Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehWidyawati Sumadi Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
I Gusti Ayu Agung Diatri Indradewi, S.Kom
3
Toleransi masuk kelas 15 menit
Presensi min. 75% Toleransi masuk kelas 15 menit Gunakan jas almamater saat ujian
4
Tugas : 15% Quiz : 15% UTS : 25% UAS : 35% Keaktifan : 10%
5
Pengenalan AI Konsep Dasar AI Perbedaan Pemrograman Konvensional dengan Pemrograman Berbasis AI Bidang Aplikasi AI Penyelesaian Masalah Berdasarkan Teknik AI Representasi Masalah Konsep State Space Search Karakteristik Masalah Pencarian Buta (Blind Search) Depth First Search Breadth First Search Pencarian Heuristik (Heuristic Search) Generate and Test Hill Climbing Best First Search Representasi Pengetahuan I Propotional Logic Predicate Logic Representasi Pengetahuan II Semantic Networks Production Rules
6
7. Representasi Pengetahuan III
Triplet Object-Attribute-Value Frames 8. UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS) 9. Representasi Pengetahuan IV Scripts Uncertainty Representation 10. Statistical Reasoning Probabilitas Teori Bayesian Teori Dempster-Shafer Certainty Factors 11. Algoritma AI I Simulated Annealing Adaptive Resonance Theory 12. Algoritma AI II Ant Algorithms Genetic Algorithms
7
13. Advanced Topics I Planning Understanding 14. Advanced Topics II Expert Systems Natural Language Processing Learning (Neural Networks) 15. UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS)
8
Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya),
Sri Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, 2003
9
ARTIFICIAL INTELLIGENCE
10
Homo Sapiens = Man the Wise
12
Think Like Humans
13
Think Rationally
14
Act Like Humans
15
Act Rationally
16
Knowledge Base Inference Engine
Fakta-fakta Teori Pemikiran Hubungan satu dan lainnya Inference Engine Kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan pengalaman
17
Knowledge Base Inference Engine Input : Output : masalah jawaban pertanyaan solusi
19
The Advantage Lebih bersifat permanen Mudah diduplikasi dan disebarkan
Lebih murah Bersifat konsisten Dapat didokumentasi Dapat bekerja lebih cepat Dapat bekerja lebih baik
20
The Advantage Kreatif Dapat menggunakan pengalaman secara langsung
Pemikiran dapat digunakan secara luas
21
Pemrograman Konvensional AI Vs
22
Mengandung konsep simbolik
Pemrosesan Mengandung konsep simbolik Vs Algoritmik
23
Sifat Input Bisa tidak lengkap Vs Harus lengkap
24
Kebanyakan bersifat heuristik
Pencarian Kebanyakan bersifat heuristik Vs Biasanya didasarkan pada algoritma
25
Biasanya tidak disediakan
Keterangan Disediakan Vs Biasanya tidak disediakan
26
Fokus Pengetahuan Vs Data & informasi
27
Kontrol dipisahkan dari pengetahuan dengan informasi (data)
Struktur Kontrol dipisahkan dari pengetahuan Vs Kontrol terintegrasi dengan informasi (data)
28
Sifat Output Kuantitatif Vs Kualitatif
29
Pemeliharaan & Update Relatif mudah Vs Sulit
30
Kemampuan Menalar Ya Vs Tidak
31
“It is not my aim to surprise or shock you – but the simplest way I can summarize is to say that there are now in the world machines that think, that learn and that create. Moreover, their ability to do these things is going to increase rapidly until – in a visible future – the range of problem they can handle will be coextensive with the range to which the human mind has been applied” Herbert Simon, 1957
32
Bidang Aplikasi AI
33
Logic Theorist Sad Sam ELIZA
34
Natural Language Processing Expert System Speech Recognition Robotics & Sensory Systems Computer Vision Intelligent Computer-aided Instruction Game Playing
35
Soft Computing
36
(mengakomodasi ketidaktepatan)
Sistem Fuzzy (mengakomodasi ketidaktepatan) Jaringan Syaraf (menggunakan pembelajaran) Probabilistic Reasoning (mengakomodasi ketidakpastian) Evolutionary Computing (optimasi)
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.