Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehWidya Tan Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Falsafah Dan Konsep Dasar Perbankan Islam Serta Sistem Ekonomi Islam
Oleh: Irdanuraprida Idris, SH, MH
2
Falsafah dasar Bank Islam / Bank Syariah mengacu kepada ajaran agama Islam yang bersumber pada Al-Qur’an, al-Hadist / as-Sunnah, dan al-Ijtihad.
3
Al-Qur’an Kitab suci umat Islam.
Umat Islam meyakininya sebagai firman Allah yang diwahyukan dalam bahasa Arab kepada Nabi terakhir, Nabi Muhammad SAW. Dinamakan Al-Qur’an, karena ia merupakan kitab yang wajib dibaca, dan dipelajari dan merupakan himpunan dari ajaran-ajaran wahyu yang terbaik
4
Al- Hadist Menurut pengertian bahasa adalah suatu berita atau sesuatu yang baru. Dalam ilmu Hadits istilah tersebut berarti segala perkataan, perbuatan atau tarir yang dilakukan Nabi Muhammad. Umumnya ahli Hadits menyamakan istilah Hadits dengan istilah as-Sunnah.
5
Al-Qiyas Suatu metode untuk menemukan hukum suatu peristiwa yang tidak ada kejelasan hukumnya dalam sumber hukum utama, yakni Al-Qur’an dan Hadits. Dengan cara menghubungkan atau menyamakan dengan hukum suatu peristiwa yang telah tersebut karena adanya persamaan ‘illat antara kedua peristiwa tersebut. Menurut istilah fukaha al-Ijma’
6
Al-Qiyas al-Ijma’ ialah kesepakatan pendapat di antara para mujtahid atau persetujuan pendapat di antara ulama fikih di abad tertentu mengenai hukum syara’
7
Prinsip-prinsip Bank Islam
Visi Perbankan Islam umumnya adalah menjadi wadah terpercaya bagi masyarakat yang ingin melakukan investasi dengan sistem bagi hasil secara adil sesuai prinsip syariah. Memenuhi rasa keadilan bagi semua pihak dan memberikan maslahat bagi masyarakat luas. Memenuhi ketentuan-ketentuan pasal setiap lembaga keuangan syariah.
8
Ketentuan-ketentuan pasal setiap lembaga keuangan syariah
Menjauhkan Diri Dari Kemungkinan Adanya Unsur Riba. Menerapkan Prinsip Sistem Bagi Hasil Dan Jual beli
9
Menjauhkan Diri Dari Kemungkinan Adanya Unsur Riba
Menghindari penggunaan sistem yang menetapkan dimuka suatu hasil usaha, seperti penetapan bunga simpanan atau bunga pinjaman yang dilakukan pada bank konvensional . Menghindari penggunaan sistem presentasi biaya terhadap utang atau imbalan terhadap simpanan yag mengandung unsur melipatgandakan secara otomatis utang/simpanan tersebut hanya karena berjalannya waktu (Lihat QS. Ali Imran (3): 130
10
Menjauhkan Diri Dari Kemungkinan Adanya Unsur Riba
Menghindari penggunaan sistem perdagangan / penyewaan barang ribawi dengan imbalan barang ribawi lainnya (Lihat Hadits Shahih Muslim Bab Riba No s/d 1567. Menghindari penggunaan sistem yang menetapkan dimuka tambahan atas utang yang bukan atas prakarsa yang mempunyai utang secara sukarela, seperti penetapan bunga pada bank konvensional. (Lihat terjemah Hadits Shahih Muslim oleh Ma’mur Daud Bab Riba No s/d 1572
11
QS. Ali Imran (3): 130 Allah Subhana Wata’ala melarang memakan riba berlipat ganda
12
Hadits Shahih Muslim Bab Riba No. 1551 s/d 1567.
Memperdagagangkan / menyewakan barang ribawi dengan imbalan barang yang sama dan sejenis dalam jumlah atau kualitas yang lebih adalah hukumnya riba
13
Hadits Shahih Muslim oleh Ma’mur Daud Bab Riba No. 1569 s/d 1572
Membayar utang dengan yang lebih baik (yaitu diberikan tambahan), kecuali atas dasar sukarela dari yang meminjam, yang juga dicontokan dari Hadits tersebut.
