Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Chapter 5 Input
2
Chapter 5 Objectives Define input Explain how a digital camera works
List the characteristics of a keyboard Describe uses of Web cams and video conferencing Describe different mouse types and how they work Discuss various scanners and reading devices and how they work Summarize how various pointing devices and controllers for gaming and media players work Explain the types of terminals Summarize the various biometric devices Explain how voice recognition works Identify alternative input devices for physically challenged users Describe various input devices for smart phones, PDAs, and Tablet PCs Next
3
Input Input Data atau instruksi yang dimasukkan ke memori komputer
Alat Input adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data atau instruksi p Fig. 5-1 Next
4
Input Dua tipe Input Data Instruksi
Teks, angka, gambar, audio, dan video yang belum di proses Instruksi Program Perintah Respon user (ex: Klik) p. 234 Next
5
Keyboard Bagian Keyboard Area Ketik Tombol Angka Tombol Fungsi, dan
tombol khusus p. 236 Fig. 5-2 Next
6
Keyboard Point Insert Vertikal bar yang berkedip yang nmenandakan lokasi selanjutnya dari ketikan p. 237 Fig. 5-3 Next
7
Keyboard Pemasangan Keyboard
Komputer Desktop biasanya menggunakan kabel Wireless keyboard, dihubungkan dengan receiver yang ada yang di letakkan di port USB Pada mobile device selalu built-in p. 238 Fig. 5-4 Next
8
Pointing Device Mouse Yang muat pada genggaman Mouse Mekanik
Mengatur gerakan pointer Mouse Mekanik Mouse Optik Mouse Laser Mouse Udara Mouse Wireless p. 239 Fig. 5-5 and 5-6 Next
9
Pointing Devices Operasi pada mouse Point Click Click Kanan
Double- click Triple- click Drag Drag kanan Scroll Scroll bebas Tekan Scroll p. 240 Fig. 5-7 Next
10
Pointing Device Lain Trackball
Pointing device dengan bola bagian samping atau atas Untuk menggerakkan pointer dengan memutar bolanya Click to view Web Link, click Chapter 5, Click Web Link from left navigation, then click Repetitive Strain Injuries below Chapter 5 p. 241 Fig. 5-8 Next
11
Pointing Devices Lain Touchpad dan Pointing Stick
Touchpad bentuknuya cukup kecil, datar, kotak peka terhadap sentuhan Pointing stick bentuknya mirip dengan hapusan pada pensil dan lokasinya ditengah keyboard p Figs. 5-9—5-10 Next
12
Pointing Device Lain Light Pen Dapat mendeteksi cahaya
Tekan light pen pada permukaan layar lalu tekan tombolnya p. 242 Next
13
Pointing Devices Lain Touch Screen Sentuh layar dengan jari
Biasanya digunakan dengan kiosks Microsoft Surface adalah tablettop berlayar 30inch yang bisa digunakan beberapa user Click to view Web Link, click Chapter 5, Click Web Link from left navigation, then click Microsoft Surface below Chapter 5 p. 242 Fig and 5-13 Next
14
Keyboard dan Pointing Device
Digital pen Seperti bolpen, tetapi digunakan pada layar sentuh Click to view Web Link, click Chapter 5, Click Web Link from left navigation, then click Graphics Tablets below Chapter 5 p. 243 Fig. 5-14 Next
15
Kontroler pada Game dan Media Player
Game controller Gamepad Joystick Light gun Dance pad Sensor gerakan Click to view Web Link, click Chapter 5, Click Web Link from left navigation, then click Wii Remote below Chapter 5 p Fig. 5-15 Next
16
Kontroler pada Game dan Media Player
touch-sensitive pad Input device pada portable media player , digunakan untuk scroll dan memutar musik, melihat gambar atau video, mengubah volume, dll p. 245 Fig. 5-16 Next
17
Voice Input voice input Proses memasukkan input dengan suara
Voice recognition adalah kemampuan komputer untuk mengenali suara Click to view Web Link, click Chapter 5, Click Web Link from left navigation, then click Voice Input below Chapter 5 p Fig. 5-17 Next
18
Voice Input MIDI (musical instrument digital interface)
Perangkat External, seperti keyboard piano untuk memasukkan musik dan efek suaranya p. 246 Fig. 5-18 Next
19
Input pada Smart Phone, PDA, dan Tablet PC
Memasukkan data ke smart phone Melalui microphone, atau digital kamera dan touch-sensitive pad p. 247 Fig. 5-19 Next
20
Input pada Smart Phone, PDA, dan Tablet PC
portable keyboard keyboard yang bisa dihubungkan dengan smartphone p. 248 Fig. 5-20 Next
21
Kamera Digital Cara kerja kamera digital p. 251 Fig. 5-25 Next
22
