Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN II

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN II"— Transcript presentasi:

1 ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN II
POINTER

2 Pointer Pointer merupakan sebuah tipe data yang memuat nilai berupa alamat memory yang dapat diakses dengan identifier Pada saat pendeklarasian variable,variabel tersebut akan dialokasikan pada memori dengan alamat dan kapasitas yang dideklarasikan. Alamat tersebut dialokasikan secara otomatis oleh kompiler dan operating system pada saat run-time kode program. Alamat ini dapat diakses dengan menggunakan variabel bertipe pointer.

3 OPERATOR ALAMAT Andy = 25 Fred = Andy; Ted = &Andy;
Andy akan memberikan variable ted alamat dari variable andy, karena variable andy diberi awalan karakter ampersand (&), maka yang menjadi pokok disini adalah alamat dalam memory, bukan isi variable

4 OPRATOR REFERENCE Pointer dapat mengakses nilai yang tersimpan secara langsung dengan memberikan awalan operator asterisk (*) pada identifier pointer, yang berarti “nilai yang ditunjuk oleh". Contoh : penunjuk=*mhs; (dapat dikatakan:“penunjuk sama dengan nilai yang ditunjuk oleh mks") beth = 25, karena mhs dialamat 1776, dan nilai yang berada pada alamat 1776 adalah 25

5 andy == 25 &andy == 1776 ted == 1776 *ted == 25

6 Format deklarasi pointer
type * pointer_name; Contoh : main () { int value1 = 5, value2 = 15; int * mypointer; mypointer = &value1; *mypointer = 10; mypointer = &value2; *mypointer = 20; cout << "value1==" << value1 << "/ value2==" << value2; getch(); }


Download ppt "ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN II"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google