Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehVerawati Widjaja Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Algoritma & Pemrograman 1 (Scratch)
M3. Motion
2
Pengenalan Motion : Pada skrip motion menjelaskan tentang perintah yang berhubungan dengan pergerakan seperti maju, mundur, memutar, pindah posisi, ubah posisi pada scripts scratch.
3
Scripts Pada Motion (1)
4
Scripts Pada Motion (2)
5
Dalam bab ini, Anda akan melakukan hal berikut :
Jelajahi gerak dan pena perintah Scratch ini Menghidupkan sprite dan memindahkan mereka sekitar Panggung Menggambar artistik, pola geometris dan membuat game Pelajari mengapa sprite kloning adalah alat yang berharga
6
1. Absolute Motion Bekerja pada stage berukuran 480 × 360 persegi panjang Jaringan yang pusatnya dimulai dari titik (x,y) = (0,0) Scratch memiliki empat perintah absolute motion (go to, glide to, set x to, and set y to) yang memungkinkan Anda memberitahu sprite Anda berada di mana untuk pergi pada grid tersebut menuju target.
7
Pengenalan Cara Kerja Absolute Motion (1)
Step 1 Disamping adalah salah satu contoh pergerakkan sprite dimulai dari titik 0 menuju x (200), y (150) menuju target, dengan : Gambar (x) koordinat terletak di sisi kanan memberitahu sprite seberapa jauh bergerak horizontal menuju target. Gambar (y) koordinat mengatakan itu seberapa jauh bergerak secara vertikal menuju target. Step 2
8
Pengenalan Cara Kerja Absolute Motion ( 2)
2. Disamping adalah salah satu contoh pergerakkan sprite dimulai dari titik x (200) menuju y (150) sebagai target, dengan : Step 1 : Gambar (x) koordinat terletak di sisi kanan memberitahu sprite seberapa jauh bergerak horizontal menuju target. Step 2 : Gambar (y) koordinat mengatakan itu seberapa jauh bergerak secara vertikal menuju target. Step 1 Step 2
9
Pengenalan Cara Kerja Absolute Motion (3)
Finish Mouse 1 3. Pada contoh gambar disamping menggambarkan tentang : Mouse1 Sprite : Perjalan mouse1 sprite dari titik mulai menuju finish x (0) dan y (0) Mouse2 Sprite : Perjalan mouse1 sprite dari titik mulai menuju finish x (100) dan y (100) Mouse 2 Finish
10
2. Relative Motion Bekerja pada stage berukuran 480 × 360 persegi panjang Jaringan yang pusatnya dimulai dari titik (x,y) = (0,0) Titik awal di mulai dengan ketentuan bebas Pada gerak relatif ini, perubahan yang di perlihatkan berupa perubahan gerak dengan langkah yang perubahannya terjadi secara berulang menuju target dengan beberapa langkah.
11
Pengenalan Cara Kerja Relative Motion ( 1)
Pada gambar disamping merupakan contoh dari pergerakkkan mutlak, yang diatur pergerakkan secara 4 langkah ke arah target, yaitu ; Mulai dari titik (0,0) Perpindahan 3 langkah menuju baris target Perpindahan berbelok kekanan Perpindahan 2 langkah menuju target Step 4 Step 1 Step 2 Step 3
12
Pengenalan Cara Kerja Relative Motion (2)
2. Pada contoh gambar disamping menjelaskan tentang pergerakkan berkelok dengan perulangan titik x menuju titik y secara berulang 3 kali dengan titiik x (50) dan (50) menuju target (x,y) = 150,150)
13
3. Arah Konvensi Pada Scartch
Di dalam scartch : Tititk 0” berada diatas tengah sebagai titik koordinat (0,0) Titik 90” berada disebelah kanan koordinat x ( 0,90) dan y (90,0) Tititk -90” berada disebelah kiri koordinat x (0,270) dan y (360,0)
14
Implementasi Motion 1 Pada gambar di atas menjelaskan tentang pergerakkan dua sprite kucing dan bola dengan perintahpada blok motion diatas dengan perintah , , dan
15
Latihan Mandiri : Buatlah objek kucing yang dapat bergerak dan berputar pada sisi pojok layar dan buatlah alur secara sirkuit yaitu dari star menuju star kembali seperti contoh yang ada pada video disamping kanan slide.
16
End of File
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.