Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan II – Grafika Komputer

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan II – Grafika Komputer"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan II – Grafika Komputer
Output Primitive (Sederhana)

2 Bentuk sederhana Grafik
Titik Garis Lingkaran Poligon

3 Algoritma menggambar garis
Ide dasar Lebih lanjut akan diperoleh: Jika |m| < 1, maka x di set mulai dari 1 y dihitung berdasarkan ekspresi sebelumnya

4 Algoritma menggambar garis
Jika |m| > 1, maka y di set mulai dari 1 x dihitung berdasarkan ekspresi sebelumnya Jika |m| = 1, maka x = y di set mulai dari 1 Dihasilkan garis lurus

5 Algoritma menggambar garis
Ide dasar Secara matematis, fungsi persamaan garis adalah: y = mx + b, di mana m  slope atau gradien b  perpotongan dengan sumbu y Jika diberikan dua titik awal dan akhir dari suatu garis yaitu (x1, y1) dan (x2, y2) , maka diperoleh :

6 Algoritma menggambar garis
Algoritma DDA (Digital Diffrential Analyser) Algoritma Bresenham

7 DDA (Digital Diffrential Analyser)
Inti dasarnya, bagaimana menempatkan piksel pada titik awal sampai akhir yang telah diberikan. Berdasar pada perhitungan tingkat perubahan terhadap koordinat x atau terhadap koordinat y. Jika |m| < 1, maka Piksel koordinat y ditentukan dengan menentukan x = 1 dan yk+1 = yk + m Jika |m| > 1, maka Piksel koordinat y ditentukan dengan menentukan y = 1 dan xk+1 = xk + 1/m

8 Algoritma DDA Diberikan dua titik (x1, y1) dan (x2, y2)
Mulai pada titik awal dan hitung gradiennya Gambar titik Melangkah ke kanan 1 piksel dan ke atas (m*perubahan pada x) piksel. Jika perubahan terhadap x = 1 Maka akan naik sebanyak m piksel Gambar piksel Ulangi langkah 4, sampai ditemukan titik ke akhir.

9 Pseudo code Algoritma DDA versi x
Let x = x1; y = y1 dan m = (y2-y1)/(x2-x1) Draw pixel (x, y) While (x < x2) { X = x + 1; Y = y + m Draw pixel (round (x), round (y)); }

10 Pseudo code Algoritma DDA versi y
Let x = x1; y = y1 dan m = (x2-x1)/(y2-y1) Draw pixel (x, y) While (y < y2) { y = y + 1; x = x + m Draw pixel (round (x), round (y)); }

11 Algoritma Bresenham

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21 Tugas Implementasikan gambar objek, misal rumah, buku, mobil, motor, dll Jelaskan langkah-langkah program anda (keterangan dalam program) Kumpulkan maksimal minggu depan dalam bentuk soft copy Bahasa Pemrograman Bebas Kelompok 2 mhs di about box (Form Tersendiri)


Download ppt "Pertemuan II – Grafika Komputer"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google