Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
ASSALAMUALAIKUM WR WB
2
INTEGRASI ISLAM DAN ILMU
Ma’ruf Awwaludin Muhammad Umar Hamzah Afifatun Nisa Heryanto Arif Rahman Rizaldi Ahmad Manan Darmawan Rofiqah Dwi Cahyani Riska Rahayu Zaen Isnaini S N
3
Pengertian Ilmu Pengetahuaan
Ilmu adalah bagian dari pengetahuaan yang terklasifikasi, tersistem, dan terukur serta dapat dibuktikan kebenaraannya secara empiris. Pengetahuaan adalah keseluruhan pengetahuaan yang belum tersusun baik mengenai metafisik maupun fisik
4
PERGUMULAN TEORI-TEORI DALAM WACANA KEILMUAN
Menurut Thomas S. Khun, teori-teori tidak dapat diperbandingkan, sehingga ia tidak dapat diletakkan dalam hubungan yang entailment. hubungan antara paradigma dan teori adalah sangat dekat. Ketika memutuskan untuk mengikuti suatu paradigma tertentu dan teori-teori yang muncul dalam lingkungan paradigma tersebut, para ilmuan telah siap untuk mengarahkan dirinya hanya akan berkutat dengan masalah-masalah yang terletak dalam batas-batas linGkaran wilayah paradigma dan teori-teori pilihannya itu saja, aktifitas ini di sebut pengetahuan yang normal (normal science).
5
PERGUMULAN TEORI-TEORI DALAM WACANA KEILMUAN
Menurut Karl R. Popper, normal science ditandai dengan sifat-sifat yang dogmatis dan tidak rasional. Perkembangan ilmu harus diletakkan pada suatu proses pengujian-pengujian hipotesa-hipotesa dan teori tidak boleh berhenti, dengan menggunakan usaha-usaha yang qualified untuk membuktikan kebenaran maupun kesalahannya.
6
PERGUMULAN TEORI-TEORI DALAM WACANA KEILMUAN
Imre Lakatos merespon gugatan Khun terhadap asumsi-asumsi tradisional dalam filsafat ilmu. Ia mengembangkan sebuah teori alternatif yang dinamakan research program. Teori ini mengandung tiga elemen yaitu: Hard core (negative heuristic) Positive heuristic Sebuah seri yang terdiri dari teori-teori, T1, T2, T3… dan seterusnya.
7
KESELARASAN ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
Al- Qur’an dan Hadits merupakan sumber ilmu pengetahuan, dimana kita dapat mengetahui dan mendapatkan suatu ilmu pengetahuan dari Al- Qur’an dan hadits sehingga kita tidak akan buta dan pincang terhadap ilmu.
8
KESELARASAN ISLAM DAN ILMU PENGETAHUAN
Islam merupakan agama yang ilmiah yang mendorong perkembangan ilmu pengetahuan yang mana tujuan akhir dari semua itu adalah untuk memahami kebesaran yang dimiliki Allah SWT sehingga selain dapat menambah wawasan, kita juga dapat bertambah yakin terhadap ajaran Islam.
9
Integrasi adalah kemitraan yang lebih sistematis dan ekstensif antara sains dan agama terjadi di kalangan yang mencari titik temu di antara keduaanya.
10
INTEGRASI AGAMA DAN ILMU PENGETAHUAN
Islam adalah agama yang mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan dan agama merupakan sesuatu yang saling berkaitan dan saling melengkapi. Agama merupakan sumber ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan merupakan sarana untuk mengaplikasikan segala sesuatu yang tertuang dalam ajaran agama. Agama dan ilmu pengetahuan akan saling menguatkan dan bersinergi sehingga menghasilkan pribadi-pribadi yang taat dalam beragama dan terdepan dalam ilmu pengetahuan.
11
Berdasarkan penelitiaan di Amerika Serikat 45% percaya bahwa Tuhan menciptakan manusia dalam bentuk yang sempurna, 40% manusia berkembang dalam kurun waktu jutaan tahun dari bentuk yang sederhana dan tuhan lah yang mengarahkan proses tersebut, 10% Tuhan sama sekali tidak berperan dalam proses tersebut.
12
Ian R. Barbour (1990) Konflik Independensi Dialog Integrasi
13
Jhon Haught (1995) Konflik Kontras Kontak Dialog Integrasi Konfirmasi
14
Daftar pustaka Amin Abdullah, Islamic Studies di Perguruaan Tinggi, Pendekatan Integratif- Integratif, (Yogya:Pustaka Pelajar, 2010) Ian R. Barbour, Juru Bicara Tuhan Antara Sains dan Agama, (Bandung :Miza 2000)
15
SESI PERTANYAAN Arif Sudrajad : Hubungan Entairment itu apa?
