Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Exception Handling
2
Apa itu Exception Handling ?
Adalah penanganan kesalahan/error saat runtime Ada pada C++ maupun Java Menjadikan program lebih profesional karena jika ada runtime error tidak menghentikan program secara mendadak Terdapat fasilitas throw dan try-catch-finally
3
Throw Arti secara kata adalah “melempar”
Jika terjadi error maka kendali program dilemapkan/diarahkan kepada klas yang didekrarasikan sbagai penangkap error Error yang dilempar ditangkap oleh kelas buatan sendiri yang inherit pada kelas induk bawaan Builder yaitu: Exception Error ditangkap melalui konstruktor kelas Exception yang aktif saat konstruktor kelas buatan sendiri aktif. Error direspon dengan sebuah pesan terjadinya error.
4
Contoh penggunaan Throw
Buatlah form di C++ Bulder sbb: Codingnya seperti berikut ini:
5
Constructor penangkap error
Coding Throw class TForm1 : public TForm{ __published: // IDE-managed Components TLabel *Label1; TLabel *Label2; TEdit *Edit1; TEdit *Edit2; TButton *Button1; void __fastcall FormCreate(TObject *Sender); void __fastcall Button1Click(TObject *Sender); private: // User declarations void __fastcall JikaError(TObject *Sender,Exception *E); public: // User declarations __fastcall TForm1(TComponent* Owner); }; class mythrow:public Exception{ public: mythrow(); const float phi = 3.14; mythrow::mythrow():Exception("jari-jari error") { } void __fastcall TForm1::Button1Click(TObject *Sender) double r = StrToFloat(Edit1->Text ); if (r<1) { throw mythrow(); else { double L = phi * r * r; Edit2->Text = AnsiString(L); Constructor penangkap error Klas penangkap errort
6
Eksekusi Program Throw
Lakukan eksekusi program diatas Amati hasilnya dan silahkan dianalisa Buatlah ringkasan tentang Throw sebagai tugas kelompok
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.