Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
DASAR PEMROGRAMAN JAVA
2
Variabel Adalah objek data yang dapat diubah-ubah atau dimanipulasi harga atau nilainya. Setiap variabel memiliki 3 atribut yaitu: nama, tipe, dan nilai. Nama sebuah identifier yang telah ditentukan Tipe menentukan jenis harga atau nilai yang dimilikinya. Contoh : int angka; String namaDepan; public String Alamat;
3
Konstanta Adalah objek data yang nilainya tidak dapat diubah / dimanipulasi, berbeda dengan variabel harga atau nilai pada konstanta sifatnya tetap. Cara pendefinisian konstanta pada java sebagai berikut : final double pi = 3.14;
4
Ekspresi (Expression)
Adalah Transformasi data dan perubah dalam bentuk persamaan direlasikan oleh Operator dan Operand. Operand adalah data, tetapan, perubah, atau hasil dari suatu fungsi. Operator adalah simbol-simbol yang memiliki fungsi untuk menghubungkan operand sehingga menjadi transformasi. Jenis-jenis operator : Operator Aritmetika ( Binary ) Operator Relational Operator Logik Operator Assignment
5
Adalah Operator yang digunakan untuk melakukan fungsi aritmetika.
Operator Aritmatika Adalah Operator yang digunakan untuk melakukan fungsi aritmetika. No Operator Fungsi Ekspresi 1 + Penjumlahan 3 + 5 = 8 2 - Pengurangan 16 – 10 = 6 3 * Perkalian 6 * 4 = 24 4 / Pembagian 8 / 3 = 2.67 5 % Modulus, sisa pembagian 5 % 2 = 1
6
Operator Relational Adalah Operator yang digunakan untuk menyatakan relasi atau perbandingan antara dua operand. No Operator Fungsi Ekspresi 1 = Sama dengan 2 = 2 (True), 3 = 5 (False) 2 = (4/2) (True) 2 > Lebih besar 10 > 9 (True), 4 > 6 (False) 3 < Lebih kecil 4 < 6 (True), 6 < 2 (False) 4 >= Lebih besar sama dengan 8 >=8 (True), 5 >=9 (False) 5 <= Lebih kecil sama dengan 7 <=9 (True), 9 <=8 (False) 6 != Tidak sama dengan 7!=9 (True), 7 != (21/3) (False)
7
Adalah Operator yang digunakan untuk merelasikan operand secara logis
Operator Logik Adalah Operator yang digunakan untuk merelasikan operand secara logis No Operator Fungsi Ekspresi 1 & && Logika And 1 & 3 = 1, 1 & 2 = 0, 4 & 5 = 4 2 | || Logika Or 1 | 3 = 3, 1 | 2 = 3, 4 | 5 = 5 3 ! Logika Not !(1=2) (True), !(4 > 2 ) (False)
8
Operator Assignment Adalah Operator yang digunakan untuk memasukkan nilai secara langsung ke dalam suatu variabel No Operator Fungsi Ekspresi 1 = Assignment Nama=“danu”;
9
Latihan Buat program untuk menghitung luas segitiga Input Alas : _
Input Tinggi : _ Luas Adalah : _
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.