Hubungan Islam dan Ilmu Pengetahuan mencari teori kebenaran, yang dimaksud teori kebenaran disini itu yang bagaimana? Bagaiman perkembangan ilmuwan dahulu sampai sekarang dalam merumuskan sebuah teori? Nurasmah Hard core mempunyai asumsi fundamental dan tidak dapat dimodifikasi , padahal ilmu harus mengikuti perkembangan zaman?
16
Jawaban: Entailment adalah tuturan yang hubungan antarkalimatnya bersifat mutlak atau saling berterima. Contoh: Andi kehujanan, tubuhnya basah. Tuturan tersebut merupakan tuturan yang bersifat sebab akibat dan dengan jelas diketahui tubuh Andi basah, karena dia kehujanan. Kebenaran yang dicari oleh ilmu pengetahuan dan islam sama yaitu ingin mencari kebenaran yang mutlak. Ilmu kebenaran yang sekarang ini dianggap benar oleh ilmu pengetahuan belumlah mencapai kebenaran yang mutlak, karena kebenaran mutlak itu hanyalah milik Allah. Menurut kami, teori dibuat dari hasil penelitian akan sesuatu, dengan mengamati sesuatu secara cermat dan terus menerus. Membuat percobaan-percobaan yang bisa membuktikan kebenaran tentang teori yang akan diajukan. Sehingga jika semua percobaan-percobaan itu dapat dibuktikan maka bisa menjadi sebuah teori. Research program mengandung tiga elemen yakni: hard core, positive heuristic dan teori-teori. Kami mengibaratkan hard core itu Al-Qur’an yang tidak bisa diubah dan tidak dapat dibatalkan, sedangkan positive heuristic kami ibaratkan ilmu-ilmu yang bisa di dapatkan dari Al-Qur’an yang di dalamya terdapat teori-teori yang dapat dikembangkan.
17
CATATAN DOSEN PENJELASAN CUKUP RUNTUT. PERLU DIKETAHUI PENEKANAN DARI MATERI INI ADALAH: DALAM KAJIAN EPISTEMOLOGI, TERDAPAT KRITIK BAGI EPISTEMOLOGI KEILMUAN MODERN BARAT, BAIK YANG BERASAL DARI ILMUAN DI BARAT (THOMAS KUHN, IMRE LAKATOS, DLL) ATAUPUN DARI LUAR ILMUAN (JOHN HAUGHT, IAN BARBOUR, FAZLUR RAHMAN, DLL) KRITIK TSB MENUNJUKKAN PERLU ADANYA CARA PANDANG (PARADIGMA) BARU DALAM MENGGUNAKAN ILMU DI ERA KONTEMPORER INI, SALAH SATUNYA ADLAH PARADIGMA INTEGRASI ANTARA ILMU DAN AGAMA (ISLAM). SELAIN PARADIGMA INTEGRASI BANYAK PULA PARADIGMA BARU LAINNYA
18
AMIN ABDULLAH MEMBEDAH ISLAM SEBAGAI ILMU MELALUI KAJIAN ISLAM HISTORIS (ISLAM SEBAGAIMANA DIPRAKTIKKAN DAN DIHAYATI OLEH PEMELUKNYA, MENJADI OBJEK KAJIAN ILMU PENGETAHUAN) DAN ISLAM NORMATIF (ISLAM SEBAGAI DOKTRIN DAN AJARAN, MENJADI OBJEK KAJIAN ILMU-ILMU KEAGAMAAN ISLAM) DALAM PERJALANANNYA, KEDUA ASPEK KEILMUAN ISLAM TIDAK BISA BERGERAK SENDIRI, TETAPI SALING MEMBUTUHKAN SATU DENGAN LAINNYA. ARTINYA, KEHIDUPAN KEBERAGAMAAN UMAT ISLAM (MASUK KAJIAN ISLAM HISTORIS) HARUS MELIBATKAN KEILMUAN2 SOSIAL DAN HUMANIORA, YANG PADA AKHIRNYA AKAN BERKONTRIBUSI SEBAGAI MASUKAN ATAU KRITIK BAGI KAJIAN ISLAM NORMATIF (KAJIAN ILMU KEAGAMAAN ISLAM, ATAU BIASA DISEBUT DIRASAT ISLAMIYYAH)
19
CATATAN DOSEN DR DISKUSI
Hubungan Entairment itu apa? ???
