Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehDeddy Pranoto Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Skenario 2: Hujan Pemrograman Game Eko Prasetyo Teknik Informatika
Univ. Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur 2012
2
Skenario 2: Hujan Hujan dimulai dari satu tetes.
Setiap kali satu tetes air sampai di tanah, maka menumbuhkan satu pohon dan berbunga. Setiap satu tetes air yang sampai tanah, akan memunculkan air lagi dari atas sebayak 2 tetes air. Bunga mekar dari kecil ke besar
4
Kelas GreenfootImage int Acak = Greenfoot.getRandomNumber(batas)
Mendapatkan bilangan acak mulai 0 sampai batas -1 (tidak termasuk batas), tersimpan di variabel Acak. GreenfootImage(GreenfootImage image) Create a GreenfootImage from another GreenfootImage GreenfootImage(int width, int height) Create an empty (transparent) image with the specified size GreenfootImage(String filename) Create an image from an image file void clear() Clear the image. void drawString(String string, int x, int y) Menggambar string dengan jarak x dari tepi kiri dan tinggi y void scale(int width, int height) Scales this image to a new size.
5
Kelas Warna Tambahkan library java.awt.color
void setColor(Color color) Mengganti warna image dengan color Bisa menggunakan (R,G,B) dengan jangkauan 0 – 255 atau konstanta warna, seperti Font.red, Font.black, dsb. Konstruktur pembentukan color Color(int, int, int) Creates a color with the specified red, green, and blue values in the range ( ). Color(float, float, float) Creates a color with the specified red, green, and blue values in the range ( ). Referensi Color dalam java
6
Kelas Font Tambahkan library java.awt.font Font getFont()
Get the current font. void setFont(Font f) Set the current font. void setFont(Font font) Mengganti font GreenfootImage dengan font yang baru font.deriveFont(FONT_SIZE) Mengganti ukuran font dengan FONT_SIZE new Font(String name, int style, int size) Membuat font baru dengan nama, style dan size Konstanta nama font: “TimesRoman” “Verdana” “Courier” “Sanserif” “Monospaced” Dsb. Konstanta style: Font.PLAIN Tanpa style Font.BOLD Tebal Font.ITALIC Miring Konstanta size: 10 12 16 20 Dsb. Referensi Font dalam java
7
Manipulasi gambar yang membesar atau mengecil
Langkah-langkah: 1. Deklarasikan atribut bertipe Greenfoot dalam bentuk array public static GreenfootImage[] gambar 2. Gambar dibuat besar dan kecil saat awal dipanggil public void inisialisasiGambar() { if (gambar == null) { GreenfootImage gambarAsli = new GreenfootImage("shamrock.png"); gambar = new GreenfootImage[10]; for (int i = 0;i<=9;i++) { int ukuran = (i+1) * (gambarAsli.getWidth()/10); gambar[i] = new GreenfootImage(gambarAsli); gambar[i].scale(ukuran, ukuran); } 3. Buat method untuk penggantian gambar if (idx > 9) { idx = 0; setImage(gambar[idx]); idx++; 4. Kedua method tersebut dipanggil dalam method act() Menyimpan 10 gambar dengan ukuran berbeda.
11
Mengakses atribut obyek dari obyek yang lain
Method dalam kelas objek yang akan diakses harus berstatus public. Buatlah objek yang akan diakses dari kelas World. Dibuat ketika game pertama berjalan. Status bisa private. Tambahkan method didalam kelas World untuk mengakses objek yang akan diakses isinya, misal: tambahSkor(). Pemanggilan method tambahSkor() dari kelas Actor dengan cara merujuk ke kelas World. Misal: getWorld().tambahSkor(). Cara pemanggilan dengan membuat object bertipe World tersebut. Misal: Hujan adalah kelas bertipe World. Pemanggilan dalam kelas Air (bertipe Actor) Cara membuat objectnya: Hujan hujan = (Hujan) getWorld(); Kemudian dipanggil dengan cara: hujan.tambahSkor();
14
Saatnya anda membuat game (Perilaku Aktor)
Tugas I Saatnya anda membuat game (Perilaku Aktor)
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.