Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehHartono Setiawan Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
KOMPETENSI KEJURUAN MULTIMEDIA #rahmatSetiawan rhOne15.wordpress.com
2
PRE TEST Apa itu Multimedia? Perbedaan Teks dengan Tulisan?
Perbedaan 2D dengan 3D? Apa itu Vektor? Apa itu Raster?
3
Semester II Menggabungkan teks ke dalam sajian Multimedia
Menggabungkan gambar 2D ke dalam sajian Multimedia Menggabungkan fotografi digital ke dalam sajian Multimedia Menggabungkan audio ke dalam sajian Multimedia
4
Animasi 2D atau dua dimensi adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan dua titik vektor yaitu x dan y. Vektor x digunakan sebagai ukuran panjang objek gambar, sementara vektor dipakai sebagai ukuran lebar objek gambar
6
Animasi 3D atau tiga dimensi adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan tiga titik vektor yaitu x, y, dan z. Vektor berfungsi untuk menentukan ukuran panjang objek gambar, vektor y berguna untuk menentukan ukuran lebar objek gambar, dan vektor z dipakai untuk menentukan tinggi objek gambar. Oleh karena itu, objek pada animasi 3D terlihat seakan mempunyai volume dan mirip sekali dengan makhluk hidup.
8
Vektor Gambar Vektor merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis / kurva. Garis ini tidak tergantung oleh banyaknya piksel, sehingga apabila dilakukan pembesaran (zooming) tidak akan kehilangan detailnya, dan juga gambar tidak terlihat pecah atau kabur berbentuk kotak kotak (juggy). Software pengolah gambar berbasis vektor ini adalah CorelDraw, Freehand, Adobe Illustrator. Biasanya penggunaan gambar berbasis vektor adalah untuk kepentingan publikasi percetakkan, logo suatu perusahaan yang membutuhkan tingkat kedetailan yang tinggi. Namun kekurangan dari gambar vektor ini adalah warna yang kaku dan tidak natural sehingga kurang cocok untuk proses pengeditan foto.
10
Raster / Bitmap Gambar Raster / Bitmap merupakan gambar yang terbentuk dari titik - titik atau piksel. Grafis ini tergantung oleh banyaknya piksel sehingga apabila dilakukan zooming / pembesaran, akan terlihat kotak - kotak piksel dari gambar tersebut. Software pengolah gambar berbasis raster ini adalah Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Microsoft Office Picture Manager. Biasanya penggunaan gambar berbasis raster / bitmap ini adalah untuk pengeditan foto, pembuatan ilustrasi yang bersifat raster. Sebenarnya bisa juga untuk proses percetakkan namun dalam skala besar lebih baik menggunakan vektor kenapa ? karena apabila menggunakan raster harus memerlukan penyimpanan data yang lebih besar dibandingkan dengan gambar berbasis vektor. Kelebihan dari gambar raster ini adalah warna yang natural sehingga sangat dianjurkan untuk pengeditan foto. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inch) yang artinya banyaknya titik dalam satuan inci.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.