Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEDIA DAN SUMBER BELAJAR

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEDIA DAN SUMBER BELAJAR"— Transcript presentasi:

1 MEDIA DAN SUMBER BELAJAR
TIM Pelatihan dan Pengembangan Pendidikan (P3) Kopertis VII. Jawa Timur

2 Kompetensi Dasar Menentukan media dan sumber belajar yang sesuai dengan matakuliah

3 Indikator Mengklasifikasikan media dan sumber belajar.
Menjelaskan prinsip-prinsip penggunaan media dan sumber belajar yang efektif.

4 (AECT Association for Educational Communications and Technology : 1977):
Segala sesuatu (daya) yang dapat digunakan untuk memfasilitasi (mempermudah) kegiatan individu (mahasiswa) dalam belajar (facilitating human learning).

5 MACAM SUMBER BELAJAR SB yang dirancang (by design)
SB yang dimanfaatkan (by utilization)

6 SB yang dirancang (by design)
yang secara khusus dikembangkan sebagai komponan sistem instruksional, dalam rangka mempermudah tindak pembelajaran secara formal, untuk mencapai tujuan pendidikan. Contoh: buku teks, foto-slide pembelajaran, video pendidikan, Laboratorium, Alat peraga edukatif,dll.

7 SB yang dimanfaatkan (by utilization)
tidak secara khusus dipersiapkan untuk keperluan instruksional tetapi telah tersedia/dapat diperoleh karena memang sudah ada di alam dan lingkungan sekitar, serta dapat digunakan untuk kepentingan belajar-pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan Contoh: pasar, toko, museum, kantor pos, tempat ibadah, posyandu, tugu peringatan, rumah sakit, taman, nara sumber, sungai, sawah, balai desa, kantor kecamatan, pabrik, puskesmas, dll.

8 Pengertian Media Pembelajaran
Sarana komunikasi dalam proses belajar mengajar yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien

9 PROSES KOMUNIKASI Penerima Informasi Sumber Informasi Sumber Informasi
Media Informasi Sumber Informasi Penerima Informasi

10 Sumber Informasi Media Penerima Informasi Informasi Penerima Informasi
PROSES KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN Strategi Pembelajaran Sumber Informasi Penerima Informasi Media Informasi Penerima Informasi Sumber Informasi Metode Pembelajaran

11 Pembelajaran adalah proses komunikasi
Dalam pembelajaran terjadi penyampaian pesan (informasi), media merupakan sarana pemyampaian pesan yang baik.

12 CONE OF EXPERIENCE (Edgar Dale & James Finn, 1946)
Abstrak Lambang Verbal Lambang Visual Radio Rekaman Gambar Mati Gambar Hidup Pameran Karyawisata Demonstrasi Dramatisasi Pengalaman Buatan Pangalaman langsung Kongkrit DTOT 2A

13 DAYA INGAT SESUDAH 3 JAM 70 % 72 % 85 % SESUDAH 3 HARI 10 % 20 % 65 %

14 KEGIATAN BELAJAR 11 % 83 % 1 % 3.5 % +PERABA 1.5 %

15 Keterkaitan Sumber Belajar, Media dan Alat Peraga
Segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai sumber informasi pembelajaran Sumber Belajar Sarana/perantara komunikasi Media Alat visualisasi konsep tertentu, hardware Alat Peraga Keterkaitan Sumber Belajar, Media dan Alat Peraga

16 Termasuk apa ini?

17 Fungsi Media Pembelajaran
Dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi Dapat meningkatkan dan mengarahkan perhatian mahasiswa Dapat mengatasi keterbatasan indera, ruang, dan waktu Dapat mengatasi perbedaan pengalaman pribadi mahasiswa

18 FUNGSI MEDIA Fungsi atensi:
Media memiliki fungsi untuk menarik perhatian dan mengarahkan mahasiswa untuk berkonsentrasi Contoh dengan menampilkan video lomba makan secara otomatis perhatian mahasiswa akan terarah ketika memulai pelajaran tentang pencernakan Fungsi Afektif Media dapat menggugah emosi dan sikap mahasiswa Contoh, menampilkan gambar kecelakaan dan perbedaannya antara orang yang memakai sabuk pengaman dan tidak dapat mengubah sikap mahasiswa tentang pemakaian sabuk pengaman

19 FUNGSI MEDIA Fungsi Kognitif Fungsi Kompensatoris
Media dapat memperlancar tujuan pembelajaran yakni dengan meningkatkan keterserapan informasi Misalnya dengan simulasi komputer mahasiswa dapat melihat bagaimana gerakan partikel, tumbukan dan bagaimana pengaruhnya kepada sistem. Fungsi Kompensatoris Membantu mahasiswa yang lemah dalam menangkap informasi, mengorganisasi informasi dan memahami sesuatu yang abstrak. Misalnya dengan alat peraga/model mahasiswa lebih mudah mempelajari konsep fisika.

