Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER"— Transcript presentasi:

1 DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER
Pertemuan 1

2 Target Setelah menempuh materi ini, mahasiswa hendaknya mampu:
 Memahami tentang konsep dasar pemrograman komputer Memahami tentang dasar algoritma dan tahap pengembangannya

3 Pokok Bahasan Konsep Dasar Pemrograman Definisi Algoritma
Tahap Pengembangan Algoritma Langkah membuat algoritma

4 Dasar Pemrograman Komputer

5 Prinsip Kerja Komputer

6 Program Program merupakan Sederetan instruksi yang dikerjakan oleh komputer, untuk memproses data hingga menghasilkan output yang diinginkan Untuk membuat program, sebelumnya perlu dirancang langkah-langkah penyelesaian masalah  algoritma Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu

7 Program Program = Algoritma + Bahasa Pemrograman
Belajar membuat Program, berarti belajar untuk membuat algoritma dan mentranslasikan algoritma tersebut ke bahasa pemrograman, hingga program bisa jalan dan didapatkan hasil yang diinginkan

8 Bahasa Pemrograman Tingkat tinggi Tingkat rendah
Lebih dekat dengan bahasa manusia Lebih mudah dipahami Contoh: C, C++, Java, Pascal, dsb Tingkat rendah Lebih dekat dengan bahasa mesin Lebih sulit dipahami Contoh: bahasa asembly

9 Langkah dalam Membuat Program
Pamahi masalah/definisi masalah Buat model Buat algoritma Tulis program Compile Running Dokumentasi

10 Langkah Membuat Program

11 Langkah Membuat Program (1. Definisi Masalah)

12 Langkah Membuat Program (2. Buat Model)

13 Langkah Membuat Program (3. Rancang Algoritma)

14 Langkah Membuat Program (4. Tulis Program)

15 DASAR ALGORITMA

16 Posisi Algoritma

17 Sejarah Dari nama penulis buku Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi  Buku Al Jabar Wa Muqobbala (Pemugaran dan Pengurangan) Awal dari istilah Aljabar Al-Khuwarizmi  Algorism Karena Algorism sering disalah artikan dengan aritmatika, maka diubah jadi Algorithm

18 Definisi Algortima : urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Sistematis : urutan langkah-langkah yang disusun harus jelas, memiliki pola tertentu Logis : masuk akal, bisa dibaca dan diterima oleh akal Bisa dinila benar salahnya

19 Penilaian Algoritma Hasilnya harus benar, sesuai dengan yang diinginkan Seberapa baik hasil dari algoritma tersebut Efisiensi algoritma  waktu dan memori Dimungkinkan antara orang satu dengan yang lain, dari masalah yang sama, akan mendapatkan algoritma yang berbeda. Semuanya dianggap benar, asal hasil yang dikeluarkan sesuai dengan harapan. Namun demikian, diantara perbedaan algoritma tersebut, bisa dipilih mana yang lebih efisien

20 Struktur Dasar Algoritma
Struktur runtutan/sekuensial : Digunakan untuk program yang pernyataannya sequential atau urutan. Struktur pemilihan Digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau penyeleksian kondisi. Struktur perulangan Digunakan untuk program yang pernyataannya akan dieksekusi berulang-ulang.

21 Langkah membuat Algoritma
Pahami masalah Tentukan kondisi awal  Data Input Tentukan kondisi akhir Data output Data lain (jika ada) Data pendukung lain yang dibutuhkan pada proses penyelesaian masalah Tentukan langkah penyelesaian masalah mulai dari kondisi awal, hingga bisa tercapai kondisi akhir. Dalam menyusun langkah mungkin melibatkan: Urutan/sequence Pemilihan Perulangan

22 Contoh Masalah: memasak nasi menggunakan rice cooker
Input : beras, air Output : nasi Data lain : rice cooker, listrik Proses : Cuci beras Masukan ke ricecooker, tambah air Dinyalakan Nasi masak

23 Contoh Masalah: mengupas kentang Input: kentang
Outut: kentang yang sudah terkupas Data lain: pisau Proses: Ambil kentang Ambil pisau kupas

24 Contoh Menghitung biaya percakapan melalui HP
Input : durasi pembicaraan Output : biaya yang harus dibayar Data lain: biaya bicara per menit = 1000 Proses: Masukan durasi Kalikan bayar = durasi*biaya bicara per menit Output bayar

25 Contoh Masalah: mencari luas lingkaran (tanpa memperhitungkan satuan)
Input: jari-jari, Output: luas lingkaran, Data lain: nilai phi = 3.14 Langkah: Masukan/input jari-jari/tentukan nilai jari2 Hitung rumus, luas = phi*jari2*jari2 Output luas

26 Contoh Masalah: menghitung luas lingkaran sesuai dengan satuan yang diinginkan (memperhitungkan satuan jari2 dan satuan luas) Input: jari2, satuan jari2, satuan luas Output: nilai luas dengan satuan yg ditentukan Data lain: phi = 3.14 Proses: Masukan jari2, satuan jari2, satuan luas Konversi jari2 ke satuan luas Hitung luas = phi*jari2*jari2 Tampilkan nilai luas dengan satuan yg diinginkan