Kamera Digital Resolusi Ketajaman dan kejelasan gambar
Semakin besar resolusi semakin bagus gambarnya dan semakin mahal Pixel (picture element) adalah titik pada gambar elektronik Semakin besar semakin bagus kualitasnya p. 252 Fig. 5-26 Next
23
Video Input video input Proses memasukkan video ke komputer
Video capture card adalah kartu adapter yang mengubah sinyal video analog menjadi sinyal video digital Digital video (DV) camera merekam video langsung dalam bentuk digital p. 253 Fig. 5-27 Next
24
Video Input Web cam Web cam digunakan untuk merekam video, mengambil gambar bisa kemudian langsung di kirim melalui internet Click to view Web Link, click Chapter 5, Click Web Link from left navigation, then click Web Cams below Chapter 5 p Fig. 5-28 Next
25
Video Input video conference
Two or more geographically separated people who use network or Internet to transmit audio and video data Whiteboard is another window on screen that can display notes and drawings simultaneously on all participants’ screens p. 254 Fig. 5-29 Next
26
Video: Video Editing on Your Computer
Video Input Video: Video Editing on Your Computer CLICK TO START Next
27
Scanner dan Reading Device
Dapat membaca teks dan grafik dan peka terhadap cahaya Untuk mengubah dari dokumen kertas ke bentuk digital p. 255 – 256 Fig. 5-30 Next
28
Scanner dan Reading Device
Cara kerja scanner p. 256 Fig. 5-31 Next
29
Scanner dan Reading Device
Pembaca optik Alat yang menggunakan cahaya untuk membaca karakter huruf kemudian mengubahnya menjadi data digital Optical character recognition (OCR) membaca karakte dalam bentuk font OCR Optical mark recognition (OMR) membaca tulisan tangan p. 257 Fig. 5-32 Next
30
Scanner dan Reading Device
Bar code reader Menggunakan sinar laser untuk membaca bar code Click to view Web Link, click Chapter 5, Click Web Link from left navigation, then click Bar Code Readers below Chapter 5 p. 258 Fig. 5-35 Next
31
Scanners and Reading Devices
bar code Kode yang berupa garis-garis POSTNET Universal Product Code (UPC) p. 258 Fig. 5-35 Next
32
Scanner dan Reading Device
turnaround document Document that you return to the company that sent it Portion you return has information printed in OCR characters p. 257 Fig. 5-33 Next
33
Input Device Lain Pembaca RFID
Membaca informasi melalui gelombang radio Biasanya diletakkan pada barang yang dijual p. 259 Fig. 5-36 Next
34
Input Device Lain Pembaca Magnetic Stripe
Dapat membaca magnetic strip pada kartu dapat menghapus isinya juga p. 260 Fig. 5-37 Next
35
Scanner dan Reading Device
magnetic-ink character recognition (MICR) reader Dapat membaca teks yang dicetak dengan magnetized ink Perbankan biasanya menggunakan MICR p. 260 Fig. 5-38 Next
36
Scanner dan Reading Device
Alat pengumpul data Mengambil data langsung dari tempat transaksi Transmisi data dilakukan melalui jaringan atau internet p. 261 Fig. 5-39 Next
37
Terminal Point of sale (POS) terminal
Mencatat pembelian, proses kredit, kartu debit dan kredit kemudian mengupdatenya Dengan cara menggesek kartu atau bisa juga dengan fingerprint Membaca data pelanggan dari magnetic strip p Fig. 5-40 Next
38
Terminal Automated Teller Machine (ATM)
Pelayan perbankan yang terhubung dengan jaringan p. 262 Fig. 5-41 Next
39
Biometric Input Biometrik
Mengenali identitas seseorang berdasarkan karakteristiknya Fingerprint reader mengenali sidik jari Hand geometry system mengenali bentuk dan ukuran tangan Click to view Web Link, click Chapter 5, Click Web Link from left navigation, then click Biometric Input below Chapter 5 p. 262 – 264 Fig and 5-43 Next
40
Biometric Input Contoh teknologi biometrik
Voice verification system membandingkan suara yang diucapkan dengan pola suara yang telah disimpan Signature verification system mengenali bentuk tanda tangan Iris recognition system membaca pola pada retina mata Data Biometrik biasanya disimpan pada smart card p. 263 – 264 Figs. 5-44—5-45 Next
41
Summary of Input Chapter 5 Complete
Keyboard, mouse, and other pointing devices; controllers for gaming and media players Scanners and reading devices Voice input Terminals Input devices for smart phones, PDAs, and Tablet PCs Biometric input Digital cameras Input devices for physically challenged users Video Input Chapter 5 Complete
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.