Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INPUT DAN OUTPUT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INPUT DAN OUTPUT."— Transcript presentasi:

1 INPUT DAN OUTPUT

2 I/O Devices Ada dua kategori I/O Devices, yaitu: Block Devices
- Menyimpan informasi dalam blok-blok dengan ukuran yang tetap - Masing-masing memiliki alamat sendiri-sendiri - Blok-blok tersebut umumnya berukuran antara byte Contoh: disk, magnetic tape.

3 Character Devices Menerima informasi dalam bentuk deretan karakter
- Tidak berbentuk struktur blok - Tidak memiliki alamat tertentu Contoh : terminal, line printer, punched card, network interface dll.

4 Device Controllers Unit-unit I/O terdiri dari :
1. Komponen mekanik (perangkat fisik) 2. Komponen elektronik (Device Controller atau Adapter)

5 Model komunikasi CPU - controller
Single Bus Model (atau mini komputer) I/O channel : multiple bus dan komputer I/O khusus (pada mainframe) Fungsi controller : Mengkonversikan aliran bit serial ke dalam bentuk blok-blok byte Menangani perbaikan kesalahan seperlunya

6 Direct Memory Access (DMA)
Fungsi : membebaskan CPU dari pekerjaan transfer data ke memori Interleaving: metoda pembacaan sektor-sektor dari satu track yang sama dengan cara melompat.

7 Contoh : Sebagai contoh adalah untuk membaca satu silinder secara lengkap diperlukan dua putaran penuh, pertama untuk blok genap dan berikutnya untuk blok ganjil. Banyaknya lompatan blok tersebut disesuaikan dengan kecepatan pemindahan satu blok dari controller ke memori melalui bus. Saat disk diformat, blok-blok akan diberi nomor sesuai dengan faktor interleave.

8 KEUNTUNGAN DMA Pada sistem multitasking sepertti linuk, transfer data akan menghemat resource CPU sehingga CPU dapat mengerjakan pekerjaan lain. Pada sistem single-tasking (DOS), CPU harus menunggu hingga transfer data selesai terlebih dahulu. Ada 2 jenis DMA Third-party DMA, menggunakan DMA controller yang ada pada matherboard untuk melakukan operasi transfer data First-party DMA, untuk melakukan transfer data dikerjakan dibagian logic di interface card

9 DISK Kelebihan : Kapasitas penyimpanan sangat besar
Harga per bit sangat murah Informasi tidak akan hilang saat komputer dimatikan.

10 KESALAHAN PADA DISK Programming error (contoh : meminta sektor yang tidak ada) Transient checksum error (contoh : disebabkan oleh head yang kotor) Permanent checksum error (contoh : kerusakan fisik blok disk) Seek error (contoh : salah kirim, seharusnya menuju ke silinder 6 tapi sampai ke silinder 7 ) Controller error (contoh : controller menolak menerima perintah).

11 Disk Hardware Terdiri dari sejumlah silinder yang tersusun dalam track-track Setiap track dibagi ke dalam sektor-sektor Seluruh sektor memilki kapasitas penyimpanan yang sama Waktu akses ditentukan oleh tiga faktor, yaitu : Seek Time Rotational Delay Transfer Time

12 Algoritma Penjadwalan Lengan Disk (Disk Arm)
First-Come First-Served Berdasarkan urutan kedatangan permintaan Sederhana, tetapi tidak optimal Sortest Seek First Mecari silinder terdekat Memiliki kelemahan jika pada pending request banyak yang meminta silinder yang berada di tengah-tengah

13 Kesalahan-kesalahan pada disk :
Programming error (contoh : meminta sektor yang tidak ada) Transient checksum error (contoh : disebabkan oleh head yang kotor) Permanent checksum error (contoh : kerusakan fisik blok disk) Seek error (contoh : salah kirim, seharusnya menuju ke silinder 6 tapi sampai ke silinder 7 ) Controller error (contoh : controller menolak menerima perintah).

14 RAM Disk Menggunakan RAM untuk menyimpan blok-blok dari block device
Meningkatkan kinerja akses ke disk RAM disk dibagi ke dalam n blok sesuai dengan besar memori yang dialokasikan Setiap blok memiliki ukuran yang sama Transfer membaca dan menulis dilakukan dengan memanggil suatu prosedur bahasa assembly yang menyalin ke atau dari program pemakai dengan kecepatan maksimum yang dimungkinkan oleh hardware

15 CLOCK Pada sistem timesharing berfungsi untuk :
Mengelola informasi waktu (time of day) Mencegah monopoli CPU oleh suatu proses Clock software secara umum berbentuk device driver.

16 Clock Hardware Membangkitkan interrupt pada selang waktu tertentu.
Ada 2 type clock hardware: memanfaatkan siklus perubahan fasa tegangan listrik AC programable clock (PC)

17 TERMINAL Media bagi pemakai untuk dapat berkomunikasi dengan komputer
Terminal Sofware Terdiri dari dua bagian : Input software (contoh : keyboard) Output software (contoh: layar

18 Terminal Input Software
Berfungsi mengelola semua masukan dari perangkat masukan. Output Software Mengelola semua perintah cetak ke perangkat keluaran.


Download ppt "INPUT DAN OUTPUT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google