugas yg berhubungan dengan dunia nyata 5/4/2018
44
Inquiry-based Learning
Penggunaan TIK untuk… Investigasi Penyusunan/ Penyajian Pertanyaan/Problem Refleksi Diskusi Gunakan untuk memfasilitasi eksperimen, eksplorasi, pencarian informasi 5/4/2018
45
Inquiry-based Learning
Penggunaan TIK untuk… Investigasi Penyusunan/ Penyajian Pertanyaan/Problem Refleksi Diskusi Gunakan untuk membuat presentasi atau mendemosntrasikan hasil 5/4/2018
46
Inquiry-based Learning
Penggunaan TIK untuk… Investigasi Penyusunan/ Penyajian Pertanyaan/Problem Refleksi Diskusi Gunakan untuk menyajikan demosntrasi hasil kerja 5/4/2018
47
Expository-based Learning
Penggunaan ICT pada Expository-based Learning Inquiry-based Learning Cooperative Learning Cooperative Learning Individual Learning 5/4/2018
48
Cooperative Learning General Circle Investigation Group /Discuss/
Teams-Games- Tournaments (TGT) Group Investigation Constructive Controversy Jigsaw Procedure Investigation /Discuss/ Create/ Question /Task Group work Student Teams Achievement Divisions (STAD) Team Accelerated Instruction (TAI) Conclusion & Reflection Cooperative Integrated Reading & Composition (CIRC) 5/4/2018 ……
49
Using ICT to Facilitate
Expository-based Learning Inquiry-based Learning Cooperative Learning Individual Learning Individual Learning 5/4/2018
50
ICT-Based Individual Learning
Pembelajaran berbantuan Komputer --CAI Drill and Practice Simulasi Tutorial Instructional Games Problem-solving Programs Resources-Based Learning –– online 5/4/2018
51
Bahan pelajaran : copy / download
Sekolah dapat bekerjasama dng lembaga yg sudah mampu, misal PPPG matematika sekolah yang memiliki komputer tetapi belum ada koneksi dengan internet adalah dengan memanfaatkan CD ROM yang memuat materi pelajaran yang banyak dijual bebas di pasaran. 5/4/2018
52
5/4/2018
53
5/4/2018
54
5/4/2018
55
5/4/2018
56
5/4/2018
57
Ruang Kelas Berbasis TIK
Komputer Koneksi Internet LCD proyektor Homepage pengajar list mata pelajaran Program simulator untuk mata pelajaran e-library 5/4/2018
58
Multiple Effect penggunaan ICT
dosen di Peguruan Tinggi memanfaatkan TIK dalam pembelajarannya mahasiswa harus dapat menggunakan TIK. Jika mahasiswa tsb calon guru dapat menggunakan TIK untuk pembelajaran pada para siswanya merangsang para siswa belajar dan menggunakan TIK. cepat atau lambat, masyarakat Indonesia menjadi computer literacy. LPTK sudah seharusnya memberikan ketrampilan TIK untuk pembelajaran bagi para mahasiswanya. 5/4/2018
59
Continuous Quality Improvement
Untuk kita renungkan… Barang siapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, ia beruntung; barang siapa yang hari ini sama denga hari kemarin, ia merugi; dan barang siapa yang hari ini lebih jelek dari hari kemarin, ia celaka (Hadist). Continuous Quality Improvement 5/4/2018
60
Terima Kasih 5/4/2018
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.