14
Prinsip Sistem Bagi Hasil Dan Jual beli
Mengacu pada petunjuk: Al-Qur’an QS. Al-Baqarah (2):275 dan surat an-Nisaa (4):29
15
Prinsip Sistem Bagi Hasil Dan Jual beli
Investasi bagi penyimpan dana berarti nasabah yang menyimpan dananya pada bank ini (tabungan mudharabah atau simpanan mudharabah) dianggap sebagai penyedia dana (rabbul mal) akan memperoleh hak bagi hasil dari usaha bank sebagai pengelola dana (mudharib) yang sifat hasilnya tidak tetap dan tidak pasti sesuai dengan besar kecilnya hasil usaha bank.
16
Prinsip Sistem Bagi Hasil Dan Jual beli
Pembiayaan investasi adalah pembiayaan baik sepenuhnya (al-mudharabah) atau sebagian (al-musyarakah) terhadap suatu usaha yang tidak berbentuk saham). Dana yang ditempatkan, sepenuhnya maupun sebagian tetap menjadi milik bank sehingga pada waktu berakhirnya kontrak, bank berhak memperoleh bagi hasil dari usaha itu sesuai dengan kesepakatan.
17
Prinsip Sistem Bagi Hasil Dan Jual beli
Dari semua bentuk pembiayaan itu, yang paling disukai sebenarnya adalah pembiayaan Mudharabah. Karena jika hasil dari pembiayaan itu dihitung, yang kemudian dibuat perbandingan dari dana semula. Dana semula akan dikembalikan kepada Bank, sedang selisihnya dapat diperuntukkan Bank sebagai yang mempunyai dana (rabbul mal) dengan yang mengelola (mudharib).
18
Pola Perilaku Konsumsi
Ada suatu ketentuan dalam Al-Qur’an yang memungkinkan umat Islam mempunyai sisa dana untuk melakukan kegiatan ekonomi
19
Pola Perilaku Konsumsi
QS. Al-Baqarah (2):183 QS. Al-A’raaf (7):31 QS. Al-Irsaa” (17):26
20
QS. Al-Baqarah (2):183 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa”.
21
QS. Al-A’raaf (7):31 “Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan”.
22
QS. Al-Isra” (17):26 “Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekay akan hak-Nya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan, dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros”.
23
Pola Perilaku Simpanan
Ketentuan dalam Al-Qur’an yang mengatur pola perilaku simpanan seperti yang terdapat dalam Al-Qur’an tersebut, yang mengharuskan umat islam untuk melakukan investasi dan perdagangan.
24
Pola Perilaku Simpanan
QS. Al-Baqarah (2):275 QS. Ali imran (3): 130 QS. An-Nisa’ (4):161
25
QS. An-Nisa’ (4):161 “Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukkan setan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual-beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba”
26
QS. Ali imran (3): 130 “Hai orang-orang yang beriman janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan”
27
QS. An-Nisa’ (4):161 “Dan disebabkan mereka memakan riba, padahal sesungguhnya mereka telah dilarang daripadanya, dank arena mereka memakan harta orang dengan cara yang batil. Kami telah menyediakan untuk orang-orang yang kafir di antara mereka itu siksa yang pedih”.
28
Pola Perilaku Investasi
Pola perilaku investasi dibentuk sesuai dengan petunjuk Al-qur’an dan Hadist, yakni dana yang telah terkumpul dari simpanan tidak boleh dibungakan.
29
Pola Perilaku Investasi
Dijadikan modal usaha perdagangan (QS. An-Nisa’ (4):29) Ditanamkan pada suatu usaha yang menghasilkan barang dan jasa atau dititipkan kepada pengelola dengan sistem bagi hasil (QS: Al-Muzaammil (73): 20).
30
Pola Perilaku Investasi
Dalam pengertian fikih, mereka yang melakukan dharb (perjalanan niaga) mencari sebagian karunia Allah adalah para pengusaha (entrepreneur) yang bertindak sebagai mudharib yang terikat dalam perjanjian mudharabah (qirad) dengan sistim bagi hasil Qs: Shaad (38) : 24
31
QS. An-Nisa’ (4):29 “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu makan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka di antara kamu”
32
QS: Al-Muzaammil (73): 20 “ ……..dan orang-orang yang berjalan di muka bumi mencari sebagian karunia Allah….”
33
Qs: Shaad (38) : 24 “…dan sesungguhnya kebanyakan dari orang-orang bersyarikat itu sebagian mereka berbuat zalim kepada sebagian yang lain, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, dan amat sedikitlah mereka ini……”
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.