Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSonny Irawan Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Konsep E-Business Oleh : Citra Fathia STIKOM AMBON
2
Pokok Bahasan Defenisi E-Business dan E-Commerce
Transformasi E-Commerce menuju E-Business 10 Kaidah E-Business
3
1. Defenisi E-Business dan E-Commerce
E-Business Merupakan Kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dengan menggunakan sistem infomasi komputer. Istilah ini diperkenalkan pertama kali oleh ‘ LOU GERSTNER’ yang merupakan seorang CEO Perusahaan IBM. Namun sekarang istilah E-Business lebih Familiar dengan arti Bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan dengan menggunakan teknologi internet.
4
E-Commerce E-Commerce adalah Proses pembelian
dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan komputer sebagai penyebaran, pemasaran jasa, melalui sistem elektronik seperti internet, atau jaringan komputer lainnya.
5
2. Transformasi E-Commerce menuju E-Business
E-business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional, hanya saja e-business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis, sedangkan e-business mengandalkan media Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya.
6
Lanjutan Fase 1 (1994-1997) E-commerce hanya sebagai penanda
keberadaan suatu perusahaan, memastikan bahwa semua memiliki Website, memenuhi permintaan bahwa semua perusahaan harus setidaknya memiliki sesuatu di internet. Fase 2 ( ) E-commerce mencakup transaksi-jual dan beli melalui media digital. Berfokus pada arus pesanan dan pendapatan.
7
Lanjutan Fase 3 (2000-?) E-commerce berfokus pada bagaimana internet
dapat memberikan dampak pada profitabilitas. Profitabilitas bukan hanya sekedar peningkatan pendapatan, tetapi meningkatkan keuntungan dan manfaat. Fase ini disebut juga dengan E-Business, yang mencakup semua aplikasi dan proses yang memungkinkan perusahaan untuk melayani sebuah transaksi bisnis
8
Lanjutan Contoh E-Commerce yang merupakan bagian dari E-Business :
Perusahaan seperti Amazon dan ebay yang merupakan Situs Penjualan Online terpercaya di Dunia.
9
3. 10 Kaidah E-Business Rule 1: Teknologi bukan hanya sekedar perkiraan ke depan dalam membentuk bisnis,tetapi sudah menjadi penyebab dan penggerek bisnis Rule 2: Kemampuan untuk mempercepat struktur informasi dan untuk mengatur serta mengendalikan arus informasi akan memberikan pelayanan yang lebih powerful dan cost-effective
10
Lanjutan Rule 3: Ketidakmampuan menghilangkan dominasi, rancangan bisnis kuno sering mengarah kepada kegagalan dalam bisnis. Rule 4: Dengan menggunakan E-Commerce, perusahaan dapat mendengarkan keinginan pelanggan dan menjadi “The Cheapest” , “The Most Familiar”, atau “The Best”.
11
Rule 5: Jangan menggunakan teknologi hanya untuk menciptakan produk
Rule 5: Jangan menggunakan teknologi hanya untuk menciptakan produk. Gunakan teknologi untuk inovasi, menghibur, dan menambah pengalaman mengenai hal-hal yang berhubungan dengan produk. Mulai dari pemilihan dan pemesanan, sampai penerimaan dan pelayanan. Rule 6 : Rancangan bisnis masa depan ditingkatkan menggunakan re-konfigurasi model E-Business untuk memenuhi kebutuhan consumer. Lanjutan
12
Lanjutan Rule 7: Tujuan dari rancangan bisnis baru adalah agar perusahaan dapat menciptakan kerjasama dengan pihak luar yang tidak hanya bebas biaya tetapi juga memuaskan pelanggan. Rule 8 : Untuk proyek E-Business yang mendesak akan menjadi mudah untuk memperkecil kebutuhan infrastuktur aplikasi dan berfokus pada awal dan akhir aplikasi.
13
Lanjutan Rule 9 : Kemampuan merencanakan arah infrastuktur
E-Business dengan cepat dan mengimplementasikannya secepat mungkin adalah kunci utama Rule 10 : Tugas berat bagi manajemen adalah menentukan strategi bisnis, proses bisnis dan aplikasi bisnis secara cepat, benar dan sekaligus kepemimpinan yang sangat kuat yang diperlukan.
14
TERIMA KASIH Ada pertanyaan ????
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.