Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK"— Transcript presentasi:

1 PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK
Pertemuan 3 Chandra Lesmana. S.Kom

2 TUJUAN Mampu memahami mengenai perencanaan perangkat lunak
Mampu memahami unsur – unsur yang patut diperhitungkan dalam merencanakan pembuatan perangkat lunak Mampu mengenali metode yang umum digunakan dalam sebuah perencanaan proyek pengembangan perangkat lunak.

3 Proyek adalah sebuah rencana yang spesifik
PERENCANAAN PROYEK Proyek adalah sebuah rencana yang spesifik Proyek Perangkat Lunak adalah perencanaan yang spesifik untuk membangun sebuah perangkat lunak

4 JENIS PROYEK PERANGKAT LUNAK
Dalam sebuah proyek perangkat lunak langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jenis proyek perangkat lunak yang akan dikerjakan. Jenis dari proyek perangkat lunak adalah : Sistem Informasi Embedded System

5 Sistem Informasi : merupakan jenis proyek yang umumnya melibatkan basis data dalam sebuah perusahaan dan membutuhkan analisa suatu proses. Embedded System : merupakan perangkat lunak yang banyak berhubungan dengan mesin atau perangkat keras lain, misalnya perangkat lunak untuk melakukan kontrol mesin di manufaktur.

6 UNSUR – UNSUR DALAM PROYEK PERANGKAT LUNAK
1. People merupakan unsur manusia yang terlibat dalam sebuah pembuatan proyek perangkat lunak. Ada 3 jenis peran dalam tim People tersebut : Pemimpin Tim ( Pimpinan formal ) Pemain Utama ( Para anggota tim yang terlibat langsung dalam proyek perangkat lunak. Programer dan Sistem Analis ) Pemain Pendukung ( Para tim yang bertindak sebagai tester atau trainer )

7 2. Process Dalam lingkup proses, seorang manajer tim mampu memahami teori proses perangkat lunak ( dan juga siklus hidup ). 3. Product Ruang lingkup dari perangkat lunak serta melakukan pemecahan kebutuhan sistem. 4. Project Unsur yang terakhir adalah proyek itu sendiri. Dalam hal ini adalah kegagalan yang terjadi karena kecemasan dari seluruh unsur tim akan proyek yang mereka kerjakan. Pesimisme

8 TAHAPAN PERENCANAAN Perencanaan perangkat lunak memiliki beberapa tahapan yang telah distandarisasi oleh IEEE (Institute Electrical and Electronics and Engineering). Standarisasi untuk perencanaan perangkat lunak yang dibuat oleh IEEE terangkum sebagai SCM (Software Configuration Management). Dalam dokumen tersebut, tahapan perencanaan proyek perangkat lunak terbagi menjadi : Introduction SCM Management SCM Activities SCM Schedules SCM Resources SCM Plan Maintenance

9 1. Introduction (merupakan tahapan awal dari perencanaan yang didalamnya meliputi : a. Ruang Lingkup perangkat lunak yang akan dikerjakan. b. Tujuan dari perangkat lunak yang akan dibuat c. Definisi dari perangkat lunak d. Referensi perangkat lunak

10 2. SCM Management Merupakan aspek manjerial dari perencanaan proyek perangkat lunak. Didalam tahapan ini, seorang manajer tim melakukan pembagian tugas, pelimpahan tanggung jawab, rencana implementasi serta penetapan prosedur dalam pembuatan perangkat lunak. 3. SCM Activities Merupakan perencanaan aktivitas yang nantinya dilakukan dalam pembuatan perangkat lunak, termasuk di dalamnya target yang harus dicapai dalam satuan waktu tertentu serta wewenang revisi dan kendali saat proyek dilaksanakan.

11 4. SCM Schedules Merupakan tahapan untuk pembuatan jadwal proyek dengan timeline yang sesuai dengan permintaan pelanggan. 5. SCM Resource Dalam tahapan ini, jadwal serta target yang telah selesai kemudian dipetakan sesuai dengan sumber daya yang dimiliki. Sumber daya dalam ruang lingkup ini adalah sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak yang dimiliki oleh tim pengembang serta sumber daya manusia yang nanti terlibat dalam proyek pengerjaan perangkat lunak.

12 6. SCM Plan Maintenance Merupakan tahapan akhir dalam perencanaan, yakni perencanaan tentang pemeliharaan perangkat lunak jika perangkat lunak telah selesai di produksi.

13 ESTIMASI Estimasi : sebuah pengukuran yang didasarkan pada hasil secara kuantitatif atau dapat diukur dengan angka tingkat akurasinya. Estimasi Perangkat Lunak : melakukan prediksi atau ramalan mengenai keluaran dari sebuah proyek dengan meninjau jadwal, usaha, biaya bahkan hingga ke resiko yang akan ditanggung dalam proyek tersebut.

14 METODE DALAM ESTIMASI COCOMO ( Constructive Cost Model ) COCOMO adalah model untuk melakukan estimasi biaya, usaha dan jadwal saat merencanakan sebuah aktivitas pengembangan perangkat lunak. COCOMO sendiri diciptakan pertama kali oleh Boehm pada tahun 1981.

15 Saat ini telah dikembangkan evolusi dari COCOMO yakni COCOCMO II yang mulai dikenalkan pada tahun Pada perkembangan COCOMO II memiliki tujuan : Mengembangkan estimasi biaya dan jadwal proses pengembangan perangkat lunak. Mengembangkan kapabilitas alat bantu untuk membantu melakukan estimasi biaya pengembangan perangkat lunak Menyediakan sebuah kerangka kerja yang secara kuantitatif dapat melakukan evaluasi mengenai siklus hidup perangkat lunak beserta biaya dan jadwal yang ada.

16 TUGAS Cari makalah tentang : Sistem Pakar Sistem Informasi
Sistem Pendukung Keputusan Buat Kelompok, 1 Kelompok 5 Orang. CATATAN : Pilih salah satu dari pokok bahasan diatas.


Download ppt "PERENCANAAN (PROYEK) PERANGKAT LUNAK"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google