Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Animasi dan Game pada android

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Animasi dan Game pada android"— Transcript presentasi:

1 Animasi dan Game pada android
30/31 mei 2013

2 Tipe animasi pada android
Animasi Frame by frame Animasi Layout Animasi View/view animation Tweening animation

3 Animasi frame by frame gerakan gambar secara berurutan sehingga membentuk “ilusi” gambar bergerak Pada contoh animasi ini membuat bola berputar

4 Teknik ini memerlukan banyak gambar dengan perubahan-perubahan tertentu untuk menghasilkan suatu animasi.  Sebagai contoh teknik animasi frame yang sering kita temui sehari-harinya adalah pada roll film(bioskop). Biasanya, bioskop-bioskop memutar film dengan memutar frame film yang sangat banyak yang digulung dalam roll film, mirip pada roll film kamera.

5 Animasi frame by frame Harus disiapkan gambar bola sebagai image untuk animasi. (contoh : bolawarna_1.jpg) Gambar tersebut disimpan di folder /res/drawable

6 Menambahkan animasi pada activity
Android memanfaatkan resource ID pada R.Drawable.frame_animation pada file xml Object backgroundObject = view.getBackground(); AnimationDrawable ad = (AnimationDrawable)backgroundObject;

7 Layout animation Pada layout animation, animasi berbentuk seperti perubahan properti, perubahan warna, transparansi dll

8 Tweening animation Scale animation
animasi perubahan skala (besar-kecil, tinggi-rendah) Rotate animation perubahan perputaran objek Translate animation perpindahan objek animasi Alpha animation perubahan transparansi

9 Tween Animation merupakan animasi yang diterapkan pada aplikasi berbasiskan widget, yang menerima input form biasa, lalu menggerakkannya sehingga menghasilkan (suatu) anmiasi. Perbedaan antara Tween dengan Frame Animatiions adalah pada Tween, Anda tidak perlu memerlukan banyak gambar yang terdefinisi sebelumnya, karena animasi ini akan menggerakkan satu gambar dengan pola-pola tetap yang dimiliki API Android

10 Tweening animation (lanj)
Objek animasi diidentifikasikan dari folder res/anim Contoh code animasi di folder res/anim <set xmlns:android=" <scale android:fromXScale="1" android:toXScale="1" android:fromYScale="0.1" android:toYScale="1.0" android:duration="500" android:pivotX="50%" android:pivotY="50%" android:startOffset="100" /> </set>

11 referensi Primary documentation on property animations from the Android SDK. Android documentation links to all animation types, including property animations and old-style animations. The Java doc API for the older animation package android.view.animation. html: XML tags for various animation types.

12 Android Media Framework
Record audio Play audio Video player

13 Android menyediakan fungsi multimedia yang komprehensip
Pengolahan image, record, voice, play music

14 Format multimedia yang didukung

15 permission Aplikasi yang merekam berbagai tipe media meminta settingan permission pada AndroidManifest. Misal: <uses-permission android:name=”android.permission.RECORD_AUDIO”/> <uses-permission android:name=”android.permission.RECORD_VIDEO”/>

16 Game pada Android Tersedia library Game engine yang mempermudah pembuatan game pada android yang disebut AndEngine AndEngine berfokus pada pembuatan game 2D

17 Fitur AndEngine Opsi grafis  resolusi, landscape, portrait
Sprite, animasi, dll Collision detection/tubrukan Texture dan font Event Touch dan accelerometer Particle dll

18 Download AndEngine di : http://wiki.andengine.org/AndEngine.jars

19 plugIn tambahan AugmentedRealityExtension LiveWallpaperExtension
Multiplayer Extention Dll

20 Project:andenginetest; andengineline,
Contoh  line, rectangle, font

21 Text/font Text adalah elemen yang dapat menampilkan tulisan dengan font pada posisi tertentu. Ticker text Changeable text

22 Project: andfont; andstroke; andfontcustom

23 texture Digunakan untuk membuat objek dalam game project: andtexture

24 Final Sprite spriteNormal = new Sprite (50,20,textureRegion)
Sprite adalah grafis dalam game yang memiliki kemampuan bergerak, animasi, tubrukan dll Sprite biasanya terdiri dari satu texture region sebagai sumber grafis yang akan ditampilkan. Contoh: Final Sprite spriteNormal = new Sprite (50,20,textureRegion)

25 Project: andsprite ;andspriteanimasi,

26 background Background salah satu aspek yang membuat game menjadi menarik. Entitiy background  color Background, Repeating sprite Background, Parallax Background Contoh : Color Background (255,0,0)  merah Project: backgroundRumput

27 Background colorBackground  Latarbelakang yang menampilkan image biasa. Biasa digunakan pada game sederhana repeatingBackground  background yang menampilkan beberapa image. Biasa digunakan dalam game RPG, platform (mario bross dll) parallaxBackground  background yang terdiri dari sub background, agar latar belakang tampak hidup

28 Parallax background Sub background yang berada di dalam layer paling jauh akan bergerak mengikuti player paling sedikit. Background yang bergerak se layer akan bergerak sama jauhnya dengan player

29 Project: andbackgroundparalax; andbackgroungrepeat

30 Deteksi input Touch screen Touch drag Accelerometer Analog control
Digital control

31 Touch screen Project: andtouch; andtouchdrag

32 Audio Aspek multimedia tidak dapat dihilangkan dari game . Dibagi dua
Music  biasanya terus menerus seperti musik latar Sound  biasanya hanya sesaat seperti suara pintu, benda jatuh dll

33 Project: andaudio

34 Pengembangan game Tahapan pengembangan game
Konsep  dana, analisa pasar, jumlah orang, segmentasi dll Perancangan game  desain cerita, level, pengguna, audio, kerumitan dll Pengembangan game  dikerjakan sesuai bidang keahlian Pengujian Deployment

35 Contoh Game sederhana menembak musuh Objek : player, proyektil, target
Player = pemain, yang menembak objek dengan proyektil Player tidak pernah kalah Target yang tertembak akan hilang

36 Project: andgame Berisi game sederhana

37 referensi

38 Referensi (lanj) https://github.com/MasDennis/RajawaliExamples

39 Tugas kelompok (kelas malam)
Buatlah kelompok maksimal 4 orang Carilah jurnal atau paper tentang topik - context awareness application - mobile computing - next generation mobile technology 3. Tugas dipresentaskan tanggal 20 Juni 2013

40 Reminder (kelas Pagi) Tugas kelompok Buatlah kelompok maksimal 4 orang Carilah jurnal atau paper tentang topik - context awareness application - mobile computing - next generation mobile technology 3. Tugas dipresentaskan tanggal 14 Juni 2013

41 Tugas kelompok Buatlah aplikasi android untuk dipresentasikan di depan kelas pada tanggal 20 juni (kelas pagi), 28 Juni (kelas malam) Tema (opsi) Player Game Pendidikan Religi dll


Download ppt "Animasi dan Game pada android"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google