27 Contoh Masalah : Ada 2 gelas. Gelas A berisi kopi, gelas B berisi susu. Pindahkan sehingga B berisi kopi dan A berisi susu. Input: gelas A (kopi), gelas B (susu) Output: gelas A (susu), gelas B (kopi) Data lain: gelas kosong C Proses: A ke C B ke A C ke B

28 Contoh A B C 1 2 3 Masalah: Pindahkan cakram dari tiang A ke tiang B. Yang tersedia adalah 3 tiang tersebut. Aturannya, setiap pemindahan, hanya boleh 1 cakram saja, dan tidak ada cakram yang lebih kecil berada di bawah cakram yang lebih besar

29 Contoh (lanjutan) Input: Cakram (3buah), tiang (3buah)
Output: ketiga cakram semua pindah ke B Data lain: - Proses: Cakram 1 ke B Cakram 2 ke C Cakram 1 dari B ke C Cakram 3 dari A ke B Cakram 1 dari C ke A Cakram 2 dari C ke B Cakram 1 dari A ke B

30 Contoh Masalah: mengupas kentang tanpa mengotori pakaian
Input: kentang Output: kentang yang sudah terkupas Data lain: pisau, celemek Proses: Pakai celemek Ambil kentangnya dari karung Ambil pisau Kupas Output kentang yang sdh terkupas

31 Contoh Masalah: mengupas kentang, tanpa mengotori baju warna cerah. Jika baju warna gelap, maka kotor tidak apa2. Input: kentang Output: kentang yang sudah terkupas Data lain: pisau, celemek Proses: Ambil kentang Ambil pisau Jika warna baju cerah, maka Pakai celemek Jika tidak Tidak perlu pakai celemek Kupas kentang Output kentang terkupas

32 Contoh Mencari hasil bagi dari 2 bilangan
Input: 2 bilangan (bilangan1, bilangan2 atau pembiagi, yang dibagi atau pembilang, penyebut) Output: hasil bagi Data lain: / Proses: Input pembilang, input penyebut Jika penyebut tidak sama dengan 0, maka Hitung pembilang/penyebut Output hasil

33 Contoh Masalah: mengupas 3 buah kentang Input: 3 kentang
Output: 3 kentang terkupas Data lain: pisau Proses: Ambil 3 kentang Ambil pisau Kupas kentang 1 Kupas kentang 2 Kupas kentang 3 Selama masih ada kentang yang belum dikupas, lakukan Kupas kentang Lebih efisien diganti dengan

34 Contoh Masalah: membagi kentang dalam karung ke 4 anak. Tiap anak harus dapat bagian yang sama, dan jika masih sisa dan sisa tersebut tidak cukup utk dibagi, maka dibiarkan saja/tdk dibagi Input : Kentang dalam karung Output : kentang terbagi ke 4 anak masing2 dengan jumlah sama Proses: Selama kentang di karung lebih besar atau sama dengan 4 maka, lakukan: Ambil 4 kentang Bagi ke masing-masing anak

35 Contoh Masalah: membagi kentang dalam karung ke 4 anak. Kentang terdiri dari 3 jenis kentang merah, kentang mentega, kentang biasa dan kentang kecil. Tiap anak harus dapat jumlah dan tipe yang sama, dan jika masih sisa dan sisa tersebut tidak cukup utk dibagi, maka dibiarkan saja/tdk dibagi Input : Kentang dalam karung Output : kentang terbagi ke 4 anak masing2 dengan jumlah dan jenis yang sama Proses: Selama kentang di karung lebih besar atau sama dengan 4 dan jenisnya sama, maka lakukan: Ambil 4 kentang yang jenisnya sama Bagi ke masing-masing anak

36 Latihan Seberangkan Orang, Kambing, Serigala dan Sayur dari satu sisi sungai (A) ke sisi sungai lain (B) menggunakan perahu. Perahu hanya bisa mengangkut satu jenis barang saja dan perahu hanya bisa dikendalikan oleh Orang. Serigala tidak dapat ditinggalkan sendirian dengan Kambing. Dan Kambing tidak dapat ditinggalkan sendirian dengan Sayur. Buat algoritmanya.

37 Latihan Terdapat 2 buah ember, masing-masing memiliki volume 5 liter dan 3 liter. Buat algoritma untuk mendapatkan air sebanyak 1 liter

38 Latihan Tiga pasang suami istri yang sedang menempuh perjalanan sampai ke sebuah sungai. Di situ mereka menemukan sebuah perahu kecil yang hanya bisa membawa tidak lebih dari dua orang setiap kali menyeberang. Penyeberangan sungai dirumitkan oleh kenyataan bahwa para suami sangat pencemburu dan tidak mau meninggalkan istri- istri mereka jika ada lelaki lain. Tulislah algoritma untuk menunjukkan bagaimana penyeberangan itu bisa dilakukan.


Download ppt "DASAR ALGORITMA DAN PEMROGRAMAN KOMPUTER"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google