Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
SISTEM INTELEGENSIA BUATAN
Pertemuan 5 Diema HS, S. Kom
2
“ SISTEM PAKAR “ Definisi Keuntungan dan kelemahan Konsep Dasar
Tujuan Dan Fungsi Sistem Pakar Bentuk Sistem Pakar Struktur Sistem Pakar Ciri-ciri Permasalahan yang disentuh Sistem Pakar
3
DEFINISI Sistem komputer yang dapat melakukan penalaran terhadap persoalan tertentu seperti penalaran yang dilakukan manusia (Michael P. Geografi) Sistem Komputer yang bisa menyamai atau meniru kemampuan seorang pakar (Giarratano dan Riley) Program komputer yang dimanfaatkan untuk meniru proses pengambilan keputusan seorang pakar dalam bidang tertentu (Michael W. Parks)
4
Contoh Sistem Pakar
5
KEUNTUNGAN SISTEM PAKAR:
Memungkinkan orang awam bisa mengerjakan pekerjaan para ahli Bisa melakukan proses secara berulang secara otomatis Menyimpan pengetahuan dan keahlian para pakar Meningkatkan output dan produktivitas Meningkatkan kualitas Mampu mengambil dan melestarikan keahlian para pakar Mampu beroperasi dalam lingkungan berbahaya Memiliki kemampuan untuk mengakses pengetahuan Memiliki realibilitas Meningkatkan kapabilitas system computer Memiliki kemampuan untuk bekerja dengan informasi yang tidak lengkap dan mengandung ketidakpastian Sebagai media pelengkap dalam pelatihan Meningkatkan kapabilitas dalam penyelesaian masalah Menghemat waktu dalam pengambilan keputusan
6
KELEMAHAN SISTEM PAKAR
1.Biaya yang diperlukan untuk membuat dan memeliharanya sangat mahal 2.Sulit dikembangkan. Hal ini erat kaitannya dengan ketersediaan pakar dalam bidangnya 3.Sistem pakar tidak 100% bernilai benar
7
KONSEP DASAR SISTEM PAKAR
Keahlian Ahli Pengalihan keahlian Inferensi Aturan Kemampuan menjelaskan
8
Perbedaan Sistem Konvensional dengan Sistem Pakar (SP)
9
Tujuan Dan Fungsi Sistem Pakar
Memasyarakatkan Pengetahuan dan Pengalaman seorang Pakar Dapat digunakan non-expert untuk meningkatkan kemampuan pemecah- an masalah dan oleh expert sebagai knowledgeable assistant Menyederhanakan pekerjaan dan memperbaiki kualitas Memecahkan masalah (sederhana) tanpa kehadiran seorang pakar
10
BENTUK / TIPE SISTEM PAKAR
Mandiri : sistem pakar yang murni berdiri sendiri, tidak digabung dengan software lain, bisa dijalankan pada komputer pribadi, mainframe. Terkait/Tergabung : dalam bentuk ini sistem pakar hanya merupakan bagian dari program yang lebih besar. Program tersebut biasanya menggunakan teknik algoritma konvensional tapi bisa mengakses sistem pakar yang ditempatkan sebagai subrutin, yang bisa dimanfaatkan setiap kali dibutuhkan. Terhubung : merupakan sistem pakar yang berhubungan dengan software lain, misal : spreadsheet, DBMS, program grafik. Pada saat proses inferensi, sistem pakar bisa mengakses data dalam spreadsheet atau DBMS atau program grafik bisa dipanggil untuk menayangkan output visual. 4. Sistem Mengabdi Merupakan bagian dari komputer khusus yang diabdikan kepada fungsi tunggal. Sistem tersebut bisa membantu analisa data radar dalam pesawat tempur atau membuat keputusan intelejen tentang bagaimana memodifikasi pembangunan kimiawi, dll.
11
STRUKTUR SISTEM PAKAR Ada 2 bagian utama sistem pakar :
Lingkungan pengembangan (development environment) : digunakan untuk memasukkan pengetahuan pakar ke dalam lingkungan sistem pakar lingkungan konsultasi (consultation environment) digunakan oleh pengguna yang bukan pakar untuk memperoleh pengetahuan pakar
12
STRUKTUR SISTEM PAKAR
13
Bagaimana Sistem Pakar Melakukan Inferensi?
Sistem Perantaian Maju (Forward Chaining Systems) Sistem Perantaian Balik (Backward Chaining Systems)
14
Ciri - ciri Sistem Pakar
Ciri-ciri SP : Terbatas pada bidang yang spesifik Berdasarkan pada rule atau kaidah tertentu Outputnya bersifat nasihat atau anjuran Output tergantung dari dialog dengan user.
15
PERMASALAHAN YANG DISENTUH SISTEM PAKAR
Interpretasi. Pengambilan keputusan dari hasil observasi, termasuk diantaranya : pengawasan, pengenalan ucapan, analisis citra, interpretasi sinyal, dan beberapa analisis kecerdasan. Pembuatan Desain/perancangan (Designing). Termasuk diantaranya : layout sirkuit dan perancangan bangunan. Perencanaan (Planning). Termasuk diantaranya : perencanaan keuangan, komunikasi, militer, pengembangan produk, routing dan manajemen proyek. Prakiraan (Forecasting). Termasuk diantaranya : peramallan, prediksi demografis, peramalan ekonomi, prediksi lalu lintas, estimasi hasil, militer, pemasaran atau peramalan keuangan. Pengendalian (Controlling). Melakukan kontrol terhadap interpretasi, prediksi, perbaikan, dan monitoring kelakuan sistem. Diagnosis (Diagnosing). Termasuk diantaranya : medis, elektronis, mekanis, dan diagnosis perangkat lunak Perumusan (Prescribing) Penjelasan (Explaining) Pemberian Nasihat (Advising) Pelatihan (Tutoring) Perbaikan Monitoring , Misalnya : Computer-Aided Monitoring Systems
16
Contoh Aturan dalam Sistem Pakar
17
Contoh Sistem Pakar dalam Sesi Tanya Jawab
18
Fasilitas Penjelasan dalam Sistem Pakar
19
ChatBot : Contoh aplikasi AI
Chatbot merupakan program khusus dalam computer yg berfungsi sebagai penjawab sapaan di ruang chatting. Chatbot yang terkenal bernama Jabberwacky, yang ditemukan oleh Rollo Carpenter, finalis Loebner Prize asal Inggris, ia mampu menggunakan kata-kata plesetan, humor, kadang juga kata sindiran, bahkan juga menjadi pembicara yg konfrontatif. Kelebihan Jabberwacky dari Chattbot lain adalah makin banyak ia berbicara dgn para chatter manusia maka makin banyak yg dipelajarinya. Loebner Prize merupakan penghargaan khusus di bidang AI tkt dunia yg dimulai sejak Penghargaan ini diberikan pada mereka yg mampu meloloskan dari Turing Test (Metode yang ditemukan oleh Alan Turing). Yakni suatu cara menguji mesin untuk mengetahui apakah mesin itu cerdas atau tidak.
22
TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN ANDA !!!
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.