20
(PERTANYAAN #2) Hubungan Islam dan Ilmu Pengetahuan mencari teori kebenaran, yang dimaksud teori kebenaran disini itu yang bagaimana? GENERALLY, KEBENARN AGAMA DAN KEBENARAN ILMU LEBIH SERING DIPERTENTANGKAN. INTEGRASI MELIHAT SEBALIKNYA, ADA POTENSI KEBENARAN ANTARA ILMU DAN AGAMA YANG BISA DIPADUKAN, BAHKAN MEMILIKI NILAI KEBENARAN YANG SAMA DENGAN SYARAT2 ANTARA LAIN: ILMU HARUS MELALUKAN KRITIK THD DIRINYA SENDIRI, ANTARA LAIN DENGAN KETERBUKAAN THD REALITAS STUDI YG TDK SEMATA2 FISIK (MENTAL+SPIRITUAL JG DIMASUKKAN), JUGA METODE KEBENARAN YG TDK MELULU TEORI KOHERENSI+KORESPONDENSI.
21
AGAMA HARUS JUGA MELAKUKAN KRITIK, BAHWA KEBENARAN MUTLAK AGAMA HANYA KEBENARAN YG ADA PD TUHAN, SEDANGKAN PRAKTIK DAN PENGHAYATAN KEBERAGAMAAN SEBENARNYA ADL MANUSIAWI YG MUNGKIN BERNILAI BENAR ATAU SALAH. ARTINYA, PADA ASPEK KEBERAGAMAAN ILMU DAPAT MASUK DAN MENELAAH KEBERAGAMAAN. CONTOH, FPI MENOLAK AHOK SBG GUBERNUR DKI KARENA BUKAN MUSLIM, PERLU DITELAAH LEBIH JAUH DR SISI KEILMUAN, APAKAH TAFSIR PEMIMPIN ≠ NON-MUSLIM ITU BENAR SECARA EPISTEMOLOGIS KEILMUAN?
22
(Pertanyaan #3: Bagaiman perkembangan ilmuwan dahulu sampai sekarang dalam merumuskan sebuah teori?)
BERAGAM, TERGANTUNG PADA PARADIGMA KEILMUAN YANG DIGUNAKAN. SAYA SARANKAN UNTUK MELIHAT KEMBALI FASE-FASE KESEJARAHAN KEILMUAN DI PERTEMUAN KE 3 (SEBELUM UTS), ERA YUNANI, PERTENGAHAN, MODERN, DAN KONTEMPORER
23
(PERTANYAAN #4): Hard core mempunyai asumsi fundamental dan tidak dapat dimodifikasi , padahal ilmu harus mengikuti perkembangan zaman? IMRE LAKATOS ADL SALAH SATU ILMUAN KONTEMPORER YANG MENGKRITIK PARADIGMA POSITIVISME SBG SATU-SATUNYA CARA PANDANG DLM MENDAPATKAN ILMU PENGETAHUAN. MELALUI RESEARCH PROGRAM, SEBENARNYA LAKATOS SEDANG MENELITI FAKTA PROSES DILAHIRKANNYA SUATU ILMU PENGETAHUAN (KONSEP, TEORI, HINGGA TEKNOLOGI). HARD CORE ADL LINGKARAN INTI CARA PANDANG YANG DIMILIKI OLEH SEORANG/SEKELOMPOK ILMUAN DAN TIDAK PERNAH BERGANTI/BERUBAH. MISALNYA SEORANG FISIKAWAN AKAN MENYEBUT GRAVITASI SEBAGAI HUKUM YANG MUTLAK SELALU BERADA PADA SETIAP BENDA DI MUKA BUMI, DAN BERSIFAT FUNDAMENTAL BAGI SELURUH AKTIFITAS KEILMUANNYA. WALAUPUN BILA DIMINTA MEMBUKTIKAN ESENSI GRAVITASI IA TDK PERNAH BISA MEMBUKTIKANNYA, KRN IA HANYA BISA MEMBUKTIKAN GRAVITASI MELALUI EKSISTENSI BENDA-BENDA YANG ADA DI MUKA BUMI.
24
(BEBERAPA KRITIKUS MELIHAT GRAVITASI SEPERTI TUHAN BAGI FISIKAWAN, YANG IA TDK PERNAH BISA MEMBUKTIKAN KEBERADAANNYA, KECUALI MELALUI EKSISTENSINYA YANG MELEKAT PADA BENDA2 DI MUKA BUMI). LAGI—LAGI MENURUT KRITIKUS, GRAVITASI ADL PERSEPSI YANG DIMILIKI FISIKAWAN, BERSIFAT FUNDAMENTAL, TDK PERNAH BERUBAH WALAUPUN PENELITIAN2NYA TENTANG PERHITUNGAN GAYA GRAVITASI BISA BERUBAH2 (ATAU BAHKAN MELAKUKAN OLAH MODIFIKASI GRAVITASI SUATU BENDA TERHADAP BUMI).
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.