20 MANFAAT MEDIA Penyampaian materi pelajaran menjadi lebih baku. Setiap mahasiswa mendapatkan pesan yang sama. Pembelajaran menjadi lebih menarik Pembelajaran menjadi lebih interaktif Lama pembelajaran dapat dipersingkat Daya serap mahasiswa dapat ditingkatkan Pembelajaran dapat diberikan kapan saja tidak terikat waktu. Beban dosen dalam pembelajaran dapat dikurangi

21 Klasifikasi Media Media asli dan tiruan Media grafis
Media bentuk papan Media yang disorot Media yang dapat didengar Media pandang dengar Media cetak Media berbasis komputer

22 Klasifikasi Media Pembelajaran
Yang tidak diproyeksi Yang diproyeksikan Audio Multimedia Berbasis Komputer Multi Media Kit

23 1. Media Asli dan Tiruan Spesimen (benda contoh) makhluk hidup yang masih hidup Spesimen makhluk hidup yang sudah mati Spesimen dari benda tak hidup Benda asli (objek/asli dan alami) yang bukan makhluk hidup Model

24 Mana yang termasuk spesimen makhluk hidup yang masih hidup?
Media asli berupa awetan bintang laut Siswa sedang mengamati perilaku kera di Kebun Binatang

25 Spesimen makhluk hidup yang masih hidup
Aquarium Kebun Percobaan

26 Spesimen makhluk hidup yang sudah mati: Awetan
awetan basah Ganggang dan lumut awetan basah binatang

27 Spesimen makhluk hidup yang sudah mati: Awetan
herbarium rangka ikan

28 Spesimen makhluk hidup yang sudah mati: Awetan
taksidermi

29 Spesimen dari benda tak hidup
Mesin Mobil Kateter jantung

30 Benda asli yang bukan makhluk hidup
Lumpur Lapindo Gunung Semeru

31 Model Model dibuat karena alasan ukuran obyek sebenarnya
Model jaringan tumbuhan Model sel

32 Model Model Struktur otak di dalam tengkorak (cut away model)
Model dibuat untuk menunjukkan bagian dalam suatu obyek biologi Model Struktur otak di dalam tengkorak (cut away model)

33 Model Model dibuat dengan menghilangkan bagian tertentu dari obyek aslinya Model peredaran darah dibuat dengan menghilangkan bagian tertentu dari obyek aslinya

34 Model Model disiapkan untuk dibongkar pasang

35 Memasang Kateter

36 2. Media Grafis Bagan Grafik Poster Karikatur Gambar Komik
Gambar bersambung

37 Bagan

38 Grafik Grafik Presentase Cakupan Pertolongan Persalinan

39 Poster

40 Karikatur

41 Gambar Gambar Sistem peredaran darah Gambar Sistem Reproduksi

42 3. Media Bentuk Papan Papan tulis Papan tempel Papan flanel
Papan pameran/visual Papan magnet Papan demonstrasi Papan paku

43 4. Media yang Disorot Media sorot diam Media sorot bergerak
Media sorot mikro

44 Media Yang diproyeksikan
􀁺Over Head Projector (OHP): alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada transparansi film 􀁺 Slide projector: alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada film positif

45 Over Head Projector

46 Slide projector

47 Mikroskop elektron Microcope with digital multimedia

48 5. Media yang Dapat Didengar
Kaset audio Radio

49 6. Media Pandang Dengar Slide audio Televisi

50 7. Media Cetak Buku Pamflet Majalah Koran Brosur Leaflet Dsb

51 8. Multimedia Komputer + software Internet dll

52 Penggunaan TIK dalam Pembelajaran
Computer Assisted Interaction (CAI) Computer Managed Learning (CML) Computer Mediated Communication (CMC) e-learning berbasis jaringan

53 Model Pembelajaran yg Memanfaatkan TIK
dLearning eLearning mLearning 3 Efendi M, 2013

54 Tahapan Pemanfaatan Aktif Pasif Efendi M, 2013
Presentasi (typing, slides, video, streaming) Pengumpulan Informasi (search engine, url address, multi media forms Interaksi & Komunikasi ( , threaded discussion, chatting or real time discussion, bulletin board, discussion group, tutorial and simulation) Produksi (offline products, web-based products) Aktif Pasif Efendi M, 2013

55 The Visualiser/ Document Camera
Plus Minus The Visualiser/ Document Camera (1) Memperbaiki daya ingat/ konsentrasi, (2) Mudah menjelaskan, (3) Interaktif dan menyenangkan (1) Masalah pengaturan dan pengoperasian, (2) Mahal, (3) Dosen dgn kemampuan minim akan sulit Efendi M, 2013

56 Bagaimana memilih & menentukan media dengan tepat ….????

57 Gunakan Kriteria Pemilihan Media, sbb:
Sesuaikan dengan tujuan/ kompetensi yg akan dicapai Ketepatgunaan Sesuaikan dengan keadaan dan karakteristik mahasiswa Ketersediaan Mutu teknis Biaya

58 Faktor dalam Pemilihan dan Pemanfaatan Media
Tujuan pembelajaran yang akan dicapai Karakteristik mahasiswa Kondisi yang ada (ketersediaan perangkat lunak dan perangkat kerasnya Materi perkuliahan

59 Kriteria Pemilihan Media
Sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Tepat untuk menyampaikan materi pelajaran. Praktis dan luwes Guru trampil dalam memanfaatkan media tersebut Sesuai dengan jumlah siswa Memiliki mutu yang tinggi

60 Latihan Pilih salah satu kompetensi dasar
Tetapkan media yang diperlukan

61 Kegiatan Pembelajaran
Analisis SK/KD Kompetensi Dasar Indikator Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran Sumber Belajar/ Media Buku, LKS,


Download ppt "MEDIA DAN SUMBER BELAJAR"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google